Model Kooperatif Tipe Group Investigation Berbantuan Powerpoint Interaktif untuk Meningkatkan Kompetensi Pengetahuan IPAS Kelas V Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.23887/jmt.v4i2.78743Keywords:
Group Investigation, PowerPoint Interaktif, Kompetensi Pengetahuan IPAAbstract
Pembelajaran IPA bertujuan untuk membantu siswa memahami konsep-konsep yang memiliki kaitan dengan fenomena atau kejadian alam pada kehidupan nyata sehari-hari. Agar tujuan pembelajaran tersebut dapat tercapai, maka pelajaran IPA perlu melibatkan siswa dalam setiap kegiatan pembelajarannya. Namun pada kenyataannya pembelajaran IPA di SD terbilang masih belum optimal dikarenakan pada saat proses pembelajaran masih dominan berpusat pada guru. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation berbantuan media PowerPoint terhadap kompetensi pengetahuan IPAS pada siswa kelas V Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment dengan desain non-equivalent control group design. Populasi penelitian ini sebanyak 333 siswa kelas V SD. Sampel penelitian menggunakan teknik cluster random sampling. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif dan analisis data inferensial. Metode pengumpulan data menggunakan tes objektif pilihan ganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation berbantuan media PowerPoint interaktif memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kompetensi pengetahuan IPAS pada siswa kelas V Sekolah Dasar.
References
Ajizah, I., & Huda, M. N. (2020). Tpack Sebagai Bekal Guru Pai Di Era Revolusi Industri 4.0. Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 333–352. https://doi.org/10.21274/taalum.2020.8.2.333-352.
Amalia, F., Putri, B., & Rezkita, S. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran IPA Berbasis Powerpoint Interaktif untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Gondolayu. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 5(3), 684–693. https://doi.org/10.30738/trihayu.v5i3.6122.
Arsy, H. I., Prasetyo, A. P. B., & Subali, B. (2019). Predict-Observe-Explain Strategy with Group Investigation Effect on Studentsâ€TM Critical Thinking Skills and Learning Achievement. Journal of Primary Education, 8(4), 75–83. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpe/article/view/29109.
Arwanda, P., Irianto, S., & Andriani, A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Articulate Storyline Kurikulum 2013 Berbasis Kompetensi Peserta Didik Abad 21 Tema 7 Kelas Iv Sekolah Dasar. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 4(2), 193. https://doi.org/10.35931/am.v4i2.331.
Basyoni, A., Bee, M., S., H., Seng, G., & H. (2020). The effectiveness of using students’ created digital storytelling in enhancing Saudi ninth graders’ critical listening skills. Journal of Education and Social Sciences, 16(1), 58–72. https://doi.org/https://www.jesoc.com/wp-content/uploads/2020/12/JESOC16-030.pdf.
Dewi, N. K. S. (2021). EFL Pre-Service Teachers’ Perception of Their Readiness in Teaching Online during Covid-19 Pandemic. The Art of Teaching English as a Foreign Language, 2(2), 163–168. https://doi.org/10.36663/tatefl.v2i1.172.
Dwi Saputra, A., Nurul Fauziah, F., Suwandi, S., & Artikel, S. (2022). Pemanfaatan materi ajar bahasa Indonesia bermuatan kearifan lokal di SMA Negeri 1 Karanganyar (Utilization of Indonesian language teaching materials containing local wisdom at SMA Negeri 1 Karanganyar. KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 8(2), 335–348. https://doi.org/http://ejournal.umm.ac.id/index.php/kembara.
Effendi, R., Herpratiwi, H., & Sutiarso, S. (2021). Pengembangan LKPD Matematika Berbasis Problem Based Learning di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 920–929. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.846.
Eva, R. P. V. B., Sumantri, M. S., & Winarsih, M. (2020). Media Pembelajaran Abad 21: Komik Digital Untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 1–8. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/psdpd/article/view/17744.
Hamidi, N. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pendidikan Agama Islam Berbasis Adobe Flash Professional Cs6 Untuk Mendukung Implementasi Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 14(1), 109–130. https://doi.org/10.14421/jpai.2017.141-07.
Handayani, L. P., & Nurlizawati, N. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournament) untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Sosiologi Kelas Xl IPS 1 SMAN 1 Lubuk Basung. Naradidik: Journal of Education and Pedagogy, 1(3), 363–368. https://doi.org/10.24036/nara.v1i3.57.
Harahap, N. J. (2019). Mahasiswa dan Revolusi Industri 4.0. Ecobisma (Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen), 6(1), 70–78. https://doi.org/10.36987/ecobi.v6i1.38.
Hermawan, R., Rumaf, N., & Solehun, S. (2020). Pengaruh Literasi terhadap Keterampilan Membaca pada Siswa Kelas IV SD Inpres 12 Kabupaten Sorong. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 2(1), 56–63. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v2i1.411.
