Media Magic Box Berbasis Pendekatan Kontekstual Muatan Pelajaran Matematika Materi Bangun Datar Kelas IV Sekolah Dasar

Authors

  • Ni Wayan Swandewi Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Gusti Ngurah Sastra Agustika Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jmt.v4i3.80552

Keywords:

Magic Box, Pendekatan Kontekstual, Bangun Datar

Abstract

Pembelajaran matematika materi bangun datar di sekolah dasar masih belum optimal. Hal ini dikarenakan guru tidak menggunakan media untuk memvisualisasikan konsep abstrak pada materi, sehingga siswa sulit memahami materi. Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menganalisis efektivitas media magic box berbasis pendekatan kontekstual untuk siswa kelas IV SD. Subjek penelitian ini yakni siswa kelas IV yang berjumlah 34 siswa. Model pengembangan yang digunakan yakni ADDIE (analyze, design, development, implementation dan evaluation). Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yakni wawancara, kuisioner/angket dan tes. Instrumen yang digunakan yakni lembar kuisioner dan tes pilihan ganda. Teknik analisis data menggunakan analisis kuantitatif, kualitatif dan inferensial. Uji efektivitas menggunakan uji hipotesis (uji-t satu sampel). Sebelumnya terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat (normalitas). Hasil penelitan mendapatkan bahwa hasil post-test siswa kelas IV lebih dari nilai KKTP. Maka dapat disimpulkan bahwa pengguanan magic box berbasis pendekatan kontekstual efektif digunakan pada siswa kelas IV. Implikasi penelitian ini yakni diharapkan mampu menambah semangat belajar siswa.

References

Adawiyah, R., Faiz, A., & Yuningsih, D. (2022). Pengembangan Media Magic Box Sikla (Siklus Air) pada Pembelajaran IPA Materi Siklus Air Kelas V. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 599–606. https://journal.ummat.ac.id/index.php/paedagoria/article/view/10412.

Aela, A. M., Fatih, M., & Alfi, C. (2023). Pengembangan Permainan Ular Tangga Berbasis Magic Box Untuk Meningkatkan Kemampuan Numerasi Siswa Kelas I SD. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 5260–5272. https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/8739.

Almomen, R. K., Kaufman, D., Alotaibi, H., Al-Rowais, N. A., Albeik, M., & Albattal, S. M. (2016). Applying the ADDIE—Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation—Instructional Design Model to Continuing Professional Development for Primary Care Physicians in Saudi Arabia. International Journal of Clinical Medicine. https://doi.org/10.4236/ijcm.2016.78059.

Antara, P. P. A., & Antara, P. A. (2019). The Analysis of Children’s Spatial Ability. 5th International Conference on Education and Technology (ICET 2019), 79–82. https://doi.org/10.2991/icet-19.2019.19.

Ariska, K., & Suyadi, S. (2020). Penggunaan Metode Show and Tell melalui Media Magic Box untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa dalam Pendidikan Anak Usia Dini. SELING: Jurnal Program Studi PGRA, 6(2), 102–114.

http://www.jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/seling/article/view/626.

Astri, N. K. D., Wiarta, I. W., & Wulandari, I. G. A. A. (2022). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Pendekatan Kontekstual Pada Mata Pelajaran Matematika Pokok Bahasan Bangun Datar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 575–585.

https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/4371.

Azizah, A., & Iklas, R. H. (2021). Keefektifan Model Pembelajaran Nobangan terhadap Nilai Kerja Sama Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5761–5773.

https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1567.

Boer, M., van den Eijnden, R. J. J. M., Boniel-Nissim, M., Wong, S. L., Inchley, J. C., Badura, P., Craig, W. M., Gobina, I., Kleszczewska, D., Klanšček, H. J., & Stevens, G. W. J. M. (2020). Adolescents’ Intense and Problematic Social Media Use and Their Well-Being in 29 Countries. Journal of Adolescent Health, 66(6), S89–S99. https://doi.org/10.1016/j.jadohealth.2020.02.014.

Faiz, A., Jannah, W. N., & Adawiyah, R. (2022). Penggunaan Media Magic Box Sikla di Sekolah Dasar. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 6(2), 477–489. https://doi.org/10.30651/else.v6i2.13677.

Fitrianti, I., Handayani, D. E., & YP, S. (2020). Keefektifan Media Magic Box Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Jaring-Jaring Bangun Ruang Sederhana. MIMBAR PGSD Undiksha, 8(2), 323–329. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i2.26677.

Hardiansyah, F., & Wahdian, A. (2023). Improving Science Learning Outcomes Through the Development of the Magic Card Box Learning Media. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 15(1), 823–833. https://doi.org/https://doi.org/10.35445/alishlah.v15i1.2711.

Hasanah, V., & Supriansyah, S. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Auditory, Intellectualy, Repetition (AIR) Berbantu Media Audio Visual Terhadap Rasa Percaya Diri Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 6893–6899. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3411.

