E-Modul Fikih Berbasis Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Madrasah Ibtidaiyah
DOI:
https://doi.org/10.23887/jmt.v4i4.83690Keywords:
Problem Based Learning, Berpikir Kritis, E-ModulAbstract
Kurangnya bahan ajar yang efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada pelajaran Fikih. Sumber belajar yang digunakan hanya berupa buku teks yang diperoleh dari sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan E-Modul Fikih berbasis Problem based learning yang valid, praktis dan efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analyse, Design, Development, Implementation, and Evaluate). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan tes. Instrumen penelitian berupa kuesioner validitas dan kepraktisan, tes kemampuan berpikir kritis. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, deskriptif kuantitatif, dan analisis statistik uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa E-Modul dinyatakan valid dengan hasil review ahli isi pembelajaran sebesar 95% (sangat baik), ahli media pembelajaran sebesar 92% (sangat baik), ahli desain pembelajaran sebesar 94% (sangat baik), uji kepraktisan sebesar 91% (sangat praktis), uji-t dengan taraf signifikansi α = 0.05 diperoleh nilai Sig (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Dengan demikian terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan berpikir kritis siswa sebelum dan sesudah diterapkan E-Modul. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa E-Modul Fikih berbasis problem based learning valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa Madrasah Ibtidaiyah.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ramadhan Apriadi, Ketut Agustini, Ni Nyoman Parwati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Media dan Teknologi Pendidikan (JMTP) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)