Pengaruh Personal Selling Agen dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Nasabah Pada PT.Sun Life Financial Cabang Pemaron A.Yani

Authors

  • I Dewa Ayu Gede Diyah Saraswati .
  • Ni Luh Wayan Sayang Telagawathi, S.E., M .
  • Gede Putu Agus Jana Susila, S.E., MBA. .

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris pengaruh (1) personal selling agen dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian, (2) personal selling terhadap keputusan pembelian, (3) kualitas produk terhadap keputusan pembelian. Desain penelitian yang digunakan adalah desain penelitian kuantitatif kausal. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner, yang kemudian dianalisis dengan menggunakan regresi berganda dengan uji asumsi klasik. Sampel dalam penelitian ini yaitu nasabah PT.Sun Life Financial Cabang Pemaron yang membeli minimal dua program yang berbeda maupun sejenis dengan melibatkan 94 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan simultan dari personal selling dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian sebesar 0,616; ada pengaruh signifikan parsial dari personal selling terhadap keputusan pembelian sebesar 0,445; dan ada pengaruh signifikan parsial dari kualitas produk terhadap keputusan pembelian sebesar 0,173. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan adanya proses personal selling yang baik dan kualitas produk yang sesuai dengan kebutuhan nasabah akan berpengaruh terhadap keputusan nasabah dalam memilih asuransi.
Kata Kunci : keputusan pembelian, kualitas produk, dan personal selling

This research aims to examine the cause of (1) personal selling agent and product quality toward purchasing decision, (2) personal selling toward purchasing decision, (3) product quality toward purchasing decisions empirically. The design of this research is causal quantitative research design. One of the methods of data collection is questionnaire, which is analyzed by using multiple regression with classical assumption test. The result of the research shows that there are significant influence from (1) personal selling and product quality toward purchasing decision with contribution influence of 0,616 (2) personal selling toward purchasing decision with contribution influence of 0,445 and (3) product quality toward purchasing decision with contribution influence of 0,173 to the client of PT. Sun Life Financial subdivision of Pemaron A. Yani.
keyword : purchasing decision, product quality, and personal selling

Published

2018-02-22

How to Cite

., I. D. A. G. D. S., ., N. L. W. S. T. S. M., & ., G. P. A. J. S. S. M. (2018). Pengaruh Personal Selling Agen dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Nasabah Pada PT.Sun Life Financial Cabang Pemaron A.Yani. Jurnal Manajemen Indonesia, 5(2). Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JMI/article/view/13406

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

> >>