Faktor-faktor yang Dipertimbangkan Konsumen dalam Menabung

Authors

  • I Made Swisma Danu Sanjaya .
  • Ni Nyoman Yulianthini, S.E.,M.M. .
  • Drs. Wayan Cipta,M.M .

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) faktor-faktor yang dipertimbangkan konsumen dalam menabung, dan (2) faktor yang paling dominan menjadi pertimbangan konsumen dalam menabung pada PT. BPR Kapal Basak Pursada di Singaraja tahun 2015. Penelitian ini menggunakan jenis atau bentuk penelitian verifikatif dengan memakai perhitungan-perhitungan statistik yang dilaksanakan melalui pengumpulan data lapangan pada nasabah PT. BPR Kapal Basak Pursada di Singaraja dan metode yang digunakan adalah metode survei. Adapun teknik pengumpulan data adalah kuesioner (angket), kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis faktor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor yang dipertimbangkan konsumen dalam menabung pada PT. BPR Kapal Basak Pursada di Singaraja adalah faktor pribadi, faktor lokasi, dan faktor produk. Faktor yang paling dominan dipertimbangkan konsumen adalah faktor pribadi dengan nilai eigenvalue tertinggi sebesar 3,635.
Kata Kunci : lokasi, pribadi, produk

This research aims to knowing (1) the factors that consumers considered to savings, and (2) the most dominantly factors are consideration by consumers to save the money in PT. BPR Kapal Basak Pursada, Singaraja year 2015. This research uses the type or form of verificatife which using statistical calculations were carried out through the collection of field data on customers of PT. BPR Kapal Basak Pursada Singaraja and the method used is survey method. As for the techniques of collection data is questionnaires, then analyzed using analysis factors. The result showed that the factors that consumers considered to save the money in PT. BPR Kapal Basak Pursada Singaraja is a personal factors, factors location, and product factors. The most dominantly factor that consumers considered are personal factors with the highest eigenvalue is 3.635.
keyword : location, personal, product

Published

2016-03-05

How to Cite

., I. M. S. D. S., ., N. N. Y. S., & ., D. W. C. (2016). Faktor-faktor yang Dipertimbangkan Konsumen dalam Menabung. Jurnal Manajemen Indonesia, 4(1). Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JMI/article/view/6675

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

> >>