Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan, Promosi terhadap Penjualan

Authors

  • Made Agung Nugraha Jurusan Manajemen, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Ni Nyoman Yulianthini Jurusan Manajemen, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Gede Putu Agus Jana Susila Jurusan Manajemen, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

Keywords:

Harga, Kualitas Pelayanan, Promosi, Penjualan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh temuan eksplanatif yang teruji tentang besarnya pengaruh (1) simultan harga, kualitas pelayanan dan promosi terhadap penjualan tiket bus pada PT. Gunung Harta Transport cabang Bali ,dan (2) parsial harga, kualitas pelayanan dan promosi terhadap penjualan tiket bus pada PT. Gunung Harta Transport cabang Bali. Desain penelitian yang digunakan adalah kausal. Subjek penelitian adalah PT. Gunung Harta Transport cabang Bali, dan objeknya adalah harga, kualitas pelayanan, promosi, dan penjualan. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner, dan dianalisis dengan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Ada pengaruh secara simultan dari harga, kualitas pelayanan dan promosi terhadap penjualan dengan sumbangan pengaruh sebesar 55,1%, (2) Ada pengaruh secara parsial dari harga, kualitas pelayanan, dan promosi terhadap penjualan dengan sumbangan pengaruh sebesar 21,1%, 25,7%, dan 22,4% pada PT. Gunung Harta Transport Cabang Bali.

References

el H. 2002. Consumers Behavior and Marketing Action, Edisi 3. Kent Publishing Company, Boston Massachusset, AS.

Assauri, Sofjan. 1993. Manajemen Produksi dan Operas, Edisi 4. Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, Jakarta.

Dharmmesta, Basu Swastha dan Irawan. 2001. Manajemen Pemasaran Modern. Liberty, Yogyakarta.

Ferdinand, Augusty T.,2006. Metode Penelitian Manajemen: Pedoman Penelitian untuk Penulisan Skripsi, Tesis dan Desertasi. BP Undip,Semarang.

Ghozali, Imam. 2001. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. BP UNDIP, Semarang.

Ghozali, 2005. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS.edisi 3, BP UNDIP, Semarang.

Harsoyo, Titik Desi. 2009. Perangkap Loyalitas Pelanggan: Sebuah Pemahaman Terhadap Noncomplainers pada Setting Jasa, Jurnal Manajemen Teori dan Terapan No.1, hal 27-41

Kotler, Philip. 2000. Manajemen Pemasaran. Erlangga, Jakarta

Kotler, Philip dan Gary Armstrong. 1997. Prinsip-prinsip pemasaran Jilid I. Erlangga, Jakarta.

Kotler, Philip, dan Kevin Lane Keller . 2007. Manajemen Pemasaran Jilid I ed.12. PT. Indeks, Jakarta.

Lupiyoadi, Rambat. 2001. Perilaku Konsumen. Jakarta, Salemba Empat.

Marius P. Angipora. 2002. Dasar-Dasar Pemasaran. PT Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Naresh K. Malhotra. 2006. Riset Pemasaran Jilid II, Indeks, Jakarta.

Pradana, Adhitya. 2010. Analisis Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Desain Produk dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Mobil Toyota, Skripsi Universitas Diponegoro, Semarang.

Ramadania. 2002. Kepercayaan dan Komitmen Sebagai Perantara Kunci Relationship Marketing Dalam Membangun Loyalitas, Jurnal Riset Ekonomi dan ManajemenVol.2 No.1, Hal. 33-52.

Singgih Santoso dan Tjiptono. 2001. Riset Pemasaran Konsep dan Aplikasi dengan SPSS, Elex Media Komputindo, Jakarta.

Stanton, W.J. 1994. Prinsip Pemasaran I. Erlangga, Jakarta.

Sugiyono. 2001. Metode Penelitian Bisnis. Alfabeta, Bandung.

Swasta, Basu. 1994. Manajemen Pemasaran Modern. Liberty, Jogjakarta.

Tjiptono, Fandy dan Gregorius Chandra. 2005. Service, Quality and Satisfaction. 2005, Andi, Jogjakarta.

Tjiptono, Fandy, Gregorius Chandra dan Dadi Adriana. 2008. Pemasaran Strategik. Andi, Yogyakarta.

Umar, Husein. 2000. Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Yudiaatmaja, Fridayana. 2013. Analisis Regresi Dengan Menggunakan Aplikasi Komputer Statistik SPSS. PT Gramedia. Jakarta.

Downloads

Published

2018-10-26

How to Cite

Nugraha, M. A., Yulianthini, N. N., & Susila, G. P. A. J. (2018). Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan, Promosi terhadap Penjualan. Jurnal Manajemen Indonesia, 6(3), 139–144. Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JMI/article/view/38258

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

> >>