Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbantuan Media Poster terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa

Authors

  • Ni Putu Putri Kemuning Sari Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Anak Agung Gede Agung Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jmt.v3i1.54749

Keywords:

STAD, Pengetahuan, IPA

Abstract

Kompetensi pengetahuan merupakan salah satu aspek yang harus dicapai dalam pembelajaran. Namun terkadang hal tersebut tidak dapat tercapai dikarenakan strategi pembelajaran yang tidak sesuai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division berbantuan media poster dalam pembelajaran IPA siswa kelas V sekolah dasar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen yaitu quasi experiment design (eksperimen semu). Populasi dalam penelitian ini yakni siswa kelas V SD yang berjumlah 421 siswa. Penarikan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling dengan jumlah sampel akhir yakni 32 siswa sebagai kelompok eksperimen dan 30 siswa sebagai kelompok kontrol. Pengumpulan data dalam penelitian dilakukan menggunakan metode tes dengan intrumen berupa tes kompetensi pengetahuan IPA. Data yang diperoleh dalam penelitian dianalisis dengan teknik analisis uji-t. Hasil analisis data yang telah dilakukan diperoleh model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division berbantuan media poster memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kompetensi pengetahuan IPA kelas V di sekolah dasar. Disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division berbantuan media poster dapat meningkatkan pengetahuan IPA kelas V di sekolah dasar.

Author Biography

Ni Putu Putri Kemuning Sari, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

References

Adhani, D. N., & Nazarullail, F. (2022). Keterbatasan Pembelajaran Daring Di Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini Daerah Pesisir Bangkalan. Jurnal Golden Age, 6(1), 46–54. https://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/jga/article/download/4153/2581.

Adriliyani, P. A., Dantes, N., & Jayanta, I. N. L. (2020). Pembelajaran Ipa Dengan Model Make A Match Berbasis Lingkungan Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. MIMBAR PGSD Undiksha, 8(2), 181–191. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i2.25035. DOI: https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i2.25035

Antari, N. L. G. S., Pudjawan, K., & Wibawa, I. M. C. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay Berbantuan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar IPA. International Journal of Elementary Education, 3(2), 116. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i2.18512. DOI: https://doi.org/10.23887/ijee.v3i2.18512

Anwar, Y., Ananda, A., Montessori, M., & Khairani, K. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan Pendekatan SAVI dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar PPKn. Jurnal Basicedu, 6(4), 7433–7445. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3355. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3355

Apriyanti, N. E. (2019). Keefektifan Model Scramble Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Ipa. Indonesian Journal Of Educational Research and Review, 2(2), 149. https://doi.org/10.23887/ijerr.v2i2.17336. DOI: https://doi.org/10.23887/ijerr.v2i2.17336

Ardianto, B. (2021). Analisis Aktivitas Belajar Ipa Siswa Dengan Menggunakan Media Gambar Di Kelas 4 SDIT Al Amaanah Bekasi. Teaching : Jurnal Inovasi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 1(4), 314–322. https://doi.org/10.51878/teaching.v1i4.776. DOI: https://doi.org/10.51878/teaching.v1i4.776

Ariyana, I. M. W., & Ganing, N. N. (2020). Kontribusi Bimbingan Belajar Dari Orang Tua Dan Motivasi Berprestasi Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS. Mimbar Ilmu, 25(1), 87. https://doi.org/10.23887/mi.v25i1.24480. DOI: https://doi.org/10.23887/mi.v25i1.24480

Arsani, N. W., Putra, D. B. K. N. S., & Ardana, I. K. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Course Review Horay Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa. International Journal of Elementary Education, 2(3), 183. https://doi.org/10.23887/ijee.v2i3.15957. DOI: https://doi.org/10.23887/ijee.v2i3.15957

Aryanto, A., & Muhajir, S. (2021). Pengaruh Model Cooperative Learning Tipe Student Team Achievement Division (STAD) Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar IPA. Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP), 8(2), 185–192. https://doi.org/10.24114/jtp.v8i2.3329. DOI: https://doi.org/10.33394/jtp.v6i2.3537

Asmoro, B. P., & Mukti, F. D. (2019). Peningkatan Rasa Ingin Tahu Ilmu Pengetahuan Alam Melalui Model Contextual Teaching and Learning Pada Siswa Kelas Va Sekolah Dasar Negeri Karangroto 02. Abdau: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 2(1), 115–142. https://doi.org/10.36768/abdau.v2i1.28. DOI: https://doi.org/10.36768/abdau.v2i1.28

Astuti, N. M. M. A., Ardana, I. K., & Putra, M. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Course Review Horay Berbantuan Media Question Card Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Journal for Lesson and Learning Studies, 2(3). https://doi.org/10.23887/jlls.v2i3.19506. DOI: https://doi.org/10.23887/jlls.v2i3.19506