Hidayat, F., & Muhamad, N. (2021). Model Addie (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Addie (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) Model in Islamic Education Learning. Jurnal Inovasi Pendidikan Agama Islam, 1(1), 28–37. https://www.academia.edu/download/111186059/pdf.pdf.

Ivanović, M., Putnik, Z., Komlenov, Ž., Welzer, T., Hölbl, M., & Schweighofer, T. (2013). Usability and privacy aspects of moodle: Students’ and teachers’ perspective. Informatica (Slovenia), 37(3), 221–230. https://www.informatica.si/index.php/informatica/article/download/451/455.

Lestari, S. (2021). Pembelajaran daring pada mata pelajaran matematika sekolah dasar. JMIE (Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education), 5(1), 141.

https://www.academia.edu/download/97331467/pdf.pdf.

Nareswari, N. L. P. S. R., Suarjana, I. M., & Sumantri, M. (2021). Belajar Matematika dengan LKPD Berbasis Kontekstual. Mimbar Ilmu, 26(2), 204. https://doi.org/10.23887/mi.v26i2.35691.

Nia, P., Widyaputri, S., Ngurah, G., & Agustika, S. (2021). Media Pembelajaran Matematika pada Pokok Bahasan Pecahan dengan Pendekatan Kontekstual. Journal for Lesson and Learning Studies, 4(1), 45–52. https://doi.org/10.23887/jlls.v4i1.32741.

Nisa, H., Setiawan, D., & Waluyo, E. (2023). Bagaimana model problem based-learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa sekolah dasar? Jurnal Penelitian Tindakan Kelas, 1(2). https://doi.org/10.61650/jptk.v1i2.145.

Pendy, A., Suryani, L., & Mbagho, H. M. (2021). Analisis Keefektifan Pembelajaran Online di Masa Pandemi Covid-19 pada Mahasiswa Pendidikan Matematika. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 19–27. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.1661.

Prananda, G., Friska, S. Y., & Susilawati, W. O. (2021). Pengaruh Media Konkret Terhadap Hasil Belajar Materi Operasi Hitung Campuran Bilangan Bulat Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. JEMS: Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 9(1), 1–10. https://doi.org/10.25273/jems.v9i1.8421.

Prasetya, T. A., & Harjanto, C. T. (2020). Pengaruh mutu pembelajaran online dan tingkat kepuasan mahasiswa terhadap hasil belajar saat pandemi Covid19. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 17(2), 188–197.

https://www.academia.edu/download/64750317/559_Article_Text_1129_1_10_20200626.pdf.

Putra, A., & Milenia, I. F. (2021). Systematic literature review: media komik dalam pembelajaran matematika. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 30–43.

https://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/jurnalmathema/article/view/951.

Sania, L., Disurya, R., & Hera, T. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Magic Box pada Mata Pelajaran Matematika di SD Negeri 17 Rantau Bayur. Indonesian Research Journal on Education, 2(2), 765–772. http://irje.org/index.php/irje/article/view/192.

Sari, Dwi Nopita, Lian, B., & Hetilaniar, H. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran Magic Box (Kotak Ajaib) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2), 9120–9127.

http://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/1483.

Sari, Dwi Novita, & Armanto, D. (2022). Matematika dalam filsafat pendidikan. AXIOM: Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 10(2), 202–209.

https://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/axiom/article/view/10302.

Simamora, L. H., Hasibuan, H. B., & Lubis, Z. (2019). Pengaruh Penerapan Permainan Magic Box (Kotak Misteri) Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia 5-6 Tahun Di Ra Al-Fajar Medan Denai. Jurnal Raudhah, 7(2). https://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/raudhah/article/view/506.

Sundayana, R. (2018). Statistika Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Syahputra, A. (2022). Meningkatkan Kemampuan Guru Pertama dalam Merumuskan Tujuan Pembelajaran dan Materi Pembelajaran pada RPP melalui Bimbingan. Ability: Journal of Education and Social Analysis, 123–139. https://pusdikra-publishing.com/index.php/jesa/article/view/536.

Tasya, N., & Abadi, A. P. (2019). Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa. Sesiomedika, 2(1), 660–662. http://repository.lppm.unila.ac.id/9533/.

Zakiah, N. E., Sunaryo, Y., & Amam, A. (2019). Implementasi pendekatan kontekstual pada model pembelajaran berbasis masalah berdasarkan langkah-langkah polya. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 4(2), 111–120. https://jurnal.unigal.ac.id/teorema/article/view/2706.

Downloads

Published

2024-07-25

How to Cite

Swandewi, N. W. ., & Agustika, G. N. S. . (2024). Media Magic Box Berbasis Pendekatan Kontekstual Muatan Pelajaran Matematika Materi Bangun Datar Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Media Dan Teknologi Pendidikan, 4(3), 420–428. https://doi.org/10.23887/jmt.v4i3.80552

Issue

Section

Articles