Faktor-Faktor yang Dipertimbangkan Konsumen dalam Menggunakan Jasa Pengiriman Barang pada JNE KP Negara

Authors

  • I Made Yudiana Jurusan Manajemen, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Ni Nyoman Yulianthini Jurusan Manajemen, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Ni Luh Wayan Sayang Telagawathi Jurusan Manajemen, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

Keywords:

Faktor-Faktor, Dipertimbangkan, Pelanggan, Memilih, Jasa Pengiriman, Barang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis tentang (1) Faktor-faktor yang dipertimbangkan konsumen dalam menggunakan jasa pengiriman barang pada JNE KP Negara dan (2) Faktor-faktor yang paling dominan dipertimbangkan  konsumen dalam menggunakan jasa pengiriman barang pada JNE KP Negara. Penelitian ini merupakan penelitian verifikatif dengan memakai perhitungan-perhitungan statistik melalui pengumpulan data lapangan pada JNE KP Negara. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner (angket) kemudian dianalisis menggunakan analisis faktor. Hasil pada penelitian ini menunjukan ada sembilan faktor yang menjadi pertimbangan konsumen menggunakan jasa pengiriman barang pada JNE KP Negara. Faktor-faktor tersebut meliputi kecepatan pengiriman, jaminan, pengalaman, citra perusahaan, keamanan, kecepatan pelayanan, penggunaan monitoring, sopan santun dan faktor sosial. Faktor yang paling dominan menentukan keputusan konsumen menggunakan jasa pengiriman barang yang menjadi faktor unggulan dibentuk oleh kecepatan pengiriman, jaminan barang kiriman dan pengalaman.

 

 

 

References

Assauri, sofjan. 2002. Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: BP Universitas Diponegoro.

Indriantoro dan Supomo. 2009. Metode Penelitan. Jakarta: Gramedia.

Irawan. 2002. 10 Prinsip Kepuasan Pelanggan. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo

Kotler, Philip dan Amstrong. 2006. Marketing Manajemen. USA: Prentice Hall

Kotler, Philip. 2000. Manajemen Pemasaran, Analisis, Perencanaan, Implementasi, dan Pengendalian. Jakarta: Salemba Empat.

Lupyioadi. 2001. Manajemen Pemasaran jasa Teori dan Praktek. Jakarta: Salemba Empat.

Purhantara, Wahyu. 2010. Metode Penelitian Kualitatif Untuk Bisnis. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Riduwan, Kuncoro. 2008. Cara Menggunakan dan Memakai Analisis Jalur. Bandung: ALFABETA.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.

-------. 2009. Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

-------. 2011, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Suwarni. 2009. “Marketing Mix dalam Meningkatkan Volume Penjualan”. Jurnal Ekonomi Bisnis, Nomor 1. Universitas Negeri Malang.

Swasta, Basu dan Handoko. 2000. Manajemen Barang Dalam Pemasaran. Yogyakarta: Cetakan Kedua BPFE.

Tijptomo, Fendy. 2001. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Edisi Kedua.Cetakan Keenam. Penerbit Andi.

-------. 2014. Pemasaran Jasa. Yogyakarta.

Umar, Husain. 2003. Riset Pemasaran, Dan Perilaku Konsumen. Cetakan ketiga. Bandung: Gramedia Pustaka Utama.

Widayat. 2004. Metode Penelitian Pemasaran Aplikasi Sofware SPSS. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.

Yazid. 1999. Pemasaran Jasa Konsep dan Implementasi. Yogyakarta: Ekonisia

Downloads

Published

2020-07-30

How to Cite

Yudiana, I. M., Yulianthini, N. N., & Telagawathi, N. L. W. S. (2020). Faktor-Faktor yang Dipertimbangkan Konsumen dalam Menggunakan Jasa Pengiriman Barang pada JNE KP Negara. Jurnal Manajemen Indonesia, 8(2), 70–81. Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JMI/article/view/38417

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

> >>