ANALISIS KETIDAK-DISIPLINAN KARYAWAN

Authors

  • Ketut Ratih Indriasari .
  • Gede Putu Agus Jana Susila, S.E.,MBA .
  • Dr.I Wayan Bagia, M.Si .

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan, (1) penyebab pegawai tidak displin di RSUD Kabupaten Buleleng. (2) dampak tidak displin pegawai terhadap pelayanan yang diberikan terhadap pasien. (3) upaya apa yang dilakukan untuk meningkatkan kedisplinan pegawai. \Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer. Instrumen penelitian dalam penelitian ini adalah human instrument. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara mendalam, observasi, dokumentasi dan triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa, (1) Penyebab ketidakdsplinan kinerja karyawan pada RSUD Kabupaten Buelelng dari aspek internal meliputi, lingkungan kerja yang kurang nyaman, beban kerja yang berlebihan, penilaian kerja yang kurang efektif, kejenuhan didalam bekerja, dan terjadi konflik antara bawahan dengan atasan. Untuk aspek external meliputi, kurangnya pengawasan dari pihak direktur, kurangnya penenerapan dan penegasan didalam menaati tata tertib, pemberian toleransi waktu keterlambatan yang berlebihan, (2) Dampak ketidakdsplinan kinerja karyawan meliputi pasien merasa tidak nyaman dengan pelayanan RSUD Kabupaten Buleleng, dan merasa tidak puasa dengan pelayanan yang diberikan yang disesbabkan oleh beberapa faktor. (3) Ada beberapa hal yang diperlukan untuk menangani masalah-masalah diatas yakni, aspek karyawan, yaitu berusaha menciptakan suasana yang kondusif, membagi pekerjaan secara merata, melaksansanakan pekerjaan dengan nyaman tanpa beban, dan menghindari terjadi konflik terhadap esame karyawan dan atasan.
Kata Kunci : Ketidakdisplinan pegawai

This study aims to describe, (1) the causes of hospital employees are not disciplined in Buleleng. (2) The impact of not discipline an employee in the services provided to patients. (3) what efforts are made to improve employee performance. The design study is a descriptive study. Data used in this study is qualitative data and data sources used in this study are primary data. The instrument of this research is the human instrument. Data collection techniques used in this study are in-depth interviews, observation, documentation and triangulation. Data analysis techniques used in this research is descriptive. These results indicate that, (1) Cause dicipline performance of employees at hospitals district Buleleng resulting from several aspects: internal and external aspects. For internal aspects include, less comfortable working environment, excessive workload, appraisal less effective, saturation in the works, and there is a conflict between subordinates by superiors. For the aspects of external covers, the lack of supervision of the director, the lack and affirmation in obeying the order, granting tolerance time delay overload, (2) Impact disipline employee performance given of the employees of the Hospital Buleleng as follows, patients feel uncomfortable with Hospital services Buleleng, and was not fasting with the services provided are disesbabkan by several factors. (3) There are a few things needed to deal with the above problems, aspects of the employee, that is trying to create an atmosphere conducive to divide the work evenly, work comfortably without a load, and avoid conflicts against fellow employees and superiors.
keyword : lack of employee discipline

Published

2016-07-26

How to Cite

., K. R. I., ., G. P. A. J. S. S., & ., D. W. B. M. (2016). ANALISIS KETIDAK-DISIPLINAN KARYAWAN. Jurnal Manajemen Indonesia, 4(2). Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JMI/article/view/7875

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

> >>