Evaluasi Pelaksanaan Pelatihan Program Dasar Instalasi Listrik pada PT PLN Persero Area Bali Utara Singaraja

Authors

  • Tika Mulyawati Jurusan Manajemen, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Wayan Bagia Jurusan Manajemen, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Ni Nyoman Yulianthini Jurusan Manajemen, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

Keywords:

Evaluasi Pelaksanaan Pelatihan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk, (1) Mencari seberapa besar reaksi peserta pelatihan terhadap pelatihan program dasar instalasi listrik pada PT PLN Persero Area Bali Utara Singaraja, (2) Melihat seberapa pembelajaran yang diperoleh peserta pelatihan program dasar instalasi listrik pada PT PLN Persero Area Bali Utara Singaraja, (3) Mengetahui bagaiamana sikap peserta selama mengikuti pelatihan program dasar instalasi listrik pada PT PLN Persero Area Bali Utara Singaraja, (4) Untuk mengetahui hasil yang diharapkan dari pelaksanaan pelatihan program dasar instalasi listrik pada PT PLN Persero Area Bali Utara Singaraja. Penelitian ini memiliki jumlah populasi sebanyak 15 orang. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner, observasi dan pencatatan dokumen. Tehnik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa, (1) reaksi peserta pelatihan instalasi listrik memiliki kategori sangat reaktif, (2) untuk pembelajaran yang diperoleh setelah diadakannya pelatihan dapat dikatakan sangat meningkat, (3) Untuk perilaku peserta pelatihan dapat dikategorikan sangat baik, dan (4) Hasil pelatihan yang diperoleh oleh peserta pelatihan dapat dikategorikan sangat baik.

 

References

A.A Anwar Prabu Mangkunegara. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Bramley, P . (1990). Evaluating Training Effectiveness: Translating Theory into Pratice. London : The Mc-Graw Hill Training Series.

Carrel, Michael R, 1995. “ Human Resource Management: Global Strategies for Managing a Device Workplace”, Edition, Prentice Hall Inc, New Jersey.

Djudju Sudjana. 2006. Evaluasi Program Pendidikan Luar Sekolah. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Fandy Tjiptono, 2005. Pemasaran Jasa, Malang. Bayumedia : Publishing.

Handoko, T. H. (2001), Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. BPFE, Yogjakarta.

Hasibuan, Malayu S.P. 2002. Manajemen Sumber Daya Manusia . Cetakan Kelima. Edisi Revisi. Jakarta: Penerbit Bumi.

Herdiyanti, Hasri. 2012. Evaluasi Pasca Pelatihan Caring Pada Perawat Di Unit Rawat Inap Rumah Sakit Umum Daerah Pasar Rebo. Skripsi ( tidak diterbitkan). Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia.

Downloads

Published

2019-04-18

How to Cite

Mulyawati, T., Bagia, I. W., & Yulianthini, N. N. (2019). Evaluasi Pelaksanaan Pelatihan Program Dasar Instalasi Listrik pada PT PLN Persero Area Bali Utara Singaraja. Jurnal Manajemen Indonesia, 7(1), 17–24. Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JMI/article/view/38303

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

> >>