E-Modul Berbasis Problem Based Learning pada Mata Pelajaran Informatika Kelas X Sekolah Menengah Atas
DOI:
https://doi.org/10.23887/jmt.v4i4.83614Keywords:
E-Modul, Problem Based Learning, Informatika, Berpikir KritisAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dari kurangnya bahan ajar yang mampu meningkatkan keaktifan dan kemampuan berpikir kritis siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan e-modul berbasis problem based learning mata pelajaran informatika yang valid, praktis dan efektif meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluate). Data yang dikumpulkan dalam bentuk data kuantitatif dan kualitatif, dengan instrumen angket digunakan untuk validasi para ahli dan uji kepraktisan. Instrumen tes digunakan untuk pretest dan posttest siswa dengan teknik analisis statistik inferensial (uji-t). Hasil penelitian yang diperoleh yaitu; E-Modul berbasis problem based learning mata pelajaran informatika berhasil dikembangkan melalui tahapan ADDIE. E-Modul dinyatakan valid dengan hasil review ahli isi pembelajaran sebesar 92% (sangat baik), ahli media pembelajaran sebesar 91% (sangat baik), dan ahli desain pembelajaran sebesar 93% (sangat baik). E-Modul dinyatakan praktis dengan hasil review sebesar 96.5% (sangat baik). Uji keefektifan dilakukan dengan mengukur hasil uji-t dengan taraf signifikansi α = 0.05, diperoleh nilai Sig (2-tailed) sebesar 0,001 < 0,05. Dengan demikian terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan berpikir kritis siswa sebelum dan sesudah diterapkan e-modul. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa e-modul berbasis problem based learning mata pelajaran informatika valid, praktis dan efektif meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 I Gusti Bagus Suyadnya, Ketut Agustini, I Komang Sudarma
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Media dan Teknologi Pendidikan (JMTP) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)