Heru. (2018). Pengembangan Multimedia Game Pembelajaran Matematika SMP. JMEN (Jurnal Math Educator Nusantara), 4(1), 1–14. https://doi.org/10.29407/jmen.v4i01.12003.
Hui, L., Bruin, A. B. H., Donkers, J., & Merriënboer, J. J. G. (2021). Stimulating the intention to change learning strategies: The role of narratives. International Journal of Educational Research, 107(February). https://doi.org/10.1016/j.ijer.2021.101753.
Juniari, I. G. A. O., & Putra, I. M. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Model DDD-E Pada Muatan Pelajaran IPA Kelas V SD. Jurnal Edutech Undiksha, 9(1). https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.33091.
Khoiriah, T. (2015). Strategi pembelajaran metakognitif terhadap hasil belajar siswa pada konsep sistem pencernaan pada manusia. Jurnal Pengajaran Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 20(2), 177–180. https://doi.org/10.18269/jpmipa.v20i2.581.
Kurniawan, I. K., Parmiti, D., & Kusmariyatni, N. (2020). Pembelajaran IPA dengan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Audio Visual Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 80. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28959.
Kusumawardani, N., Siswanto, J., & Purnamasari, V. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbantuan Media Poster Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(2), 170. https://doi.org/10.23887/jisd.v2i2.15487.
Lely, P., Prabawati, S., Ngurah, G., & Agustika, S. (2020). Project-Based Learning Based On Stem (Science, Technology, Engineering, And Mathematics) Enhancing Students Science Knowledge Competence. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(4), 621–629. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i4.26670.
Made Tegeh, I., Santyasa, W., Agustini, K., Santyadiputra, G. S., & Juniantari, M. (2022). Group Investigation Flipped Learning in Achieving of Students’ Critical and Creative Thinking Viewed from Their Cognitive Engagement in Learning Physics. Journal of Education Technology, 6(2), 350–362. https://doi.org/10.23887/jet.v.
Maruti, E. S. (2022). Ketahanan Literasi Anak-Anak di Masa Pandemi melalui Aplikasi Let’s Read (Children’s Literacy Resilience in a Pandemic Period Through the Let’s Read Application. Indonesian Language Education and Literature, 7(2), 247. https://doi.org/10.24235/ileal.v7i2.9298.
Metalin, A. M. I. P. A., Puspita, I., Puspitaningsih, F., & Diana, K. Y. (2020). Keefektifan Media Pembelajaran Powerpoint Interaktif untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. TANGGAP: Jurnal Riset Dan Inovasi Pendidikan Dasar, 1(1), 49–54. https://jurnal.stkippgritrenggalek.ac.id/index.php/tanggap/article/view/42.
Muspikawijaya, Iswari, R., & Marianti, A. (2017). Analisis Kesulitan Peserta Didik SMA/MA Kabupaten Luwu Timur dalam Memahami Konsep pada Materi Metabolisme Sel. Journal of Innovative Science Education, 6(2), 252–263. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jise/article/view/15439.
Normadhi, N. B. A., Shuib, L., Nasir, H. N. M., Bimba, A., Idris, N., & Balakrishnan, V. (2019). Identification of personal traits in adaptive learning environment: Systematic literature review. Computers & Education, 130, 168–190,. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2018.11.005.
Nur Jannah, I. (2020). Efektivitas Penggunaan Multimedia dalam Pembelajaran IPA di SD. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 54. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.24135.
Nur, S. M., & Rasjid, Y. (2019). Pengembangan Assesmen Autentik Berbasis Proyek pada Mata Kuliah Biologi Terapan Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation. Biology Teaching and Learning, 1(2). https://doi.org/10.35580/btl.v1i2.8176.
Nuragnia, B., Nadiroh, & Usman, H. (2021). Pembelajaran Steam Di Sekolah Dasar : Implementasi Dan Tantangan. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(2), 187–197. https://doi.org/10.24832/jpnk.v6i2.2388.
Prasetyo, F. (2018). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Powerpoint 2016 Pada Subtema 1 Manusia Dan Lingkungan Di Kelas V Sekolah Dasar. Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Powerpoint 2016 Pada Subtema 1 Manusia Dan Lingkungan Di Kelas V Sekolah Dasar.
Priyastuti, M. T., & S. (2020). Kepuasaan Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19. Journal of Language and Health, 1(2), 49–56. https://doi.org/10.37287/jlh.v1i2.383.
Rahmawati, F., & Atmojo, I. R. W. (2021). Analisis Media Digital Video Pembelajaran Abad 21 Menggunakan Aplikasi Canva Pada Pembelajaran IPA. Jurnal Basicedu, 5(6), 6271–6279. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1717.
Rapih, S., & Sutaryadi, S. (2018). Perpektif guru sekolah dasar terhadap Higher Order Tinking Skills (HOTS): pemahaman, penerapan dan hambatan. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 8(1), 78. https://doi.org/10.25273/pe.v8i1.2560.
