Model Case Based Learning Berbantuan Video Kontekstual terhadap Kemampuan Literasi Sains dan Keterampilan Berpikir Kreatif dalam Pembelajaran Fisika
DOI:
https://doi.org/10.23887/jmt.v4i2.79930Keywords:
Model Case Based Learning, Video Kontekstual, Kemampuan Literasi Sains, Keterampilan Berpikir KreatifAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil PISA dan TIMSS yang menunjukkan bahwa kemampuan literasi sains dan kemampuan pemecahan masalah dalam bidang sains masih rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perbedaan pengaruh model case based learning berbantuan video kontekstual terhadap kemampuan literasi sains dan keterampilan berpikir kreatif siswa dalam pembelajaran fisika kelas XI SMA. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan non equivalent pretest-posttest control group design. Populasi penelitian sebanyak 167 peserta didik, dengan sampel sebanyak 102 peserta didik yang ditetapkan dengan teknik simple random sampling. Data kemampuan literasi sains dan keterampilan berpikir kreatif fisika dikumpulkan dengan tes essay. Analisis data menggunakan uji statistik Multivariat Analysis of Covarian (MANCOVA) satu jalur. Pengujian hipotesis menggunakan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan kemampuan literasi sains dan keterampilan berpikir kreatif fisika secara bersama-sama antara kelompok model case based learning berbantuan video kontekstual, model case based learning dan model direct instruction; (2) terdapat perbedaan kemampuan literasi sains fisika dan keterampilan berpikir kreatif antara kelompok model case based learning berbantuan video kontekstual, model case based learning dan model direct instruction. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model case based learning berbantuan video kontekstual secara signifikan berpengaruh terhadap kemampuan literasi sains dan keterampilan berpikir kreatif dalam pembelajaran fisika kelas XI SMA.
References
Abidin, Y., Mulyati, T., & Yunansah, H. (2017). Developing Literacy Learning Model Based On Multi Literacy, Integrated, And Differentiated Concept At Primary School. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 36(2), 156–166. https://doi.org/10.21831/cp.v36i2.13283.
Adifta, E. D., Murni, A., & Roza, Y. (2022). Desain Perangkat Pembelajaran Daring Menggunakna Model Problem Based Learning dengan Pendekatan STEAM pada Materi Barisan dan Deret. PRISMA (Prosiding Seminar Nasional Matematika), 98–105. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/54346.
Agustin, S., Asrizal, A., & Festiyed, F. (2021). Analisis Pengaruh Bahan Ajar IPA Bermuatan Literasi Sains Terhadap Hasil Belajar Siswa SMP/MTs. Jurnal IPA & Pembelajaran IPA, 5(2), 125–137. https://doi.org/10.24815/jipi.v5i2.19606.
Alifah, S. (2021). Peningkatan Kualitas Pendidikan Di Indonesia Untuk Mengejar Ketertinggalan Dari Negara Lain. Cermin: Jurnal Penelitian, 5(1), 113. https://doi.org/10.36841/cermin_unars.v5i1.968.
Amin, M. (2017). Sadar Berprofesi Guru Sains, Sadar Literasi : Tantangan Guru di Abad 21. Prosiding Seminar Nasional III Tahun 2017 “Biologi, Pembelajaran, Dan Lingkungan Hidup Perspektif Interdisipliner,” April, 9–20. http://research-report.umm.ac.id/index.php/research-report/article/view/967.
Aprilliyah. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Modul Interaktif Pada Materi Jurnal Khusus Kelas X Akuntansi di SMK Negeri Mojoagung. Jurnal Khusus, 2(2), 1–7. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/35/article/view/9412.
Ar, S. N. K., Sindi, S., Nurazmi, N., Fiskawarni, T. H., & Misa, Y. R. (2023). Case Based Learning Pada Pembelajaran Fisika Di SMK Negeri 2 Pangkep. Jurnal Phi Jurnal Pendidikan Fisika Dan Fisika Terapan, 4(1), 1–6. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/jurnalphi/article/view/16929.
Arianto, H., Niswatul, H., Jurusan, F., Ilmu, T., Alam, P., Tarbiyah, F., & Keguruan, I. (2020). Students’ Response to the Implementation of Case Based Learning (CBL) Based on HOTS in Junior High School Article Information. NSECTA: Integrative Science Education and Teaching Activity Journal, 1(1), 45–49. https://jurnal.iainponorogo.ac.id/index.php/insecta.
