FAKTOR-FAKTOR YANG MENENTUKAN KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SHAMPO MEREK PANTENE DI KECAMATAN SUKASDA BULELENG

Authors

  • Kadek Juliadi Purwanti .
  • Ni Nyoman Yulianthini, S.E.,M.M. .
  • Fridayana Yudiaatmaja,M.Sc .

Abstract

Penenelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) faktor-faktor yang menentukan keputusan pembelian produk shampo merek pantene, dan (2) faktor yang paling dominan menentukan konsumen membeli produk shampo merek pantene di Kecamatan Sukasada Buleleng. Penelitian ini menggunakan jenis atau bentuk penelitian verifikatif dengan memakai perhitungan-perhitungan statistik yang dilaksanakan melalui pengumpulan data lapangan pada konsumen shampo merek pantene di Kecamatan Sukasada Buleleng dan metode yang digunakan adalah metode survei. Adapun teknik pengumpulan data adalah kuesioner (angket) kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis faktor. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor-faktor yang menentukan keputusan pembelian produk shampo merek pantene di Kecamatan Sukasada Buleleng adalah faktor budaya, faktor distribusi, faktor sosial, faktor produk, faktor promosi, dan faktor harga. Faktor yang paling dominan dalam keputusan pembelian produk shampo adalah faktor budaya dengan nilai eigenvalue tertinggi sebesar 5,911.
Kata Kunci : budaya, distribusi, sosial, produk, promosi, harga.

This study aims to determine (1) the factors that determine purchase decisions shampoo products of Pantene brand, and (2) the most dominant factor determining consumers to buy shampoo product of Pantene brand in Sukasada district. This study used a type or form of research verification using statistical calculations were carried out through field data collection on consumer of shampoo product of Pantene brand in Sukasada district and the method used was survey method . The data collection technique was questionnaires, then it was analyzed using factor analysis. The results showed that the factors that determine purchase decisions of shampoo product of Pantene brand in Sukasada district were a cultural factor, distribution factor, the social factor, product factor, promotions factor and price factor. The most dominant factor in purchasing decisions of shampoo products was cultural factor with highest eigenvalue of 5.911.
keyword : culture, distribution, social, product, promotions, price

Published

2016-07-13

How to Cite

., K. J. P., ., N. N. Y. S., & ., F. Y. (2016). FAKTOR-FAKTOR YANG MENENTUKAN KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SHAMPO MEREK PANTENE DI KECAMATAN SUKASDA BULELENG. Jurnal Manajemen Indonesia, 4(1). Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JMI/article/view/7394

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

> >>