AN ANALYSIS OF USING VIDEO ON TEACHING SPEAKING IN EFL CLASSROOM OF THE ELEVENTH-GRADE STUDENTS OF SMA N 4 SINGARAJA IN ACADEMIC YEAR 2017/2018

Authors

  • Gede Tegar Kriswinardi .
  • Prof. Dr. Putu Kerti Nitiasih, M.A. .
  • Putu Eka Dambayana S., S.Pd., M.Pd. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpbi.v5i2.14931

Abstract

Penelitian ini memiliki dua tujuan. Pertama adalah untuk menyelidiki keuntungan penggunaan video dalam mengajar berbicara Bahasa Inggris pada kelas EFL di kelas XI SMA N 4 Singaraja. Kedua adalah untuk mengetahui kerugian dalam penggunaan video dalam mengajar berbicara Bahasa Inggris pada kelas EFL di kelas XI SMA N 4 Singaraja. Metode penelitian yang digunakan adalah metode campuran. Penelitian ini menggunakan lembar observasi dan lembar kuisioner yang diberikan ke siswa sebagai instrument penelitian. Subjek yang dipilih dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA 1 di SMA N 4 Singaraja dengan jumlah 30 siswa. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa salah satu keuntungan adalah 1) Video dapat mewakili situasi komunikatif yang nyata bagi siswa; 2) Video membantu siswa untuk mempelajari budaya baru berdasarkan apa yang mereka lihat dalam video; 3) Video membantu siswa melihat beberapa gerakan dalam video; 4) Video dapat memperkuat proses pembelajaran; 5) Video dapat menghibur siswa dalam proses pembelajaran; 6) Informasi dapat disajikan secara bersamaan pada saat yang bersamaan; 7) Video menyajikan suara dan juga gerakan saat ditampilkan oleh guru; 8) Video memungkinkan siswa untuk belajar materi secara mandiri; 9) Video dapat menampilkan fenomena yang sulit dilihat dalam istilah nyata; 10) Menggunakan media video dalam pembelajaran, dapat mengembangkan hasil belajar siswa; 11) Para siswa lebih suka belajar bahasa Inggris dengan menggunakan video daripada belajar bahasa Inggris hanya dengan mengajar dari guru; dan 12) Dengan menggunakan video, ini dapat meningkatkan motivasi siswa dalam belajar. Sedangkan kerugian yang ditemukan adalah 1) Video akan berfungsi jika kualitas videonya bagus; 2) Peralatan dibutuhkan dan juga disiapkan sebelum menggunakan video untuk menghemat waktu; 3) Video tidak akan membantu siswa jika bahasa yang digunakan dalam video sulit dimengerti; 4) Para siswa tidak dapat memahami materi dalam video jika konten dalam video tidak sesuai dengan materi. Hasil Ini menunjukkan bahwa terdapat keuntungan dan kerugian dalam proses penggunaan video sebagai media pembelajaran.
Kata Kunci : video, berbicara Bahasa Inggris, EFL

This study has two purposes. The first was to investigate the advantages of using video in teaching English speaking in EFL classes in grade XI SMA N 4 Singaraja. The second was to find out the disadvantages in using video in teaching English speaking in EFL class in grade XI SMA N 4 Singaraja. The research design was a Mixed Method Design. This study used observation sheet and questionnaire given to the students as the research instruments. The subjects were the students of class XI MIA 1 in SMA N 4 Singaraja with the number of 30 students. The result revealed that the advantages were 1) Video represents a real communicative situation to the students; 2) Video helps the students to learn a new culture based on what they see in the video; 3) Video helps the students to see some gestures in the video; 4) Video strengthens the learning process; 5) Video entertains the students in learning process; 6) The information in the video is presented simultaneously at the same time; 7) Video serves voices and also the movements while it is displayed by the teacher; 8) Video lets the students to learn a material independently; 9) Video displays a phenomenon that is difficult to see in real terms; 10) Using video media in learning, it increases students’ speaking achievement; 11) The students prefer learning English by using video rather than learning English by only lecturing from the teacher; and 12) By using video, it increases students’ motivation in learning. While the disadvantages were 1) Video will work if the quality of the video is good; 2) The equipment is needed and also well-prepared before using video; 3) Video will not help the students if the language used in the video is difficult to understand; and 4) The students cannot understand the material in the video if the content in the video does not match with the material. These results indicate that there are advantages and disadvantages in the process of using video as a media of learning.
keyword : video, English Speaking, EFL

Published

2018-07-25

Issue

Section

Articles