Asri, Y. N. (2018). Pembelajaran Berbasis Stem Melalui Pelatihan Robotika. WaPFi (Wahana Pendidikan Fisika), 3(2), 74. https://doi.org/10.17509/wapfi.v3i2.13735.
Bojko, A. (2013). Eye Tracking The User Experience. Rosenfeld Media.
Damarjati, S., & Miatun, A. (2020). Pengembangan Game Edukasi Berbasis Android sebagai Media Pembelajaran Berorientasi pada Kemampuan Berpikir Kritis. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(2), 164–175. https://doi.org/10.24176/anargya.v4i2.6442.
Dudek, J., & Heiser, R. (2017). Elements, principles, and critical inquiry for identity-centered design of online environments. Journal of Distance Education, 32(2), 1–18. https://search.proquest.com/openview/36da03443bbbdec42efcb9d7d1ceb2d8/1?pq-origsite=gscholar&cbl=446313.
Faturohman, I., & Afriansyah, E. A. (2020). Peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa melalui creative problem solving. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 107–118. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i1.562.
Firmansyah, A., & Rizal, R. (2019). Potret Keterampilan Berpikir Kritis dan Motivasi Berprestasi Mahasiswa PGSD Universitas Tadulako. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 9(2), 103–109. https://doi.org/10.21067/jip.v9i2.3323.
Hadi, S., & Novaliyosi. (2019). TIMSS Indonesia (Trends in International Mathematics and Science Study). Prosiding Seminar Nasional & Call For Papers, 562–569. http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/sncp/article/view/1096.
Handayani, T. (2021). Pengembangan Media Komik Digital Berbasis STEM untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 5(3), 737–756. https://doi.org/10.26811/didaktika.v5i3.343
Hardiyanti, W. D. (2020). Aplikasi bermain berdasarkan kegiatan seni lukis untuk stimulasi kreativitas anak usia 5-6 tahun. Jurnal Pendidikan Anak, 9(2), 134–139. https://doi.org/10.21831/jpa.v9i2.31664.
Hewi, & Shaleh. (2020). Reflection of PISA (The Program For International Student Assessment) Results: Improvement Efforts Relying on Early Childhood Education. Journal Golden Age, 4(1), 30–41. https://doi.org/10.29408/goldenage.v4i01.2018.
Insyasiska, D., Zubaidah, S., & Susilo, H. (2017). Pengaruh project based learning terhadap motivasi belajar, kreativitas, kemampuan berpikir kritis, dan kemampuan kognitif siswa pada pembelajaran biologi. ,. Jurnal Pendidikan Biologi, 7(1), 9–21. https://doi.org/10.17977/um052v7i1p9-21.
Irawan, D. C., Rafiq, A., & Utami, F. B. (2021). Media Video Animasi Guna Meningkatkan Sikap Tanggung Jawab Pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(2). https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.37756.
Iswara, E., Juandi, D., & Sitasi, C. (2021). Students’ Critical Thinking Skills in Solving on The Topic of Sequences and Series. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(3), 385–394. https://doi.org/10.31980/plusminus.v1i3.1317.
Kartono, G., U., & Siregar, N. (2023). The Implementation of Diversity Values Through Civic Education Subjects of Harapan Ibu Islamic High School South Jakarta. JAGADDHITA, 22–32. https://search.proquest.com/openview/3a578a072854361bb20ff2f579a89080/1?pq-origsite=gscholar&cbl=2040555.
Khofifah, S., & Ramadan, Z. H. (2021). Literacy conditions of reading, writing and calculating for elementary school students. Journal of Educational Research and Evaluation, 5(3), 342–349. https://doi.org/10.23887/jere.v5i3.37429.
Khotijah, K., Arsini, A., & Anggita, S. R. (2019). Pengembangan Praktikum Fisika Materi Hukum Kekekalan Momentum Menggunakan Aplikasi Video Tracker. Physics Education Research Journal, 1(1), 37. https://doi.org/10.21580/perj.2019.1.1.3961.
Khumairoh, A., & Pandin, M. G. R. (2022). Pentingnya Penanaman Pendidikan Karakter Dalam Menghadapi Era Globalisasi Bagi Generasi Abad Ke-21. Jurnal Pendidikan Karakter, 12(1), 27–37. https://scholar.archive.org/work/prha3er3r5dwzblod7stubto5q/access/wayback/https://journal.uny.ac.id/index.php/jpka/article/download/41787/pdf.
