Pengaruh Partisipasi Anggota Sebagai Pemilik dan Partisipasi Anggota sebagai Pelanggan terhadap Perolehan Sisa Hasil Usaha pada Koperasi Unit Desa di Kabupaten Buleleng Tahun 2010-2013

Authors

  • I Kadek Rustiana Putra Jurusan Manajemen, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Wayan Suwendra Jurusan Manajemen, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Wayan Cipta Jurusan Manajemen, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

Keywords:

Partisipasi Anggota Sebagai Pemilik, Partisipasi Anggota Sebagai Pelanggan dan Perolehan SHU

Abstract

 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh: (1) partisipasi anggota sebagai pemilik dan partisipasi anggota sebagai pelanggan secara simultan terhadap perolehan SHU, (2) partisipasi anggota sebagai pemilik secara parsial terhadap perolehan SHU, dan (3) partisipasi anggota sebagai pelanggan secara parsial terhadap perolehan SHU pada KUD di Kabupaten Buleleng tahun 2010-2013. Penelitian ini menggunakan desain kuantitatif kausal. Subjek penelitian adalah KUD di Kabupaten Buleleng dan sebagai objeknya adalah partisipasi anggota sebagai pemilik, partisipasi anggota sebagai pelanggan dan perolehan SHU dari tahun 2010 sampai dengan tahun 2013. Jenis data adalah data kuantitatif. Data dikumpulkan dengan pencatatan dokumen serta dianalisis dengan menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan (1) ada pengaruh signifikan dari partisipasi anggota sebagai pemilik dan partisipasi anggota sebagai pelanggan secara simultan terhadap perolehan SHU, (2) ada pengaruh positif dan signifikan dari partisipasi anggota sebagai pemilik secara parsial terhadap perolehan SHU (3) ada pengaruh positif dan signifikan dari partisispasi anggotasebagai pelanggan secara parsial terhadapperolehan SHU pada KUD di Kabupaten Buleleng tahun 2010-2013.

References

Arifin Sitio dan Tamba Halomoan. 2001. Koperasi: Teori dan Praktik. Jakarta: Erlangga

Hanel, 1989, Pokok-pokok Pikiran Mengenai Organisasi Koperasi dan Kebijak-sanaan Pembangunan di Negara Berkembang, UNPAD, Bandung.

Hendar dan Kusnadi, 1999, Ekonomi Koperasi Untuk Perguruan Tinggi, Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, Jakarta.

Novi S, Lubuk 2007. Pengaruh Modal Sendiri Terhadap Perolehan Sisa Hasil Usaha (SHU). Skripsi. Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Semarang, Semarang. 69 hal. (Tidak dipublikasikan).

Mardalena, Mariam. 2011, Pengaruh Partisipasi Anggota Terhadap Perkembagan Sisa Hasil Usaha Pada Koperasi Kredit Union Sumber Rejeki Cabang Buntok, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Dahiani Dahanai Buntok, Skripsi, Buntok.

Saputri, Diana. 2012, Pengaruh Partisipasi Anggota Terhadap Perolehan SHU Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI), Skripsi, Universitas Riau :Riau.

Sitio dan Halomon. 2001. Koperasi Teori dan Praktek. Jakarta: Erlangga.

Swasono, Sri Edi. 1983 ”Koperasi di Dalam Orde Ekonomi Indonesia, Jakarta : UI Press.

UndangUndang Republik Indonesia No. 25 Tahun 1992 Tentang Perkoperasian.

Downloads

Published

2018-07-20

How to Cite

Putra, I. K. R., Suwendra, I. W., & Cipta, W. (2018). Pengaruh Partisipasi Anggota Sebagai Pemilik dan Partisipasi Anggota sebagai Pelanggan terhadap Perolehan Sisa Hasil Usaha pada Koperasi Unit Desa di Kabupaten Buleleng Tahun 2010-2013. Jurnal Manajemen Indonesia, 6(2), 60–70. Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JMI/article/view/38238

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

> >>