Azizah, D. N. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division (Stad) Dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Geografi Di Sma. Jambura Geo Education Journal, 3(1), 28–35. https://doi.org/10.34312/jgej.v3i1.13787. DOI: https://doi.org/10.34312/jgej.v3i1.13787

Burengge, S. S. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan Pendekatan Kontekstual bagi Siswa SDN 7 Tentena Sulawesi Tengah. Jurnal Paedagogy, 7(4), 275. https://doi.org/10.33394/jp.v7i4.2832. DOI: https://doi.org/10.33394/jp.v7i4.2832

Darmayanti, N. P. ., Wiarta, I. W., & Agustika, G. N. S. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran STAD berbasis Portofolio terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika. International Journal of Elementary Education, 2(3), 228. https://doi.org/10.23887/ijee.v2i3.15962. DOI: https://doi.org/10.23887/ijee.v2i3.15962

Dewi, A. T. Y. R., & Negara, I. G. A. O. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran (SAVI) Berbantuan Multimedia Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Mimbar PGSD Undiksha, 8(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i1.24577. DOI: https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28961

Diyantari, I. A. K. D., Ngurah Wiyasa, I. K., & Surya Manuaba, I. B. (2020). Model Snowball Throwing Berbantuan Media Pop Up Book Berpengaruh Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(1), 9–21. https://doi.org/10.23887/jippg.v3i1.26973. DOI: https://doi.org/10.23887/jippg.v3i1.26973

Djonnaidi, S., Wahyuni, N., & Nova, F. (2021). Pengaruh Penerapan Media Poster Digital dalam Pembelajaran Daring di Masa Pandemi terhadap Kemampuan Berbicara Siswa di Politeknik Negeri Padang. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran): Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 8(1), 38–46. https://doi.org/10.17977/um031v8i12021p038. DOI: https://doi.org/10.17977/um031v8i12021p038

Elendiana, M., & Prasetyo, T. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran NHT dan Model Pembelajaran STAD Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Pada Pembelajaran Tematik. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(1), 228–237. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i1.932. DOI: https://doi.org/10.31949/educatio.v7i1.932

Habibbulloh, M., & Arifin, A. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Stad Menggunakan Alat Peraga Alquran Untuk Meningkatkan Penguasaan Tajwid. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 16(2), 189–202. https://doi.org/10.14421/jpai.2019.162-04. DOI: https://doi.org/10.14421/jpai.2019.162-04

Harefa, D., Sarumaha, M., Fau, A., Telaumbanua, T., Hulu, F., Telambanua, K., Sari Lase, I. P., Ndruru, M., & Marsa Ndraha, L. D. (2022). Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Belajar Siswa. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(1), 325. https://doi.org/10.37905/aksara.8.1.325-332.2022. DOI: https://doi.org/10.37905/aksara.8.1.325-332.2022

Hazmiwati, H. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 178. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v7i1.5359. DOI: https://doi.org/10.33578/jpfkip.v7i1.5359

Intaha, A. M., Saputra, Y. M., & Mulyana, M. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran Poster dan Video Terhadap Penguasaan Keterampilan Pencak. Jurnal Penelitian Pendidikan, 20(2), 145–153. https://doi.org/10.17509/jpp.v20i2.20212. DOI: https://doi.org/10.17509/jpp.v20i2.20212

Isnani, I., Dewi, A. S., & Ahmadi, A. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran STAD Berbantuan Media Pembelajaran Terhadap Sikap Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(1). https://doi.org/10.26877/jipmat.v4i1.3509. DOI: https://doi.org/10.26877/jipmat.v4i1.3509

Kusumawardani, N., Siswanto, J., & Purnamasari, V. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbantuan Media Poster Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(2), 170. https://doi.org/10.23887/jisd.v2i2.15487. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v2i2.15487

Magdalena, I., Fajriyati Islami, N., Rasid, E. A., & Diasty, N. T. (2020). Tiga Ranah Taksonomi Bloom Dalam Pendidikan. EDISI : Jurnal Edukasi Dan Sains, 2(1), 132–139. https://doi.org/10.36088/edisi.v2i1.822.

