Dampak Model Discovery Learning Berbantuan Media Audiovisual terhadap Keterampilan Menulis Laporan dan Minat Belajar Siswa Sekolah Menengah Atas
DOI:
https://doi.org/10.23887/jmt.v4i2.81456Keywords:
discovery learning, media audiovisual, keterampilan menulis, minat belajarAbstract
Pemanfaatan teknologi juga harus diimbangi dengan perubahan paradigma pembelajaran yang berpusat pada siswa (students centered learning). Hal ini untuk lebih memberdayakan siswa agar mampu mengembangkan potensi yang dimilikinya selama proses pembelajaran. Penelitian eksperimen ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model discovery learning berbantuan media audiovisual terhadap keterampilan menulis laporan dan minat belajar siswa. Penelitian ini dilakukan di sekolah menengah atas dengan populasi siswa kelas XI sebanyak 328. Teknik sampling menggunakan cluster random sampling, 180 siswa terpilih sebagai sampel penelitian dalam kelas eksperimen dan kontrol. Data penelitian dikumpulkan dengan 2 instrumen utama yang digunakan, tes keterampilan menulis laporan dan kuesioner minat belajar. Data yang diperloleh selanjutnya dianalisis dengan menggunakan multivariate analysis of variance pada taraf signifikansi 0,05. Hasil analisis menunjukan bahwa keterampilan menulis laporan dan minat belajar siswa yang belajar dengan model discovery learning berbantuan media audiovisual daripada mereka yang belajar dengan model konvensional. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model discovery learning berbantuan media audiovisual berpengaruh signifikan terhadap keterampilan menulis laporan dan minat belajar siswa baik secara simultan maupun terpisah.
References
Afriza, D. (2022). Comparison of The Learning Outcomes of Junior High School Students Utilizing Audio-Visual and Chart Learning Media to Study Ecosystem. Journal of Science and Technological Education, 1(1), 48–57. https://meta.amiin.or.id/index.php/meta/article/view/4.
Aisyah, S., Riyanto, Y., & Suhanadji, S. (2021). Pengaruh model pembelajaran treffinger terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Jurnal Riset Dan Inovasi Pembelajaran, 1(1), 1–10. https://doi.org/10.51574/jrip.v1i1.7.
Al Mamun, M. A., Lawrie, G., & Wright, T. (2022). Exploration of learner-content interactions and learning approaches: The role of guided inquiry in the self-directed online environments. Computers & Education, 178, 104398. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2021.104398.
Alhayat, A., Utami, T., & Yustikarini, R. (2023). The Relevance of the Project-Based Learning (PjBL) Learning Model with Kurikulum Merdeka Belajar Amsal. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 7, 1–23. https://doi.org/10.20961/jdc.v7i1.69363.
Andini, N. P. M. (2022). Pengembangan Multimedia Interaktif berbasis Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Sistem Pencernaan Manusia Kelas V SD. Jurnal Media Dan Teknologi Pendidikan, 2(1), 41–51. https://doi.org/10.23887/jmt.v2i1.44839.
Anggraini, R. D., Murni, A., & Sakur. (2018). Differences in students’ learning outcomes between discovery learning and conventional learning models. Journal of Physics: Conference Series, 1088, 6–11. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1088/1/012070.
Anggraini, S. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Auditory Intellectualy Repetition (AIR) Menggunakan Media Video Terhadap Minat Belajar Matematika Siswa SMP Tahun Pelajaran 2020/2021.
Ariana, D., Situmorang, R. P., & Krave, A. S. (2020). Pengembangan Modul Berbasis Discovery Learning Pada Materi Jaringan Tumbuhan Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Siswa Kelas XI IPA SMA. Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 11(1), 34. https://doi.org/10.26418/jpmipa.v11i1.31381.
Asrul, Ridlo, S., & Susilo. (2018). Creative Thinking Analysis, Motivation and Concept Mastery on Learning of Cooperative Discovery Model in Elementary School. Journal of Primary Education, 07(1), 48–56. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpe/article/view/21736.
Astawa, I. W. W., Putra, M., & Abadi, I. . G. S. (2020). Pembelajaran PPKn dengan Model VCT Bermuatan Nilai Karakter Meningkatkan Kompetensi Pengetahuan Siswa. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 3(2), 199. https://doi.org/10.23887/jp2.v3i2.25677.
