Pengaruh Dimensi Ekuitas Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan Smartphone iPhone Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Pendidikan Ganesha

Authors

  • Ni Komang Ayu Srianingsih. .
  • Ni Luh Wayan Sayang Telagawathi, S.E., M .
  • A.A. Ngurah Yudha Martin Mahardika, S.Pd .

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh dimensi ekuitas merek secara simultan dan parsial terhadap loyalitas pelanggan smartphone iPhone.Desain penelitian yang digunakan adalah kuantitatif kausal.Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling mahasiswa.Jumlah sampelnya adalah 100 responden, responden dalam penelitian ini adalah mahasiswa fakultas ekonomi undiksha yang menggunakan iPhone lebih dari 1 tahun. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner, dan pencatatan dokumen.Teknik analisis data dalam penelitian adalah analisis regresi linier berganda.Hasil penelitian ini adalah dimensi ekuitas merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan, kesadaran merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan, persepsi kualitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan, asosiasi merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan, loyalitas merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan
Kata Kunci : dimensi ekuitas merek, loyalitas pelanggan, smartphone iphone

The study aimsed at analyzing is the simultaneous and partial effects of brand equity dimensions to iPhone customers loyalty. The design of this research was quantative causal. The samples were collected through purposive sampling technic, with 100 respondent as the samples.The respondents were students of faculty of Economics Undiksha who use iPhone for more than 1 year. The data was collected through questionnaire and document recording. Thre data was analyzed using multiple linear regression analysis. The study showed that brand equity had a significant and positive effect to customers’ loyalty; brand awareness had a significant and positive effect to customers’ loyalty; quality perception had a significant and positive effect to customers’ loyalty; brand association had a significant and positive effect to customers’ loyalty; brand loyalty has a significant and positive effect to customers’ loyalty.
keyword : brand equity dimensions, customers’ loyalty, smartphone iphone.

Published

2020-02-21

How to Cite

., N. K. A. S., ., N. L. W. S. T. S. M., & ., A. N. Y. M. M. S. (2020). Pengaruh Dimensi Ekuitas Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan Smartphone iPhone Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Pendidikan Ganesha. Jurnal Manajemen Indonesia, 5(2). Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JMI/article/view/23557

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

> >>