Pengaruh Kredit Yang Disalurkan Dan Biaya Operasional Terhadap Laba Lembaga Perkreditan Desa (LPD)

Authors

  • I Made Kristiadi Martha .
  • Dr.I Wayan Bagia, M.Si .
  • I Wayan Suwendra, S.E., M.Si. .

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besar pengaruh (1) kredit yang disalurkan dan biaya operasional terhadap laba; (2) kredit yang disalurkan terhadap laba; (3) biaya operasional terhadap laba LPD di Kecamatan Kerambitan tahun 2012-2013. Penelitian ini dilaksanakan pada LPD di Kecamatan Kerambitan dengan menggunakan desain kuantitatif kausal. Jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah LPD di Kecamatan Kerambitan dan objek adalah kredit yang disalurkan, biaya operasional, dan Laba pada LPD di Kecamatan Kerambitan. Data yang diperlukan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif yang dikumpulkan dari LPLPD di Kecamatan Kerambitan. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ada pengaruh secara simultan dari kredit yang disalurkan dan biaya operasional terhadap laba LPD di Kecamatan Kerambitan Tahun 2012-2013 dengan sumbangan pengaruh sebesar 0,447 (44,7%); (2) ada pengaruh secara parsial dari kredit yang disalurkan terhadap laba dengan sumbangan pengaruh sebesar 0,668 (66,8%); (3) ada pengaruh secara parsial dari biaya operasional terhadap laba dengan sumbangan pengaruh sebesar -0,025 (-2,5%)
Kata Kunci : kredit yang disalurkan, biaya operasional, laba

This study was aiming at knowing how significant the influence of (1) credit which was distributed and the operational expense towards profit; (2) credit distributed towards profit; (3) operational expense towards profit of LPD in Kerambitan District in the year 2012-2013. The study was held at LPD in Kerambitan District by using quantitative causal design. The data used was quantitative data. The subject of study was LPD Kerambitan, the object of study was credit distributed, operational expense and profit at LPD Kerambitan. The data needed was quantitative which was collected from the head of LPD Kerambitan. The technique of analysing used was multiple regression equation. The result of study showed that (1) there was simultaneously influence of credit distributed and operational expense towards profit at LPD Kerambitan District in the year 2012-2013 by contributed influence 0,447 (44,7%); (2) there was influence partially of credit distributed towards profit 0,668 (66,8%); (3) there was influence partially of the operational expense towards profit -0,025 (-2,5%).
keyword : distributed credit, operational expense, profit

Published

2015-02-04

How to Cite

., I. M. K. M., ., D. W. B. M., & ., I. W. S. S. M. (2015). Pengaruh Kredit Yang Disalurkan Dan Biaya Operasional Terhadap Laba Lembaga Perkreditan Desa (LPD). Jurnal Manajemen Indonesia, 3(1). Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JMI/article/view/4583

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

> >>