Rasmani, U. E. E., Nurjanah, N. E., Widiastuti, Y. K. W., Mujiyati, S., & Agustina, P. (2022). Upaya Meningkatkan Pembelajaran Tematik Integratif pada Guru Pendidikan Anak Usia Dini melalui Pelatihan dan Pendampingan E-Learning. International Journal of Community Service Learning, 6(1), 61–68. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v6i1.41000.
Raspati, M. I., & Zulfiati, H. M. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif Menggunakan Powerpoint Dalam Pembelajaran Tematik. Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(2), 46–59. https://doi.org/10.33084/tunas.v5i2.1437.
Risma, D., Solfiah, Y., Satria, D., Guru, P., Anak, P., Dini, U., & Riau, U. (2020). Pengembangan Media Edukasi Perlindungan Anak untuk Mengurangi Kekerasan Pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1). https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.322.
Rohaeti, E. E., Bernard, M., & Novtiar, C. (2019). Pengembangan Media Visual Basic Application untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Siswa SMP dengan Pendekatan Open-Ended. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 3(2). https://doi.org/10.35706/sjme.v3i2.1897.
Rusmana, N., & Suprihatin, D. (2019). A quasi experiment on group exercises to improve students’ resilience. Journal of Physics: Conference Series, 1318(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1318/1/012128.
Sedyasih, K. N. (2020). Implementasi model pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan hasil belajar Sejarah pada siswa kelas X IPS 1 SMA Negeri 1 Sidoarjo Tahun Pelajaran 2018 / 2019. Journal of Indonesian Education, 3(1). https://journal.unusida.ac.id/index.php/jie/article/view/128.
Septikasari, R., & Frasandy, R. (2018). Keterampilan 4C Abad 21 Dalam Pembelajaran Pendidikan Dasar. Jurnal Tarbiyah Al Awlad, VIII, 107–117. https://doi.org/10.15548/alawlad.v8i2.1597
Setiadi, H. (2016). Pelaksanaan penilaian pada Kurikulum 2013. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 20(2). https://doi.org/10.21831/pep.v20i2.7173.
Sumarno. (2019). Pembelajaran kompetensi abad 21 menghadapi era Society 5.0. Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran), 3, 272–287. http://ojs.semdikjar.fkip.unpkediri.ac.id/index.php/SEMDIKJAR/article/view/28.
Syafi’ah, R. (2019). Analisis Muatan Nilai-Nilai Karakter Pada Buku Pegangan Siswa Ipa Smp Kelas VII Semester 2 Kurikulum 2013. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 9(1), 30–36. https://doi.org/10.24929/lensa.v1i1.61.
Syahidah, N. (2015). Metode pembelajaran mind mapping sebagai upaya mengembangkan kreativitas siswa dalam pembelajaran ekonomi. Prosiding Seminar Nasional, 108–117. https://core.ac.uk/download/pdf/33518646.pdf.
Tamu, S. D., Hulukati, E., & Djakaria, I. (2020). Pengembangan Modul dan Video Pembelajaran Matematika Persiapan Ujian Nasional pada Materi Dimensi Tiga. Jambura Journal of Mathematics Education, 1(1), 21–31. https://doi.org/10.34312/jmathedu.v1i1.4558.
Van, N. T., A., A. F., A., H., Fareed, A., & Daniel, D. (2021). “Digital Readiness for Social Educators in Health Care and Online Learning During the COVID-19 Pandemic: A Bibliometric Analysis.” International Journal of Interactive Mobile Technologies, 15(18), 104–15,. https://doi.org/10.3991/ijim.v15i18.25529.
Wen, J. M., Do, H. D., Liu, E. Z. F., Lin, C. H., & Huang. (2020). SK Educational board game and flashcard: Which is better for learners at beginner level of Chinese language? International Journal of Serious Games, 7(4), 89–104,. https://doi.org/10.17083/ijsg.v7i4.347.
Wijayanti, P. D., & Hartati, L. (2018). Pengembangan Modul Matematika Smk Teknologi Kelas X Semester Ganjil Terintegrasi Pendidikan Karakter Bangsa. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 11(2), 157–168. https://doi.org/10.30870/jppm.v11i2.3762.
Yurdakul, C. (2017). An Investigation of the Relationship between Autonomous Learning and Lifelong Learning. International Journal of Educational Research Review, 2(1), 15–20. https://doi.org/10.24331/ijere.309968.
Zain, A. A., & Pratiwi, W. (2021). Analisis Kebutuhan Pengembangan Media PowerPoint Interaktif Sebagai Media Pembelajaran Tematik Kelas V SD. Elementary School: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ke-SD-An, 8(1), 75–81. http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=2997005&val=27000.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Media dan Teknologi Pendidikan (JMTP) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)