ANALISIS KEMANGKIRAN KARYAWAN

Authors

  • Kadek Edy Surya Darmawan .
  • Dr.I Wayan Bagia, M.Si .
  • Gede Putu Agus Jana Susila, S.E.,MBA .

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh temuan dekriptif tentang penyebab, dampak kemangkiran karyawan, dan upaya untuk mengatasi kemangkiran karyawan pada UD Surya Logam. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer. Instrumen penelitian dalam penelitian ini adalah human instrument. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara mendalam, observasi, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa, (1) Penyebab kemangkiran karyawan pada UD Surya Logam adalah kurangnya keterampilan, kemampuan dan pemahaman dari setiap karyawan didalam melaksanakan pekerjaan. (2) Dampak yang ditimbulkan dari kemangkiran yaitu, menurunya jumlah pendapatan, sulitnya perusahaan untuk berkembang. Dari aspek karyawan meliputi, tidak adanya bonus dan upah yang diberikan kepada karyawan berkurang. (3) Adapun upaya-upaya yang dilakukan oleh UD. Surya Logam dalam menurunkan tingkat kemangkiran yaitu, melaksanakan pelatihan dan memberikan motivasi untuk karyawan. Dari aspek perusahaan yaitu memberikan fasilitas kenyamanan keamanan dan kompensasi yang layak untuk memotivasi karyawan agar lebih giat dan tekun didalam bekerja.
Kata Kunci : kemangkiran karyawan, kompensasi, dan motivasi

This study aimed to obtain descriptive findings on the causes, the impact of employee absenteeism, and efforts to overcome the absences of employees at UD Surya Metals. Data used in this study is qualitative data and data sources used in this study are primary data. The instrument of this research is the human instrument. Data collection techniques used in this study are in-depth interviews, observation and documentation. Data analysis techniques used in this research is descriptive qualitative approach. These results indicate that, (1) The cause of absenteeism of employees at UD Surya Metals is a lack of skills, abilities and understanding of every employee in carrying out the work. (2) The impact of absenteeism ie, decline in total revenue, the difficulty of businesses to thrive. From the aspect of covering employees, no bonuses and wages granted to employees is reduced. (3) As for the efforts undertaken by UD. Surya Metals in reducing absenteeism ie, conduct training and provide motivation for employees. From the aspect of the company that provides security and comfort facilities adequate compensation to motivate employees to be more active and zealous in work.
keyword : employee absenteeis, compensation, motivation

Published

2016-11-23

How to Cite

., K. E. S. D., ., D. W. B. M., & ., G. P. A. J. S. S. (2016). ANALISIS KEMANGKIRAN KARYAWAN . Jurnal Manajemen Indonesia, 4(3). Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JMI/article/view/8968

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

> >>