Marheni, N. K., Jampel, I. N., & Suwatra, I. I. W. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe (STAD) Terhadap Sikap Sosial dan Hasil Belajar IPA. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(3), 351. https://doi.org/10.23887/jppp.v4i3.27414. DOI: https://doi.org/10.23887/jppp.v4i3.27414

Munirah, M., Rosdiana, & Hadmawati, N. (2022). Penggunaan Media Pembelajaran Poster Berbasis Pendekatan Saintifik Terhadap Kemampuan Kognitif Peserta Didik. Auladuna: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 9(1), 114–120. https://doi.org/10.24252/auladuna.v9i1a10.2022. DOI: https://doi.org/10.24252/auladuna.v9i1a10.2022

Nawangsih, I. (2019). Penerapan Metode Question Student Have Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 006 Sungai Buluh Kecamatan Singingi Hilir Kabupaten Kuantan Singingi. El-Ibtidaiy:Journal of Primary Education, 2(2), 93. https://doi.org/10.24014/ejpe.v2i2.8049. DOI: https://doi.org/10.24014/ejpe.v2i2.8049

Novianti, L. A., Anjarini, T., Guru, P., Dasar, S., & Purworejo, U. M. (2022). Penerapan Model STAD Berbantuan Media Monopoli Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Pada Sub Tema Manfaat Tumbuhan Bagi Kehidupan Manusia Di Kelas III SD Negeri Korowelang. Jurnal Pendidikan Dasar, 3(1), 76–84. https://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/jpd/article/view/2016.

Parwati, I. A. K. C. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran VAK (Visual, Auditorial, Kinestetik) Bermediakan Lingkungan Sekolah Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Pendagogi Dan Pembelajaran, 1(3), 145–153. https://doi.org/10.23887/jp2.v1i3.19342.

Pertiwi, S. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe STAD Terhadap Hasil Belajar PKN Siswa Kelas IV SDN Lenggahsari 04 Cabang. Jurnal Inovasi Pendidikan MH Thamrin, 5(1), 25–35. https://doi.org/10.37012/jipmht.v5i1.657. DOI: https://doi.org/10.37012/jipmht.v5i1.657

Prananda, G. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Dalam Pembelajaran IPA Siswa Kelas V SD. Jurnal Pedagogik, 6(1), 122–130. https://doi.org/10.37598/pjpp.v6i2,%20Oktober.648.

Prananda, G., & Hadiyanto. (2019). Korelasi Antara Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(3), 909–915. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i3.181.

Primayana, K. H., Lasmawan, W. I., & Adnyana, P. B. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual Berbasis Lingkungan Terhadap Hasil Belajar IPA Ditinjau Dari Minat Outdoor Pada Siswa Kelas IV. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran IPA Indonesia, 9(2), 72–79. http://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_ipa/index. DOI: https://doi.org/10.23887/jipp.v2i2.15606

Putri, N. M. C. D., Ardana, I., & Agustika, G. N. S. (2018). Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Lingkungan Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa Kelas V. International Journal of Elementary Education, 2(3), 211. https://doi.org/10.23887/ijee.v2i3.15960. DOI: https://doi.org/10.23887/ijee.v2i3.15960

Rahmah, S. N., Kafrawi, M., & Mahsul, A. (2019). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD berbantuan Media Poster terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmu Fisika Dan Pembelajarannya (JIFP), 3(2), 58–62. https://doi.org/10.19109/jifp.v3i2.3845. DOI: https://doi.org/10.19109/jifp.v3i2.3845

Riyanti, R., & Mardiani, D. (2021). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa antara Model Pembelajaran Course Review Horay dan STAD. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 125–134. https://doi.org/10.31980/plusminus.v1i1.1031. DOI: https://doi.org/10.31980/plusminus.v1i1.1031

Rokhanah, N., Widowati, A., & Sutanto, E. H. (2021). Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa dengan Menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Divisions (STAD). Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 3173–3180. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.860. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.860

Saputra, I. P. A. A., Jampel, I. N., & Suwatra, I. I. W. (2021). Pengembangan Instrumen Penilaian Kompetensi Pengetahuan Ipa Siswa Sd Kelas V. Journal for Lesson and Learning Studies, 4(1), 13–19. https://doi.org/10.23887/jlls.v4i1.29794. DOI: https://doi.org/10.23887/jlls.v4i1.29794

Septian, A., Agustina, D., & Maghfirah, D. (2020). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 10. https://doi.org/10.33365/jm.v2i2.652. DOI: https://doi.org/10.33365/jm.v2i2.652

Setianingsih, I. G. A. A. A., Putra, D. K. N. S., & Ardana, I. K. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Berbantuan Media Audio Visualterhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Journal of Education Technology, 3(3), 203. https://doi.org/10.23887/jet.v3i3.21827. DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v3i3.21827

Sholihati, I. W., & Habibi, M. W. (2022). Pengembangan Media Posbuk (Poster Buku) Terintegrasi Al-Qur’an Pembelajaran IPA Materi Struktur Tumbuhan Kelas VIII SMP/MTs. Kulidawa, 2(2), 65. https://doi.org/10.31332/kd.v2i2.3268. DOI: https://doi.org/10.31332/kd.v2i2.3268

