Faktor-Faktor yang Menentukan Keputusan Pembelian Kartu Sim Telkomsel di Fakultas Ekonomi Universitas Pendidikan Ganseha

Authors

  • NYOMAN DARMA WIBAWA .
  • Dra.Ni Made Suci,M.Si .
  • Ni Luh Wayan Sayang Telagawathi, S.E., M .

Abstract

Penelitian ini bertujuan menguji dan menganalisis (1) Faktor-faktor yang menentukan keputusan pembelian kartu sim Telkomsel (2) Faktor dominan yang menentukan keputusan pembelian kartu sim Telkomsel. Penelitian ini menggunakan desain kuantitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah mahasiswa di Lingkungan Fakultas Ekonomi Universitas Pendidikan Ganesha dengan objek penelitian yaitu faktor-faktor yang menentukan keputusan pembelian. Teknik pengumpulan sampel menggunakan purposive sampling sehingga didapat sampel sebanyak 72 orang responden. Adapun kriteria responden (1) Mahasiswa aktif Fakultas Ekonomi Universitas Pendidikan Ganesha. (2) Telah menggunakan kartu sim Telkomsel dalam kurun waktu 3 bulan. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuisioner dan dianalisis dengan menggunakan analisis faktor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Faktor-faktor yang menentukan keputusan pembelian kartu sim Telkomsel adalah faktor keunggulan, faktor nilai lebih, dan faktor pendukung (2) Faktor dominan yang menentukan keputusan pembelian kartu sim Telkomsel di Fakultas Ekonomi Universitas Pendidikan Ganesha adalah faktor keunggulan yang terdiri dari citra telkomsel, harga, kualitas jasa, dan Keragaman jasa.
Kata Kunci : Kata Kunci: Faktor Keunggulan, Faktor Nilai Lebih, Faktor Pendukung

This research aims to test and analyze (1) Factors that determine the decision of purchasing Telkomsel SIM card (2) The dominant factor that determines the purchase decision of Telkomsel SIM card. This research uses a descriptive quantitative design. The research subject is a student in the economics faculty of Ganesha University of Education with a research object which is the factors that determine the purchasing decision. Sample collection technique using purposive sampling so that the sample obtained as many as 72 respondents. The criteria of respondents (1) Active students Faculty of Economics, Ganesha University of Education. (2) using Telkomsel SIM card within 3 months. Data is collected using questionnaire and analyzed using factor analysis. The results showed that (1) factors that determine the purchase decision of Telkomsel SIM card are factors of excellence, more value factor, and supporting factor (2) the dominant factor that determines the purchase decision of Telkomsel SIM card in The Faculty of Economics of Ganesha University of Education is a factor of excellence consisting of Telkomsel's image, price, quality of services, and diversity of services.
keyword : Keywords: Excellence factors, more value factors, supporting factors

Published

2019-07-29

How to Cite

., N. D. W., ., D. M. S., & ., N. L. W. S. T. S. M. (2019). Faktor-Faktor yang Menentukan Keputusan Pembelian Kartu Sim Telkomsel di Fakultas Ekonomi Universitas Pendidikan Ganseha. Jurnal Manajemen Indonesia, 5(2). Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JMI/article/view/19067

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

> >>