Pengaruh Suku Bunga Kredit dan Jumlah Debitur terhadap Profitabilitas pada Lembaga Perkreditan Desa (LPD) Sekecamatan Buleleng Periode 2011-2014

Authors

  • Kadek Ega Dwi Prananta Jurusan Manajemen, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Gede Putu Agus Jana Susila Jurusan Manajemen, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Wayan Cipta Jurusan Manajemen, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

Keywords:

Suku Bunga Kredit, Jumlah Debitur, Profitabilitas

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh temuan eksplanatif yang teruji tentang pengaruh(1) suku bunga kredit  dan jumlah debitur terhadap profitabilitas, (2) suku bunga kredit terhadap profitabilitas, (3) jumlah debitur terhadap profitabilitas, dan (4)  suku bunga kredit terhadap jumlah debitur. Desain penelitian yang digunakan adalah kuantitatif kausal. Subjek penelitian adalah seluruh LPD Sekecamatan Buleleng, dan objeknya adalah suku bunga kredit, jumlah debitur, dan profitabilitas. Data dikumpulkan dengan pencatatan dokumen, dan dianalisis dengan analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ada pengaruh signifikan dari suku bunga kredit dan jumlah debitur terhadap profitabilitas, (2) ada pengaruh negatif dari suku bunga kredit terhadap profitabilitas, (3) ada pengaruh positif dari jumlah debitur terhadap profitabilitas, dan (4) ada pengaruh negatif dari suku bunga kredit terhadap jumlah debitur pada LPD Sekecamatan Buleleng.

 

 

References

Joni Arta I Wayan dan I Ketut Wijaya Kesuma.2013.Pengaruh Tingkat Perputaran Kas, Tingkat Suku Bunga Kredit dan Pertumbuhan Kredit Terhadap Profitabilitas pada Lembaga Perkreditan Desa (LPD) di Kecamatan Tegallalang, Gianyar. E-jurnal Akuntansi. Fakultas Ekonomi Universitas Udayana.

Kasmir. 2013. Analisis Laporan Keuangan. Edisi Revisi.cet. Ke-6. Jakarta : Rajawali Pers.

Kasmir.2012. Dasar-Dasar Perbankan. Jakarta : PT. Raja Grafindo

Maha Trisna Yunita, Luh Ketut. 2011. Pengaruh Tingkat Perputaran Kas, Tingkat Kecukupan Modal, Loan to Deposit Ratio, dan Tingkat Pertumbuhan Jumlah Nasabah pada Profitabilitas Lembaga Perkreditan Desa (LPD) di Kecamatan Buleleng periode 2008 – 2010. Skripsi. Sarjana Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Udayana.

Oka Wahyuni, Ni Luh, dan I Wayan Putra. 2012. Pengaruh Tingkat Perputaran Kas, Komposisi Pendanaan, Umur Operasional, Dan Tingkat Pertumbuhan Jumlah Nasabah Pada Profitabilitas Bank Perkreditan Rakyat di Kabupaten Badung. Jurnal Akuntansi dan Bisnis. Sarjana Akuntansi Fakultas ekonomi Universitas Udayana.

Downloads

Published

2019-04-18

How to Cite

Prananta, K. E. D., Susila, G. P. A. J., & Cipta, W. (2019). Pengaruh Suku Bunga Kredit dan Jumlah Debitur terhadap Profitabilitas pada Lembaga Perkreditan Desa (LPD) Sekecamatan Buleleng Periode 2011-2014. Jurnal Manajemen Indonesia, 7(1), 42–48. Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JMI/article/view/38306

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

> >>