Binmahboob, T. (2020). YouTube as a Learning Tool to Improve Students’ Speaking Skills as Perceived by EFL Teachers in Secondary School. International Journal of Applied Linguistics and English Literature, 9(6), 13. https://doi.org/10.7575/aiac.ijalel.v.9n.6p.13.
Blumberg, F. C., & Fisch, S. M. (2013). Introduction: Digital games as a context for cognitive development, learning, and developmental research. New Directions for Child and Adolescent Development, 139, 1–9. https://doi.org/10.1002/cad.20026.
Bylund, E., & Athanasopoulos, P. (2015). Televised Whorf: Cognitive Restructuring in Advanced Foreign Language Learners as a Function of Audiovisual Media Exposure. The Modern Language Journal, 99(1), 123–137. https://doi.org/10.1111/j.1540-4781.2015.12182.x.
Cholilah, M., Tatuwo, A. G. P., Komariah, Rosdiana, S. P., & Fatirul, A. N. (2023). Pengembangan Kurikulum Merdeka Dalam Satuan Pendidikan Serta Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Abad 21. Sanskara Pendidikan Dan Pengajaran, 1(2), 56–67. https://doi.org/10.58812/spp.v1i02.110.
Cole, J., & Feng, J. (2015). Effective strategies for improving writing skills of elementary English language learners. Chinese American Educational Research and Development Association Annual Conference, 1–25. https://eric.ed.gov/?id=ED556123.
Cookson, M. D., & Stirk, P. M. R. (2019). Developing Students’ Writing Skill in English - A Process Approach. Journal for Research Scholars and Professionals of English Language Teaching, 2(6). https://www.researchgate.net/profile/V-Chandra-Rao/publication/325489625_Developing_Students’_Writing_Skills_in_English-A_Process_Approach/links/5b113854a6fdcc4611da2674/Developing-Students-Writing-Skills-in-English-A-Process-Approach.pdf.
Corredor, J., Gaydos, M., & Squire, K. (2014). Seeing Change in Time: Video Games to Teach About Temporal Change in Scientific Phenomena. J Sci Educ Technol, 2(3), 324–343. https://doi.org/10.1007/s10956-013-9466-4.
Darma Putra, I. G., & Sujana, I. W. (2020). Hasil belajar IPS menggunakan Kolaborasi Model Discovery Learning Berbasis Media Animasi. Journal of Education Technology, 4(2), 103. https://doi.org/10.23887/jet.v4i2.25099.
Dewi, N. K. S. (2021). EFL Pre-Service Teachers’ Perception of Their Readiness in Teaching Online during Covid-19 Pandemic. The Art of Teaching English as a Foreign Language, 2(2), 163–168. https://doi.org/10.36663/tatefl.v2i1.172.
Edi, S., & Rosnawati, R. (2021). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran Matematika Model Discovery Learning. Jurnal Nasional Pendidikan Matematika, 5(2), 234. https://doi.org/10.33603/jnpm.v5i2.3604.
Fatmawati, E., & Safitri, E. (2020). Kemampuan Literasi Informasi Dan Teknologi Mahasiswa Calon Guru Menghadapi Pembelajaran Di Era Revolusi Industri 4.0. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 18(2), 214. https://doi.org/10.31571/edukasi.v18i2.1863.
Fatmawati, N. L. (2021). Pengembangan Video Animasi Powtoon Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Inggris Usia Sekolah Dasar di Masa Pandemi. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 26(1), 65–77. https://doi.org/10.24090/insania.v26i1.4834.
Febriani, M. (2021). IPS Dalam Pendekatan Konstruktivisme (Studi Kasus Budaya Melayu Jambi). Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(1), 61. https://doi.org/10.37905/aksara.7.1.61-66.2021
Fitrihana, N., Ekawatiningsih, P., Chayati, I., Asiatun, K., & Tritanti, A. (2014). Kajian Tracer Study LulusanJurusan PTBB FT UNY Tahun 2012. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 22(1), 55–65. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jptk.v22i1.8837.
Friantary, H., & Martina, F. (2018). Evaluasi Implementasi Penilaian Hasil Belajar Berdasarkan Kurikulum 2013 oleh Guru Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia di MTS Ja-Alhaq Kota Bengkulu. Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, Dan Asing, 1(2), 76–95. https://doi.org/10.31540/silamparibisa.v1i2.202.
Gulo, A. (2022). Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Ekosistem. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 307–313. https://doi.org/10.56248/educativo.v1i1.54.
