Pengaruh Kompetensi Emosional dan Budaya Kerja terhadap Kinerja Karyawan pada PT Surya Mustika Nusantara Cabang Bali Tahun 2016

Authors

  • Kadek Krisna Wati Jurusan Manajemen, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Ni Nyoman Yulianthini Jurusan Manajemen, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Wayan Bagia Jurusan Manajemen, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

Keywords:

Kompetensi Emosional, Budaya Kerja, Kinerja Karyawan

Abstract

 Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh temuan eksplanatif yang teruji tentang pengaruh (1) kompetensi emosional dan budaya kerja terhadap kinerja karyawan, (2) kompetensi emosional terhadap kinerja karyawan, (3) budaya kerja terhadap kinerja karyawan, dan (4) kompetensi emosional terhadap budaya kerja karyawan PT Surya Mustika Nusantara Cabang Bali. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain penelitian kuantitatif kausal. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan PT Surya Mustika Nusantara Cabang Bali dan objeknya adalah kompetensi emosional, budaya kerja, dan kinerja karyawan. Populasi penelitian ini berjumlah 65 karyawan yang semuanya dijadikan unit pengamatan,sehingga penelitian ini termasuk penelitian populasi. Data dikumpulkan dengan teknik kuesioner, wawancara, dan pencatatan dokumen serta dianalisis menggunakan analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh positif dari (1) kompetensi emosional dan budaya kerja terhadap kinerja karyawan,(2) kompetensi emosional terhadap kinerja karyawan, (3) budaya kerja terhadap kinerja karyawan,(4) kompetensi emosional terhadap budaya kerja karyawan pada PT Surya Mustika Nusantara Cabang Bali.

 

 

References

Agung, Sastra.2012. “Pengaruh Loyalitas dan Budaya Terhadap Kinerja Karyawan Pada CV.Puncak Jaya Sejati Jepara”.Skripsi.Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Muria Kudus.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Benardin, H. John and Joyce E. A. Russell. 1993. Human Resources Management: An Expriential Approach. McGraw-Hill. Series In Management. New York.

Chernis, Wilson. 2001. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Erlangga.

Golemen, Daniel, (1999), Working With Emotional Intelegence: KecerdasanEmosiUntukMencapaiPuncakPrestasi, Jakarta: PT. GramediaPustakaUtama.

Jhon Ivancevich, Robert Konopaske, dkk. 2006. Prilaku dan Manajemen Organisasi, Jilid 1. Erlangga : Jakarta.

Mangkunegara, Prabu Anwar. 2012. Evaluasi Kinerja SDM Cetakan Keenam. PT Refika Aditama : Bandung.

Martiwi, Tien, dkk. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi Pertama, Cetakan Pertama, Erlangga: Jakarta.

Moeljono. 2014. Analisis Pengaruh Antara Faktor Pendidikan dan Kompetensi Terhadap Kinerja Pegawai Pada Badan Perizinan Terpadu Kota Pontianak. Jurnal Manajemen dan Ekonomi, Volume 3, Nomor 1 (hlm 177-189)

Rahayu, tyas. 2015. “Pengaruh Kompetensi, Budaya dan Beban Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT.Merapi Agung Lestari.”. Skiripsi Universitas Negeri Yogyakarta.

Rachma, Ayu. 2012. “Pengaruh Kompetensi terhadap Loyalitas Karyawan Terhadap Kinerja Karyawan PT. Alam Perista Kudus”. Skripsi Universitas Diponogoro Semarang.

Robbins. 2011. Pengembangan SDM Berbasis Kompetensi. Paradigma Baru Manajemen Sumber Daya Manusia. Editor A. Usmara. Penerbit Amara Books. P. 338.

Simamora, Hanry, (1995), Manajemen Sumber Daya Manusia, Yogyakarta: STIE YKPN, 1995.

Sri Utami. 2000. Dari Kecakapan IQ Ke EQ Dari Kecakapan Ke Kompetensi. Warta BRI. ISSN 0216-1117. No. 03 Th. XXIV Maret. P. 33-55.

Suprapto.2006. Human Resources Management.Edisi sepuluh. Jakarta: Salemba.

Supriyadi. 2003. Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. BPFE. Yogyakarta

Susanto. 1997. Sistem Informasi Manajemen Konsep dan Pengembangannya. Bandung: Linggajaya.

Susilo, Willy. 2003. Manajemen Personalia (Manajemen Sumber Daya Manusia). Ghalia Indonesia Jakarta.

Triguno. 2004. Career Mobility and Organizational to Job Characteristics. Journal of Applied Monograph. Vol. 55.p.1

Downloads

Published

2020-10-28

How to Cite

Wati, K. K., Yulianthini, N. N., & Bagia, I. W. (2020). Pengaruh Kompetensi Emosional dan Budaya Kerja terhadap Kinerja Karyawan pada PT Surya Mustika Nusantara Cabang Bali Tahun 2016. Jurnal Manajemen Indonesia, 8(3), 136–144. Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JMI/article/view/38444

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

> >>