Situngkir, W., Sinaga, C. V. R., & Thesalonika, E. (2022). Pengaruh Media Poster Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Tema 2 Subtema2 Kelas IV SD Negeri No. 124386 Jl. Pisang. Pedagogika: Jurnal Pedagogik Dan Dinamika Pendidikan, 10(2), 199–207. https://doi.org/10.30598/pedagogikavol10issue2page199-207. DOI: https://doi.org/10.30598/pedagogikavol10issue2page199-207

Suantara, I. K. T., Ganing, N. N., & Wulandari, I. G. A. A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share Berbantuan Media TTS terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 473. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i4.21783. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v3i4.21783

Suartika, I. K. (2022). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) Berbantuan LKS Kontekstual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa. Journal of Education Action Research, 6(3), 425–432. https://doi.org/10.23887/jear.v6i2.45668.

Sukawati, I. (2020). Meningkatkan prestasi belajar ilmu pengetahuan alam melalui pendekatan lingkungan pada siswa sekolah dasar. Tajdidukasi: Jurnal Penelitian Dan Kajian Pendidikan Islam, 10(1), 19. https://doi.org/10.47736/tajdidukasi.v10i1.40. DOI: https://doi.org/10.47736/tajdidukasi.v10i1.40

Sumartono, & Astuti, H. (2018). Penggunaan Poster Sebagai Media Komunikasi Kesehatan. Komunikologi:Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 15(1). https://komunikologi.esaunggul.ac.id/ index.php/KM/article/view/187.

Sumilat, J. M., & Matutu, V. S. (2021). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Sisiwa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 865–870. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i3.392. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i3.392

Suryana, A., Sugianto, A., & Bahari, A. (2021). Pengaruh Metode Pembelajaran Student Teams Achivement Divisions (STAD) terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Dirosah Islamiyah, 3(2), 166–179. https://doi.org/10.47467/jdi.v3i2.351. DOI: https://doi.org/10.47467/jdi.v3i2.351

Suryantini, N. W. N., Wiarta, I. W., & Manuaba, I. B. S. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Visual Auditori Kinestetik Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa Kelas V. Mimbar PGSD Undiksha, 5(2). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.10636.

Widiana, I. W., Parera, N. P. G., & Yuda Sukmana, A. I. W. I. (2019). Media Permainan Ular Tangga Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pada Kompetensi Pengetahuan IPA. Journal of Education Technology, 3(4), 315. https://doi.org/10.23887/jet.v3i4.22556. DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v3i4.22556

Widiartha, K. D. R. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Visualization Auditory Kinestetic Berbantuan Mutimedia Interaktif Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 2(2), 145. https://doi.org/10.23887/jppp.v2i2.15396. DOI: https://doi.org/10.23887/jppp.v2i2.15396

Widiartini, P. D. O., Made Putra, M. P., & Manuaba, I. B. S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation Berbasis Tri Hita Karana Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(3), 332. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i3.19476. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v3i3.19476

Wildan, W., Hakim, A., & Supriadi, S. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Berbasis Lingkungan Untuk Siswa SMP/MTs. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 3(2). https://doi.org/10.29303/jipp.v3i2.22. DOI: https://doi.org/10.29303/jipp.v3i2.22

Winaastari, N. P. A., Yudiana, K., & Kusmariyatni, N. N. (2020). Model Pembelajaran STAD Berorientasi THK Meningkatkan Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 3(2), 280. https://doi.org/10.23887/jp2.v3i2.26617. DOI: https://doi.org/10.23887/jp2.v3i2.26617

Wulandari, I. (2022). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD ( Student Teams Achievement Division) dalam Pembelajaran MI. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 4(1), 17–23. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v4i1.1754. DOI: https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v4i1.1754

Wulantari, N. W., Widiana, I. W., & Rendra, N. T. (2019). Media Pembelajaran Puzzle Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pada Kompetensi Pengetahuan IPA. Indonesian Journal Of Educational Research and Review, 2(3), 354. https://doi.org/10.23887/ijerr.v2i3.22563. DOI: https://doi.org/10.23887/ijerr.v2i3.22563

Yanayanti, N. K. A. T., Putra, D. K. N. S., & Sri Asri, I. G. A. A. (2020). Peran Model Pembelajaran Kooperatif Tipe CRH Berbantuan Media Visual Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa SD. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 196. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.29084. DOI: https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.29084

Downloads

Published

2023-01-26

How to Cite

Kemuning Sari, N. P. P., & Agung, A. A. G. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbantuan Media Poster terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa . Jurnal Media Dan Teknologi Pendidikan, 3(1), 10–20. https://doi.org/10.23887/jmt.v3i1.54749

Issue

Section

Articles