Hambali, U. N., Natsir, R. Y., & Nasir, N. (2023). Tinjauan Literatur tentang Integrasi Teknologi dalam Proses Pembelajaran Keterampilan Bahasa Inggris. Jurnal Dieksis ID, 3(2), 128–141. https://doi.org/10.54065/dieksis.3.2.2023.346.
Hasibuan, A. T., & Prastowo, A. (2019). Konsep Pendidikan Abad 21: Kepemimpinan Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Sd/Mi. MAGISTRA: Media Pengembangan Ilmu Pendidikan Dasar Dan Keislaman, 10(1), 26–50. https://doi.org/10.31942/mgs.v10i1.2714.
Helista, C. N., Puspitasari, O., Prima, S. A., & Anggraini, Y. D. (2021). Buku panduan guru: Capaian pembelajaran elemen jati diri untuk satuan PAUD. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Indahsari, L., & Sumirat, S. (2023). Implementasi Teknologi Augmented Reality dalam Pembelajaran Interaktif. Cognoscere: Jurnal Komunikasi Dan Media Pendidikan, 1(1), 7–11. https://doi.org/10.61292/cognoscere.v1i1.20.
Irawaty, E., Widjaja, E. M., & Sanjaya, J. (2021). Peningkatan Kualitas Belajar Dalam Menghadapi Pembelajaran Daring. Prosiding SENAPENMAS, 985. https://doi.org/10.24912/psenapenmas.v0i0.15131.
Istiqomah, N., & Siswono, T. Y. E. (2020). Pengaruh Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Metakognitif dan Pemecahan Masalah Matematika di Kelas XI SMA Negeri 1 Jombang. MATHedunesa: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 9(2), 422–429. https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v9n2.p422-429.
Jacob, R. J., & Karn, K. S. (2003). Eye tracking in human-computer interaction and usability research: Ready to deliver the promises. In The Mind’s Eye, 573–605. https://doi.org/10.1016/B978-044451020-4/50031-1.
Jayadiningrat, M. G., Putra, K. A. A., & Putra, P. S. E. A. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa MAN 1 Lombok Timur. Jurnal Pendidikan Kimia Undiksh, 3(2), 101. https://doi.org/10.33394/jtp.v6i1.3720.
Kumala, D. R., Rohmah, Z., & Hidayatulloh, M. K. Y. (2020). Pendampingan Belajar Menggunakan Media Ular Tangga Pembelajaran Bahasa Inggris Siswa SD di Bandarkedungmulyo. Jumat Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan, 1(1), 44–47. http://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/abdimaspen/article/view/1065.
Kurniawan, B., Wiharna, O., & Permana, T. (2018). Studi Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Teknik Listrik Dasar Otomotif. Journal of Mechanical Engineering Education, 4(2), 156. https://doi.org/10.17509/jmee.v4i2.9627.
Leonard, L. (2016). Kompetensi Tenaga Pendidik di Indonesia: Analisis Dampak Rendahnya Kualitas SDM Guru dan Solusi Perbaikannya. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(3), 192–201. https://doi.org/10.30998/formatif.v5i3.643.
Lumbantobing, W. L., Silvester, S., & Dimmera, B. G. (2022). Penerapan Media Permainan Ular Tangga Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar Di Wilayah Perbatasan. Sebatik, 26(2), 666–672. https://doi.org/10.46984/sebatik.v26i2.2170.
Marhadi, H., & Erlisnawati. (2018). Peningkatan Kemampuan Berpikir Tingkat TInggi/Higher Order Thinking Skill (HOTS) Mahasiswa PGSD FKIP UR. PEDAGOGIKA, Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, VI(1), 69–78. https://doi.org/10.33558/pedagogik.v6i1.452.
Masithoh, S., Miftah, H., Nahraeni, W., Yoesdiarty, A., Novita, I., Agribisnis, P., Pertanian, F., & Djuanda, U. (2022). Implementasi Mbkm (Merdeka Belajar Kampus Merdeka) Menurut Perspektif Mahasiswa Agribisnis. Jurnal Agribisains, 7(2), 59–67. https://doi.org/10.30997/jagi.v7i2.5036.
Monica, H., Kesumawati, N., & Septiati, E. (2019). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Keyakinan Matematis Siswa. MaPan (Jurnal Matematika Dan Pembelajaran), 7(1), 155–166. https://doi.org/10.24252/mapan.2019v7n1a12.
