Pengaruh Profitabilitas dan Corporate Social Responsibility terhadap Nilai Perusahaan

Authors

  • Sisca Pradnyamita Saridewi Jurusan Manajemen, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Gede Putu Agus Jana Susila Jurusan Manajemen, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Fridayana Yudiaatmaja Jurusan Manajemen, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

Keywords:

Profitabilitas, Corporate Social Responsibility, Nilai Perusahaan

Abstract

            Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh profitabilitas dan corporate social responsibility (CSR) terhadap nilai perusahaan pada perusahaan sektor barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2012-2014. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif kausal. Subjek penelitian ini adalah perusahaan sektor barang konsumsi dan objek penelitian ini adalah profitabilitas, CSR, dan nilai perusahaan. Metode pengumpulan data dilakukan dengan studi dokumenter, kemudian dianalisis menggunakan analisis regresi berganda. Data dalam penelitian ini telah memenuhi syarat uji asumsi klasik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) profitabilitas dan CSR berpengaruh positif  signifikan terhadap nilai perusahaan, (2) profitabilitas berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan, (3) CSR berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan.

 

References

Ardimas, Wahyu. 2012. “Pengaruh Kinerja Keuangan dan Corporate Social Responsibility (CSR) Terhadap Nilai Perusahaan Pada Bank Go Public yang Terdafatar di BEI”. Skripsi (tidak diterbitkan). Jurusan Manajemen, Universitas Gunadarma.

Brigham, Eugene F. dan Joel F. Houston. 2006. Dasar-Dasar Manajemen Keuangan. Edisi Kesepuluh. Jakarta: Salemba Empat

Bursa Efek Indonesia. 2012. Statistic Indonesia Stock Exchange (IDX). Terdapat di www.idx.co.id

Ervina Rosiana, Gusti Ayu Made. 2013. “Pengaruh Pengungkapan CSR Terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Pemoderasi”. E- Jurnal Akuntansi, Universitas Udayana, Vol.5, No.3, (hlm.723-738).

Freeman, R. E. 1984. Strategic Management: A Stakeholder Approach, Boston, Pitman.

Haruman, Tendi. 2008. Pengaruh Struktur Kepemilikan Terhadap Keputusan Keuangan dan Nilai Perusahaan. Pontianak: Simposium Nasional.

Husnan, Suad. 2001. Dasar-Dasar Teori Portofolio dan Analisis Sekuritas. Yogyakarta: Unit Penerbit dan Percetakan AMP YKPN.

Kasmir. 2008. Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Keown, Arthur J. 1996. Dasar-Dasar Manajemen Keuangan. Jakarta: Salemba Empat.

Kodrat Sukardi, David dan Kurniawan Indonanjaya. 2010. Manajemen Investasi Pendekatan Teknikal dan Fundamental Untuk Analisis Saham. Edisi Pertama. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Kotler, P. and Nance, L. 2005. Corporate Social Responsibility : Doing The Most Good For Your Company and Your Cause. Amerika: Jhon Wiley & Sons, Inc.

McWilliams, A. and D. Siegel. 2000. Corporate Social Responsibility and Financial Performance: Correlation or Misspecification?, Strategic Management. Jurnal. Vol 21, No.5, (hlm. 603-609).

Sukamulja, Sukmawati. 2004. “Good Corporate Governance di Sektor Keuangan: Dampak Good Corporate Governance Terhadap Kinerja Keuangan”. Jurnal. Vol.8.No.1.

White, Gerald I.,et al. 2002. The Analysis and Use of Financial Statement. Third Edition. USA: John Wiley & Sons, Inc.

Yosefa, Sayekti dan Ludovicus Sensi Wondabio. 2007. “Pengaruh CSR Disclosure Terhadap Earning Response Coefficient: Suatu Studi Empiris Pada Perusahaan Yang Terdaftar Di Bursa Efek”. Simposium Nasional Akuntansi X. Makasar, 26 – 28 Juli.

Downloads

Published

2020-07-30

How to Cite

Saridewi, S. P., Susila, G. P. A. J., & Yudiaatmaja, F. (2020). Pengaruh Profitabilitas dan Corporate Social Responsibility terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Manajemen Indonesia, 8(2), 93–101. Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JMI/article/view/38419

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

> >>