AN ANALYSIS OF THE ENGLISH TEACHERS' SPEECH ACTS DURING THE CLASSROOM TEACHING AND LEARNING PROCESS AT SMP LABORATORIUM UNDIKSHA SINGARAJA

Authors

  • Ni Kadek Warmasari .
  • Dr. Dewa Putu Ramendra, S.Pd., M.Pd. .
  • Dewa Ayu Eka Agustini, S.Pd., M.S. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpbi.v5i2.13347

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan dan menjelaskan (1) bentuk tindak tutur guru Bahasa Inggris, (2) bagaimana guru menyadari tindak tutur dalam komunikasi pembelajaran, (3) dan fungsi pedagogik dari tindak tutur yang digunakan oleh guru Bahasa Inggris dalam proses belajar mengajar di dalam kelas pada SMP Laboratorium Undiksha Singaraja. Untuk mencapai tujuan tersebut, peneliti menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah dua guru Bahasa Inggris. Data dalam penelitian ini adalah ujaran-ujaran yang digunakan selama proses belajar mengajar berlangsung di dalam kelas. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi dan wawancara. Kemudian data ditulis dalam bentuk tulisan, kemudian dipilih yang berdasarkan tujuan dari penelitian, kemudian dituliskan ke lembar data, lalu diterjemahkan dan dianalisa dengan menggunakan teori tindak tutur yang dikemukakan oleh Searle. Hasil dari penelitian ini menunjukan ada empat macam tindak tutur yaitu representatif, direktif, ekspresif, dan komisif. Tidak ilokusi yang paling sering muncul adalah direktif (72,7%), sedangkan tindak ilokusi yang paling sedikit muncul adalah komisif (0.7%). Fungsi tindak ilokusi yang digunakan oleh guru sangan bervariasi. Jenis tindak ilokusi yang digunakan oleh guru yaitu menginformasikan, menyatakan, mengumumkan, mengklarifikasi, menjelaskan, mengkonfirmasi, bertanya, meminta, menyuruh, melarang, memotivasi, menyarankan, mengingatkan, memperingatkan, memperbolehkan, menjanjikan, menyapa, memuji, berterimakasih, mengapresiasi, dan bergurau.Data menunjukan fungsi ilokusi yang sering muncul adalah menyuruh dalam bentuk direktif (43,9%). Tuturan yang digunakan oleh guru dinyatakan sebagian besar merupakan tuturan langsung dari pada tuturan tidak langsung. Fungsi pedagogik dari tindak tutur yang digunakan oleh guru Bahasa Inggris dibagi menjadi tiga bagian yaitu: fungsi mengontrol, mengorganisasikan, memotivasi/mengevaluasi.
Kata Kunci : Klasifikasi tindak tutur, proses belajar mengajar, tindak tutur

This study aimed to describe and explain (1) the types of speech acts produced by English teachers, (2) how the teachers' speech acts are realized in the instructional communication, and (3) the pedagogical functions of speech acts that performed by the English teachers in teaching and learning process at SMP Laboratorium Undiksha Singaraja. To achieve these objectives the researcher used descriptive qualitative research design. The subjects were two English teachers. The data collection in this study was using observation and interviews. Then the data were transcribed into the written form, selected to fit the objectives of the study, recorded into the data sheets, interpreted and analyzed using the theory of speech acts proposed by Searle. The research findings show that there were four kinds of speech acts performed by the teacher, namely representatives, directives, expressives, and commisives. The most frequently used illocutionary acts were directives (72.7%), while the least frequent illocutionary acts were commisives (0.7%). The illocutionary forces performed by the teacher were varied. The illocutionary forces that was performed by the English teachers were informing, stating, announcing, clarifying, explaining, confirming, questioning, requesting, commanding, prohibiting, motivating, suggesting, reminding, warning, permitting, promising, greeting, praising, thanking, appreciating, and joking. The frequency shows that commanding (43.9%) was the most dominant illocutionary forces of directives produced by the teachers. Furthermore, the teachers were found to use more direct speech acts than the indirect ones. The pedagogical functions of speech acts performed by the English teachers divided into three such as: control, organizational, and motivation/evaluative function.
keyword : Classification of speech acts, speech acts, teaching and learning process

Published

2018-02-21

Issue

Section

Articles