AN ANALYSIS OF SPEECH ACTS USED BY ENGLISH TEACHERS IN CLASSROOM TEACHING AND LEARNING PROCESS AT SMA NEGERI 2 BANJAR

Authors

  • Ida Ayu Novia Ari Swandewi .
  • Dr. Dewa Putu Ramendra, S.Pd., M.Pd. .
  • Putu Adi Krisna Juniarta, S.Pd., M.Pd. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpbi.v5i2.13471

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) menyelidiki jenis tindak tutur yang digunakan oleh guru bahasa Inggris dalam proses belajar mengajar di SMA Negeri 2 Banjar. 2) Mengidentifikasi sebagian besar tindakan wicara yang digunakan oleh guru bahasa Inggris dalam proses belajar mengajar di SMA Negeri 2 Banjar 3) menemukan fungsi pedagogis dari tindakan berbicara yang digunakan oleh guru bahasa Inggris. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Ada dua guru sebagai subyek penelitian ini. Data dikumpulkan berdasarkan instrumen seperti observasi penelitian, panduan wawancara, kamera video. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) Ada empat jenis tindak tutur yang ditemukan selama proses belajar mengajar. 2) Tindakan berbicara yang paling sering digunakan oleh guru adalah tindakan ucapan direktif yang terjadi saat para guru mencoba memberikan pertanyaan, meminta sesuatu, memberi perintah, menyela, mengundang, melarang, memberi saran dan mengingatkan. Jenis tindak tutur ini menyumbangkan sekitar 130 ujaran dengan presentase sekitar 62%. 3) Fungsi pedagogis yang disajikan oleh tindak tutur dibagi menjadi empat mode. Itu adalah arahan sebagai fungsi kontrol, commissives sebagai fungsi organisasi dan representatif dan ekspresif sebagai fungsi evaluatif dan fungsi motivasional.
Kata Kunci : Kata Kunci: Tindak Tutur, ucapan guru

This study aimed at 1) investigating kind of speech acts used by English teachers in teaching and learning process at SMA Negeri 2 Banjar. 2) Identifying the most speech act used by English teachers in teaching and learning process at SMA Negeri 2 Banjar 3) discovering the pedagogical functions of the speech act used by English teachers. This research was a descriptive study by using qualitative approach. There were two teachers as subjects for this research. The data were collected based on the instruments such as research observation sheet, interview guide, video camera. The results of the study show that, 1) there are four kinds of speech act which are found during the teaching and learning process. 2) The most frequent speech act used by the teachers is directive speech act that occurred when the teachers tried to give questions, request something, give command, interrupt, invite, prohibit, motivate give suggestion and remind. This kind of speech act presented utterances about 133 utterances with the percentage about 62%. 3) the pedagogical function served by speech act divided into four modes. Those are directives as a control function, commissives as organizational function and representative and expressive as evaluative function and motivational function.
keyword : Key Words: Speech act, teachers’ utterances.

Published

2018-02-23

Issue

Section

Articles