Pengaruh Dana Pihak Ketiga (DPK), Penyaluran Kredit, dan Kredit Bermasalah terhadap Profitabilitas pada Lembaga Perkreditan Desa (LPD) Kecamatan Karangasem

Authors

  • I Putu Eka Suputra Jurusan Manajemen, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Wayan Cipta Jurusan Manajemen, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Ni Nyoman Yulianthini Jurusan Manajemen, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

Keywords:

Dana Pihak Ketiga, Penyaluran Kredit, Kredit Bermasalah, Profitabilitas

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis: (1) dana pihak ketiga, penyaluran kredit, dan kredit bermasalah secara simultan terhadap profitabilitas, (2) dana pihak ketiga secara parsial terhadap profitabilitas, (3) penyaluran kredit secara parsial terhadap profitabilitas, dan (4) kredit bermasalah secara parsial terhadap profitabilitas. Penelitian ini menggunakan desain kuantitatif kausal. Subjek penelitian adalah LPD di Kecamatan Karangasem dan objeknya adalah dana pihak ketiga, penyaluran kredit, kredit bermasalah, dan profitabilitas dari tahun 2009 sampai dengan tahun 2012. Jenis data adalah data kuantitatif. Jenis data yang diperlukan dalam penelitian ini data kuantitatif yang dikumpulkan dengan metode pencatatan dokumen, kemudian dianalisis dengan menggunakan metode analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan (1) ada pengaruh dari dana pihak ketiga, penyaluran kredit, dan kredit bermasalah secara simultan terhadap profitabilitas, (2) ada pengaruh positif dan signifikan dari dana pihak ketiga secara parsial terhadap profitabilitas, (3) ada pengaruh positif dan signifikan dari penyaluran kredit secara parsial terhadap profitabilitas, dan (4) ada pengaruh negatif dan signifikan dari kredit bermasalah secara parsial terhadap profitabilitas.

References

Aisyah Siti 2009. “Pengaruh Penyaluran Kredit terhadap Return on Asset (ROA) pada PT. bank Negara Indonesia (BNI) Kota Bandung”.

Hasibuan, Malayu. 2000. Dasar-dasar Perbankan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Husman, Miragi. 2006. Penerapan Aturan Etika Untuk Meningkatkan Profesionalisme Akuntan Publik.Jurnal Ekonomi dan Akuntansi.7:h:54-71.

Ismail. 2011. Manajemen Perbankan Dari Teori Menuju Aplikasi. Jakarta: Kencana.

Ismawati, Dwi 2009. “Pengaruh Financing to Deposit Ratio (FDR), Cash Ratio (CR), Capital Adequacy Ratio (CAR) dan Dana Pihak Ketiga (DPK) terhadap Tingkat Profitabilitas pada PT. Bank Syariah Mandiri, Tbk. Periode 2006-2008”. Skripsi. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga. Yogyakarta.

Jumingan. 2008. Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Kasmir.2011. Manajemen Perbankan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Kuncoro, Mudjarad. 2002. Metode Penelitian Teori dan Aplikasi Untuk Bisnis dan Ekonomi, Ed Pertama. Yogyakarta: UPP-AMP YKPN.

Rahman, Hasanuddin, Aspek-Aspek Hukum Pemberian Kredit Perbankan di Indonesia, Citra Aditya Bakti, Bandung, 1998.

Rivai, Veithzal dan Andria Permata Veithzal. 2006. Credit Management Handbook: Teori, Konsep, Prosedur, dan Aplikasi panduan Praktis Mahasiswa, banker, dan Nasabah. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Siamat, Dahlan. 2004. Buku Manajemen lembaga keuangan. Edisi. Jakarta: Lembaga Penerbit FE-UI.

Sudiyatno, Bambang. 2010. “Analisis Pengaruh Dana Pihak Ketiga, BOPO, CAR dan LDR terhadap Kinerja Keuangan pada Sektor Perbankan yang Go Publik di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2005-2008”.Dinamika Keuangan dan Perbankan Vol 2, Nomor 2 Mei, pp (hlm.125-137).

Sugiyono. 1999. Metode Penelitian Bisnis. Jakarta: CV Alfabeta

Sutojo, Siswanto. 1997. Analisis Kredit bank Umum. Cetakan. I. Jakarta: PT Pustaka Binaman Pressindo.

Downloads

Published

2018-10-26

How to Cite

Suputra, I. P. E., Cipta, W., & Yulianthini, N. N. (2018). Pengaruh Dana Pihak Ketiga (DPK), Penyaluran Kredit, dan Kredit Bermasalah terhadap Profitabilitas pada Lembaga Perkreditan Desa (LPD) Kecamatan Karangasem. Jurnal Manajemen Indonesia, 6(3), 122–130. Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JMI/article/view/38256

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

> >>