Monika, M., & Afnita, A. (2020). Korelasi Keterampilan Membaca Pemahaman Dengan Keterampilan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Siswa Kelas Vii Smp Negeri 33 Padang. Pendidikan Bahasa Indonesia, 8(3), 253. https://doi.org/10.24036/108208-019883.
Murtiyasa, B., & Al Karomah, I. I. (2020). The Impact of Learning Strategy of Problem Solving and Discovery towards Learning Outcomes Reviewed from Students Learning Motivation. Universal Journal of Educational Research, 8(9), 4105–4112. https://doi.org/10.13189/ujer.2020.080936.
Mustika, Z. (2015). Urgenitas Media Dalam Mendukung Proses Pembelajaran Yang Kondusif. CIRCUIT: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, 1(1), 60–73. https://doi.org/10.22373/crc.v1i1.311.
Najat, S., Herawati, S., Rohana, S., Intiana, H., Shaumy, R. L., Pendidikan, P. S., & Guru, P. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Dengan Menggunakan Media Audio Visual Pada Mata Pelajaran PPKn Di Kelas 1 SD Negeri 6 Cakranegara Tahun Pelajaran 2022/2023. Journal of Science Instruction and Technology, 3(1), 85–90.
Nardo, J. E., Chapman, N. C., Shi, E. Y., Wieman, C., & Salehi, S. (2022). Perspectives on Active Learning: Challenges for Equitable Active Learning Implementation. Journal of Chemical Education, 99(4), 1691–1699. https://doi.org/10.1021/acs.jchemed.1c01233.
Nikmawati, N., Bintoro, H. S., & Santoso, S. (2021). Dampak Penggunaan Gadget terhadap Hasil Belajar dan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 9(2), 254. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i2.38975.
Nugraha, M. F., Hendrawan, B., Pratiwi, A. S., Permana, R., Saleh, Y. T., Nurfitri, M., Nurkamilah, M., Trilesatri, A., & Husen, W. R. (2020). No Title. Pengantar Pendidikan dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Edu Publisher.
Oktaviani, M. D. S., Suwatra, I. W., & Murda, N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Snowball Throwing Berbantuan Media Audiovisual terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(1), 89–97. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i1.17662.
Ozdal, H., & Ozdamli, F. (2017). The Effect of Infographics in Mobile Learning: Case Study in Primary School. Journal of Universal Computer Science, 23(12), 1256–1275.
Purwani, E., Hasan, K., & Alamsyah, H. (2021). Peningkatan Hasil Belajar dengan Menggunakan Model Problem Based Learning Pendekatan SSTEAM Pada Siswa. 3(3), 296–302. https://doi.org/10.26858/tpj.v2i3.26764.
Puspitasari, Y., & Nurhayati, S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 7(1), 91–106. https://doi.org/10.47668/pkwu.v7i1.20.
Putrawangsa, S., & Hasanah, U. (2018). Integrasi teknologi digital dalam pembelajaran di era industri 4.0. Jurnal Tatsqif, 16(1), 42–54. https://doi.org/10.20414/jtq.v16i1.203.
Putri, A., Kartini, K., & Yuanita, P. (2020). The Effectiveness of Learning Tools Based on Discovery Learning That Integrates 21st Century Skills to Mathematical Critical Thinking Ability in Trigonometric Materials in High School. Journal of Physics: Conference Series, 1655(1), 1–11. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1655/1/012071.
Putri, N. M. A. K., & Suniasih, N. W. (2022). Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Media Powerpoint Interaktif Berbasis Kontekstual pada Muatan IPA Kelas IV SD. Jurnal Edutech Undiksha, 10(2), 233–243. https://doi.org/10.23887/jeu.v10i2.45854.
Qomariyah, S. (2020). Motivasi dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia dalam Pembelajaran Make A Match Berbantuan Media Cerita Bergambar. Jurnal Edutech Undiksha, 8(1), 59. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i1.25195.
Reflianto, A., Bustami, Y., & Syafruddin, D. (2019). Efektivitas metode sosiodrama terhadap hasil belajar kognitif dan minat belajar siswa biologi. Assimilation: Indonesian Journal of Biology Education, 2(1), 1–6. https://doi.org/10.17509/aijbe.v2i1.14172.
Ridha, M., Firman, & Desyandri. (2021). Efektifitas Penggunaan Media Video pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar Saat Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 154–162. https://doi.org/10.31004/jptam.v5i1.925.
