Media Magic Box Berbasis Pendekatan Kontekstual Muatan Pelajaran Matematika Materi Bangun Datar Kelas IV Sekolah Dasar

Authors

  • Ni Wayan Swandewi Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Gusti Ngurah Sastra Agustika Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jmt.v4i3.80552

Keywords:

Magic Box, Pendekatan Kontekstual, Bangun Datar

Abstract

Pembelajaran matematika materi bangun datar di sekolah dasar masih belum optimal. Hal ini dikarenakan guru tidak menggunakan media untuk memvisualisasikan konsep absrtak pada materi, sehingga siswa sulit memahami materi. Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menganalisis efektivitas media magic box berbasis pendekatan kontekstual untuk siswa kelas IV SD. Subjek penelitian ini yakni siswa kelas IV yang berjumlah 34 siswa. Model pengembangan yang digunakan yakni ADDIE (analyze, design, development, implementation dan evaluation). Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yakni wawancara, kuisioner/angket dan tes. Instrumen yang digunakan yakni lembar kuisioner dan tes pilihan ganda. Teknik analisis data menggunakan analisis kuantitatif, kualitatif dan inferensial. Uji efektivitas menggunakan uji hipotesis (uji-t satu sampel). Sebelumnya terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat (normalitas). Hasil penelitan mendapatkan bahwa hasil post-test siswa kelas IV lebih dari nilai KKTP. Maka dapat disimpulkan bahwa pengguanan magic box berbasis pendekatan kontekstual efektif digunakan pada siswa kelas IV. Implikasi penelitian ini yakni diharapkan mampu menambah semangat belajar siswa.

Published

2024-11-23

How to Cite

Swandewi, N. W. ., & Agustika, G. N. S. . (2024). Media Magic Box Berbasis Pendekatan Kontekstual Muatan Pelajaran Matematika Materi Bangun Datar Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Media Dan Teknologi Pendidikan, 4(3). https://doi.org/10.23887/jmt.v4i3.80552