Mahardika, A. B. S., & Mustaji. (2020). Pengembangan Media Video Animasi Motion Graphic Materi Bentuk- Bentuk Kerjasama Asean Pelajaran IPS Bagi Siswa Kelas VIII Di SMPN 24 Surabaya. Jurnal Mahasiswa Teknologi Mahardika, 10(15), 1–8. https://core.ac.uk/download/pdf/322567973.pdf.
Maison, M., Kurniawan, D. A., & Pratiwi, N. I. S. (2020). Pendidikan sains di sekolah menengah pertama perkotaan: Bagaimana sikap dan keaktifan belajar siswa terhadap sains? Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 6(2), 135–145. https://doi.org/10.21831/jipi.v6i2.32425.
Majid, N. A. (2017). The importance of teachers’ interpersonal communication skills in enhancing the quality of teaching and learning. World Applied Sciences Journal, 35(6), 924–929. https://doi.org/10.5829/idosi.wasj.2017.924.929.
Manggus, M. Y., Srimaya Inggo, M., Melania, M., Bhena, O., Weo, M. S., Yasinta Baka, M., Tai, Y., Lawe, Y. U., Studi, P., Guru, P., Dasar, S., & Citra Bakti, S. (2023). Implementasi Metode Ceramah Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar. Jurnal Citra Pendidikan Anak, 2(4), 125. https://doi.org/https://doi.org/10.38048/jcpa.v2i1.1545.
Meiarti, D. (2021). Profil Profil Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik SMK. JIPFRI (Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika Dan Riset Ilmiah), 5(2), 116–121. https://doi.org/10.30599/jipfri.v5i2.684.
Morrar, R., Arman, H., & Mousa, S. (2017). The fourth industrial revolution (Industry 4.0): A social innovation perspective. Technology Innovation Management Review, 7(11), 12–20. https://timreview.ca/sites/default/files/Issue_PDF/TIMReview_November2017.pdf#page=12.
Muhali, M. (2019). Pembelajaran Inovatif Abad Ke-21. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 3(2), 25–50. https://doi.org/10.36312/e-saintika.v3i2.126.
Muhammad, E. B., Sholichah, A. S., & Aziz, J. A. (2019). Pengaruh Budaya Membaca Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Di Smp Islam Al Syukro Universal Ciputat Tahun 2019. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam Dan Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 332–343. https://doi.org/10.36671/andragogi.v1i2.61.
Nurmayanti, F., Bakri, F., & Budi, E. (2015). Pengembangan Modul Elektronik Fisika dengan Strategi PDEODE pada Pokok Bahasan Teori Kinetik Gas untuk Siswa Kelas XI SMA. Prosiding Simposium Nasional Inovasi Dan Pembelajaran Sains 2015 (SNIPS 2015), 337–340. http://repository.unj.ac.id/28222/.
Özer, M., & Bilgisi Öz, M. (2020). What Does PISA Tell Us About Performance of Education Systems? PISA Eğitim Sistemlerinin Performansı Hakkında Bize Ne Söylüyor? Bartın University Journal of Faculty of Education, 9(2), 217–228. https://doi.org/10.14686/buefad.697153.
Pratiwi, S., Cari, C., & Aminah, N. (2019). Pembelajaran IPA Abad 21 dengan Literasi Sains Siswa. Jurnal Materi Dan Pembelajaran Fisika (JMPF), 9(1), 34–42. https://doi.org/10.20961/jmpf.v9i1.31612.
Rachman, T. A., Latipah, E., Zaqiah, Q. Y., & Erihadiana, M. (2021). Curriculum Innovation to Improve Indonesian Education in PISA International Assessment in Disruptive Education Era. ICLIQE ’21: Proceedings of the 5th International Conference on Learning Innovation and Quality Education, 1–8. https://doi.org/10.1145/3516875.3516899.
Raharjo, S. B. (2018). Evaluasi Trend Kualitas Pendidikan Di Indonesia. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 16(2), 511–532. https://doi.org/10.21831/pep.v16i2.1129.
Saat, R. M., Fadzil, H. M., Aziz, N. A. A., Haron, K., Rashid, K. A., & Shamsuar, N. R. (2016). Development of an online three-tier diagnostic test to assess pre-university students’ understanding of cellular respiration. Journal of Baltic Science Education, 15(4), 532. https://search.proquest.com/openview/3bc0f381fa7e5fd087e3bda79f093ee0/1?pq-origsite=gscholar&cbl=4477238.
