PENGARUH DANA PIHAK KETIGA DAN JUMLAH PENYALURAN KREDIT TERHADAP LABA

Authors

  • Luh Puspawati .
  • Drs. Wayan Cipta,M.M .
  • Ni Nyoman Yulianthini, S.E.,M.M. .

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk memperoleh temuan eksplanatif atau penjelasan yang teruji tentang pengaruh: (1) Dana Pihak Ketiga dan Jumlah Penyaluran kredit terhadap Laba, (2) Dana Pihak Ketiga terhadap Jumlah Penyaluran Kredit, (3) Dana Pihak Ketiga terhadap Laba, dan (4) Jumlah Penyaluran Kredit terhadap Laba pada PT BPR Bali Dananiaga Denpasar 2012-2014. Desain penelitian yang digunakan adalah kuantitatif kausal. Subjek penelitian adalah PT BPR Bali Dananiaga Denpasar, dan objek penelitian adalah dana pihak ketiga, jumlah penyaluran kredit, dan laba. Data dikumpulkan dengan teknik pencatatan dokumen, dan dianalisis dengan analisis jalur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Ada pengaruh yang positif dan signifikan dari Dana Pihak Ketiga dan Jumlah Penyaluran Kredit terhadap Laba dengan sumbangan pengaruh sebesar 67,10%, (2) Ada pengaruh yang positif dan signifikan dari Dana Pihak Ketiga terhadap Jumlah Penyaluran Kredit dengan sumbangan pengaruh sebesar 69,40%, (3) Ada pengaruh yang positif dan signifikan dari Dana Pihak Ketiga terhadap Jumlah Penyaluran Kredit dengan sumbangan pengaruh sebesar 34,10%, dan (4) Ada pengaruh yang positif dan signifikan dari Jumlah Penyaluran Kredit terhadap Laba dengan sumbangan pengaruh sebesar 78%.
Kata Kunci : dana pihak ketiga, jumlah penyaluran kredit dan laba

This research is aimed to find the tested explanative finding of the impact of (1) loan fund and credit distribution on the profit, (2) loan on the credit distribution, (3) loan fund on the profit, and (4) credit distribution on the profit in the Rural Banks Bali Dananiaga Denpasar in period 2012-2014. The study was designed to be a casual quantitative. The subject in the Rural Banks Bali Dananiag Denpasar, and the object this was study loan fund, credit distribution, and profit. The data collected by documentation technique, and it’s analyzed by path analysis . The results of this study indicate that (1) there was significant effect of the loan fund and credit distribution on the profit with a donation effect of 67,10%, (2) there was significant positive effect of the loan fund on the credit distribution with a donation effect of 69,40%, (3) there was positive effect of the loan fund on the profit with a donation effect of 34,10%, and (4) there was significant positive effect of the credit distribution on the profit with a donation effect of 78%.
keyword : loan fund, credit distribution and profit

Published

2016-03-07

How to Cite

., L. P., ., D. W. C., & ., N. N. Y. S. (2016). PENGARUH DANA PIHAK KETIGA DAN JUMLAH PENYALURAN KREDIT TERHADAP LABA . Jurnal Manajemen Indonesia, 4(1). Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JMI/article/view/6763

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

> >>