Pengaruh Kredibilitas, Daya Tarik, Keahlian Bintang Iklan terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha Mio-GT

Authors

  • Ni Wayan Indrayani Jurusan Manajemen, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Wayan Suwendra Jurusan Manajemen, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Ni Nyoman Yulianthini Jurusan Manajemen, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

Keywords:

Kredibilitas, Daya Tarik, Keahlian Bintang Iklan, Keputusan Pembelian

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui  (1)  pengaruh simultan dari kredibilitas, daya tarik, dan keahlian bintang iklan (celebrity Endorser) terhadap keputusan pembelian sepeda motor Yamaha Mio-GT. (2) pengaruh parsial dari kredibilitas, daya tarik, dan keahlian bintang iklan (celebrity Endorser) terhadap keputusan pembelian sepeda motor Yamaha Mio-GT. (3) variabel yang paling dominan yang berpengaruh diantara kredibilitas, daya tarik, dan keahlian bintang iklan (celebrity Endorser) terhadap keputusan pembelian sepeda motor Yamaha Mio-GT. Desain penelitian yang digunakan adalah desain kuantitatif kausal. Subjek penelitian adalah Dealer Maha Surya Motor dan objeknya kredibilitas, daya tarik, keahlian bintang iklan dan keputusan pembelian. Data yang dikumpulkan adalah metode pencatatan dokumen dan kuesioner, metode ini digunakan untuk mencatat dokumen-dokumen yang kemudian dianalisis dengan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menujukan: (1) kredibilitas bintang iklan secara simultan dan parsial berpengaruh positif dan signifikan  terhadap keputusan pembelian, (2) daya tarik dan keahlian bintang iklan secara secara simultan dan parsial berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian dan (3) variabel yang paling dominan mempengaruhi keputusan pembelian adalah daya tarik bintang iklan.

 

References

Ardiana, Lubies. 2008. “Faktor-Faktor Pendukung Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang Dalam Membeli Telepon Seluler Merek Nokia”, Skripsi, Universitas Negeri Malang.

Ghozali, Imam. 2009. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS, Cetakan ke IV. Semarang : Badan Penerbit UNDIP.

Heruwati, Eni.2010. ”Analisis pengaruh daya tarik, kredibilitas, dan keahlian Celebrity endorser terhadap keputusan pembelian sepeda motor yamaha mio (Studi Kasus pada konsumen Harfindo jaya, Semarang)”, Skripsi. Universitas Diponegoro.

Hidayat. Topik. 2011. ”Analisis pengaruh daya tarik, kredibilitas, dan keahlian Celebrity endorser terhadap keputusan pembelian sepeda motor yamaha mio (Studi pada pengguna yamaha mio daerah ciledug)”, Skripsi. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Ibiyanto, Hariadi. 2009. ”Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen Dalam Membeli Sepeda Motor Merek Yamaha Mio (Studi Kasus Di PT. Alfa Scorpii Medan)”, Thesis, Universitas Sumatera Utara.

Kotler, Philip. 2005. Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT. Prenhalindo.

Kotler dan Amstrong. G. 2007. Dasar-Dasar Pemasaran (Edisi Bahasa Indonesia).Jakarta: Indeks.

Kotler, Philip dan Kevin L. Keller. 2009. Marketing Management the 13 th edition. Pearson International edition (KK).

Kusnendi. 2008. Model—model Persamaan Struktural : Satu dan Multigroup Sampel Dengan LISREL, Bandung : Alfabeta

Manik, Nova. 2012. “Pengaruh Brand Positioning Sepeda Motor Merek Yamaha Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Mahasiswa Departemen Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Sumatera Utara”, Thesis. Universitas Sumatera Utara.

Ningsih, Wahyu Listia. 2014. “Pengaruh Harga, Kualitas, dan Brand Enorser Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha Mio GT di Kalangan Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Sumatera Utara”, Thesis. Universitas Sumatera Utara.

Sebayang, Muly K. dan Simon Darman O.S. 2008. “Pengaruh Celebrity Endorser terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Merek Yamaha Mio Pada Mio Automatic Club (MAC) Medan”, Jurnal Manajemen Bisnis Volume 1 Tahun 2008.

Setiadi, Nugroho. 2008. Perilaku Konsumen : “Konsep dan Implikasi Untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran. Jakarta : Kencana.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Cetakan 13. Bandung : ALFABETA

Sugiyono,2009. Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif

dan R&D). Cetakan 14. Bandung : ALFABETA.

Widodo, Iwan. 2013. ”Pengaruh Celebrity Endorser terhadap Keputusan Pembelian Sepeda MotorMerek Yamaha Mio GT”,Jurnal Manajemen No. 1 Tahun 2013. Universitas Muhamaddiyah Purworejo.

Yusnita.2011.”Pengaruh Kredibilitas Perusahaan Dan Bintang Iklan Terhadap Keputusan Konsumen Membeli Sepeda Motor Yamaha Mio GT Di Kota Medan”, Thesis. Universitas Sumatera Utara.

Downloads

Published

2018-07-20

How to Cite

Indrayani, N. W., Suwendra, I. W., & Yulianthini, N. N. (2018). Pengaruh Kredibilitas, Daya Tarik, Keahlian Bintang Iklan terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha Mio-GT. Jurnal Manajemen Indonesia, 6(2), 88–96. Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JMI/article/view/38243

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

> >>