Safitri, K. (2020). Pentingnya Pendidikan Karakter Untuk Siswa Sekolah Dasar dalam Menghadapi Era Globalisasi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(1). https://doi.org/10.31004/jptam.v4i1.456.
Sari, I. P. (2015). Penerapan Model Problem Based Learning (Pbl) Berbantuan Media Kartu Bergambar Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Fisika Smk Negeri Di Kabupaten Jember. Jurnal Pembelajaran Fisika, 4(6), 268–273. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPF/article/view/2649.
Septikasari, R., & Frasandy, R. (2018). Keterampilan 4C Abad 21 Dalam Pembelajaran Pendidikan Dasar. Jurnal Tarbiyah Al Awlad, VIII, 107–117. https://doi.org/10.15548/alawlad.v8i2.1597.
Solikha, W. K. S., Imro’atus, A. S., Rahmawati, A. A. ., & Shafira, N. (2021). Gerakan Literasi Sains melalui Pengenalan STEAM pa. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat, 6(2), 702–709. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.21067/jpm.v6i2.5835.
Sumarni, W., Wijayati, N., & Supanti, S. (2019). Kemampuan Kognitif Dan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Proyek Berpendekatan Stem. J-PEK (Jurnal Pembelajaran Kimia), 4(1), 18–30. https://doi.org/10.17977/um026v4i12019p018.
Sumarno. (2019). Pembelajaran kompetensi abad 21 menghadapi era Society 5.0. Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran), 3, 272–287. http://ojs.semdikjar.fkip.unpkediri.ac.id/index.php/SEMDIKJAR/article/view/28.
Syarafina, D. N., Dewi, E. R., & Amiyani, R. (2017). Penerapan Case Based Learning (CBL) sebagai Pembelajaran Matematika yang Inovatif. In Prosiding Seminar Matematika Dan Pendidikan Matematika UNY, 978–602. http://seminar.uny.ac.id/semnasmatematika/sites/seminar.uny.ac.id.semnasmatematika/files/full/M-37.pdf.
Tamu, S. D., Hulukati, E., & Djakaria, I. (2020). Pengembangan Modul dan Video Pembelajaran Matematika Persiapan Ujian Nasional pada Materi Dimensi Tiga. Jambura Journal of Mathematics Education, 1(1), 21–31. https://doi.org/10.34312/jmathedu.v1i1.4558.
Thyer, B. A. (2012). Quasi-Experimental Research Design. Oxford University Press, Inc.
Uswatun Chasanah, A. R., Khoiri, N., & Nuroso, H. (2016). Efektivitas Model Project Based Learning terhadap Keterampilan Proses Sains dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Pokok Bahasan Kalor Kelas X SMAN 1 Wonosegoro Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 7(1), 19–24. https://doi.org/10.26877/jp2f.v7i1.1149.
Wati, D. A., & Sunarti, T. (2020). Implementation of Case Based Learning (CBL) to Improve Scientific Reasoning Skill on Simple Harmonic Vibration Topic. Journal of Physics: Conference Series, 1491(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1491/1/012040.
Weranti, S. E. (2017). Pengaruh Media Diorama Tiga Dimensi Terhadap Hasil Belajar Kognitif Materi Mengenal Penggunaan Uang Pada Mapel IPS Kelas III SDN Balong Bowo. JICTE (Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komputer, 1(1). https://doi.org/10.21070/jicte.v1i1.1186.
Widiastuti, Y., Ilma, R., & Putri, I. (2018). Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Pembelajaran Operasi Pecahan Menggunakan Pendekatan Open-Ended. Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2), 13–22. https://repository.unsri.ac.id/15916/.
Wulandari, N., & Sholihin, H. (2016). Analisis Kemampuan Literasi Sains pada Aspek Pengetahuan dan Kompetensi Sains Siswa SMP pada Materi Kalor. EDUSAINS, 8(1), 66–73. https://doi.org/10.15408/es.v8i1.1762.
Yuliati, Y. (2017). Literasi sains dalam pembelajaran IPA. Jurnal Cakrawala Pendas, 3(2), 21–28. https://doi.org/10.31949/jcp.v3i2.592.
Zubaidah, S. (2018). Mengenal 4C: Learning and Innovation Skills untuk Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. 2nd Science Education National Conference, 2(2), 1–18. https://www.researchgate.net/profile/siti-zubaidah-7/publication/318013627.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Media dan Teknologi Pendidikan (JMTP) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)