Riwahyudin, A. (2015). Pengaruh sikap siswa dan minat belajar siswa terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V sekolah dasar di Kabupaten Lamandau. Jurnal Pendidikan Dasar, 6(1), 11–23. https://doi.org/10.21009/JPD.061.02.
Robbia, A. Z., & Fuadi, H. (2020). Pengembangan Keterampilan Multimedia Interaktif Pembelajaran IPA Untuk Meningkatkan Literasi Sains Peserta Didik di Abad 21. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(2), 117–123. https://doi.org/10.29303/jipp.v5i2.125.
Sari, R. K., & Harjono, N. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline Tematik Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas 4 SD. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(1), 122. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i1.33356.
Sefriani, R., & Sepriana, R. (2022). Technology Acceptance Model : the use of E-Study Aplications in. Journal of Education Technology, 6(4), 704–710. https://doi.org/10.23887/jet.v6i4.45457.
Septianti, N., & Afiani, R. (2020). Pentingnya Memahami Karakteristik Siswa Sekolah Dasar Di SDN Cikokol 2. As-Sabiqun: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1), 7–17. https://doi.org/10.36088/assabiqun.v2i1.611.
Seruni, R., Munawaoh, S., Kurniadewi, F., & Nurjayadi, M. (2019). Pengembangan Modul Elektronik (E-Module) Biokimia Pada Materi Metabolisme Lipid Menggunakan Flip Pdf Professional. JTK (Jurnal Tadris Kimiya), 4(1), 48–56. https://doi.org/10.15575/jtk.v4i1.4672.
Sholehah, M., Kholisotin, & Munir, Z. (2020). Efektifitas Pendidikan Kesehatan Menggunakan Media Audio Visual dan Poster terhadap Perilaku Ibu Primipara dalam Manajemen Laktas. Ilmiah STIKES Citra Delima, 3(2), 110–117. https://doi.org/10.33862/citradelima. v3i2.67.
Suhartono, Degeng, I. N. S., Suyitno, I., & Sulton. (2019). A comparison study: Effects of the group investigation model and the direct instruction model toward science concept understanding. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 8(2), 185–192. https://doi.org/10.15294/jpii.v8i2.18135.
Sujanem, R., Nyoman Putu Suwindra, I., & Suswandi, I. (2020). The Effectiveness of Problem-Based Interactive Physics E-Module on High School Students’ Critical Thinking. Journal of Physics: Conference Series, 1503(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1503/1/012025.
Sulisworo, D., Ummah, R., Nursolikh, M., & Rahardjo, W. (2020). The analysis of the critical thinking skills between blended learning implementation: Google Classroom and Schoology. Universal Journal of Educational Research, 8(3 B), 33–40. https://doi.org/10.13189/ujer.2020.081504.
Tessmer, M. (2013). Planning and conducting formative evaluations. Routledge.
Vartiainen, H., Pöllänen, S., & Liljeström, A. (2016). Designing Connected Learning: Emerging learning systems in a craft teacher education course. Design And, 21(2), 32–40. https://ojs.lboro.ac.uk/DATE/article/download/2115/2281.
Vieira, E. A. O., Silveira, A. C. D., & Martins, R. X. (2019). Heuristic evaluation on usability of educational games: A systematic review. Informatics in Education, 18(2), 427–442. https://doi.org/10.15388/infedu.2019.20.
Widyawati, Y. (2018). Teknik Teks Modelling: Meningkatan Hasil Belajar Menulis Puisi Pada Bidang Studi Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan : Riset Dan Konseptual, 2(2). https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v2i2.37.
Young, T., Hazarika, D., Poria, S., & Cambria, E. (2018). Recent trends in deep learning based natural language processing. Ieee Computational IntelligenCe Magazine, 13(3), 55–75. https://doi.org/10.1109/MCI.2018.2840738.
Yu, H., Liu, P., Huang, X., & Cao, Y. (2021). Teacher Online Informal Learning as a Means to Innovative Teaching During Home Quarantine in the COVID-19 Pandemic. Frontiers in Psychology, 12(June), 1–12. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2021.596582.
Yunansah, H., & Herlambang, Y. T. (2017). Ecopedagogic Based Education in Raising Ecological Awareness and Developing Character in Elementary School Students. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 9(1), 27. https://ejournal.upi.edu/index.php/eduhumaniora/article/view/6153.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Media dan Teknologi Pendidikan (JMTP) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)