PENGARUH RISIKO BISNIS DAN PROFITABILITAS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA SEKTOR PARIWISATA DI BURSA EFEK INDONESIA

Authors

  • I Made Dwi Ariawan .
  • Dra.Ni Made Suci,M.Si .
  • Dr.I Wayan Bagia, M.Si .

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh (1) risiko bisnis dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan, (2) risiko bisnis terhadap nilai perusahaan, (3) profitabilitas terhadap nilai perusahaan, dan (4) risiko bisnis terhadap profitabilitas pada perusahaan sektor pariwisata di Bursa Efek Indonesia. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif kausal. Subjek dalam penelitian ini adalah perusahaan sektor pariwisata di Bursa Efek Indonesia, dan objek penelitian ini adalah risiko bisnis, profitabilitas, dan nilai perusahaan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan sektor pariwisata yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dan yang mempublikasikan laporan keuangan lengkap per tahunnya pada Bursa Efek Indonesia tahun 2015-2017 yang berjumlah 21 perusahaan. Metode pengumpulan data yang digunakan untuk memperoleh data dalam penelitian ini adalah pencatatan dokumen. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis jalur dan dibantu dengan pengolahan data dilakukan dengan menggunakan program SPSS 21.0 For Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) risiko bisnis dan profitabilitas berpengaruh terhadap nilai perusahaan, (2) risiko bisnis berpengaruh negatif terhadap nilai perusahaan, (3) profitabilitas berpengaruh negatif terhadap nilai perusahaan, dan (4) risiko bisnis berpengaruh negatif terhadap profitabilitas pada perusahaan sektor pariwisata di Bursa Efek Indonesia. Manajemen perusahaan sebaiknya memperhatikan risiko bisnis dan profitabilitas sehingga bisa meningkatkan nilai perusahaan.
Kata Kunci : nilai perusahaan, profitabilitas, dan risiko bisnis

This study aims to examine the effect of (1) business risk and profitability on firm value, (2) business risk on firm value, (3) profitability on firm value, and (4) business risk on profitability in tourism sector companies on the Indonesia Stock Exchange . The research design used in this study is quantitative causal. The subjects in this study were tourism sector companies on the Indonesia Stock Exchange, and the objects of this study were business risk, profitability, and company value. The population in this study are all tourism sector companies that are listed on the Indonesia Stock Exchange and which publish complete financial reports annually on the Indonesia Stock Exchange in 2015-2017, which amount to 21 companies. The data collection method used to obtain data in this study is recording documents. The data analysis method used in this study and assisted by processing data using SPSS 21.0 For Windows. The results showed that: (1) business risk and profitability had an effect on company value, (2) business risk had a negative effect on company value, (3) profitability had a negative effect on firm value, and (4) business risk had a negative effect on profitability in the company tourism sector on the Indonesia Stock Exchange. Company management should pay attention to business risk and profitability so that it can increase company value.
keyword : business risk, company value, and profitability

Published

2019-07-08

How to Cite

., I. M. D. A., ., D. M. S., & ., D. W. B. M. (2019). PENGARUH RISIKO BISNIS DAN PROFITABILITAS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA SEKTOR PARIWISATA DI BURSA EFEK INDONESIA. Jurnal Manajemen Indonesia, 5(2). Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JMI/article/view/18225

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

> >>