AN ANALYSIS OF SPEAKING FLUENCY LEVEL OF THE SIXTH SEMESTER STUDENTS OF ENGLISH LANGUAGE EDUCATION DEPARTMENT IN GANESHA UNIVERSITY OF EDUCATION (UNDIKSHA)

Authors

  • Hidayatul Mairi .
  • Dr. Sudirman, M.L.S .
  • UNDIKSHA .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpbi.v5i2.15176

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yang pertama ialah untuk mendeskripsikan kemampuan kefasihan mahamahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris dalam berbicara dalam bahasa Inggris. Dan tujuan selanjutnya ialah untuk mengetahui faktor-faktor ketidak-fasihan yang mereka hadapi. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa tingkat VI jurusan Pendidikan Bahasa Inggris pada tahun 2015 Fakultas Bahasa dan Kesenian, Universitas Pendidikan Ganesha. Sampel penelitian ini adalah 27 orang yang dipilih dengan teknik random sampling. Data dikumpulkan melalui dua instrumen, yaitu tes bicara dan kuesioner. Dalam tes berbicara, mahasiswa diberi lima topik untuk dipilih dan diminta untuk berbicara selama dua menit untuk kemudian direkam. Selain itu, dalam kuesioner yang digunakan ada 20 pertanyaan dengan 5 pilihan jawaban yang semua pertanyaan ini termasuk 5 penyebab utama ketidakpatuhan: tugas yang sulit, tidak fokus, kurang penekanan, kurangnya perencanaan dan persiapan, dan pengulangan tugas. Data penelitian berupa transkrip dari rekaman berbicara singkat dan jawaban mahasiswa terhadap kuesioner yang telah didistribusikan. Dari penelitian ini ditemukan bahwa kemampuan bahasa atau tingkat kefasihan dalam berbicara mahasiswa dalam berbahasa Inggris “baik” atau pada tingkat 3. Faktor penyebab ketidak-fasihan yang dihadapi mahasiswa meliputi tingkat kesulitan, aspek makna fokus, dan batas waktu pengerjaan aktivitas kefasihan berbicara.
Kata Kunci : Kefasihan berbicara, tingkat kefasihan, ketidak-fasihan, factor ketidak-fasihan.

The aim of this research was to describe speaking fluency of English Language Education Department students in speaking English, and to know the factors of disfluency faced by them. This research was designed by using descriptive qualitative research. The subjects of this research were the sixth-semester students of English Language Education Department 2015, Faculty of Language and Arts, Ganesha University of Education. The samples of this research were 27 students. The data were collected using two instruments namely speaking test and questionnaire. In the speaking test, students were given five topics to choose and they were asked to deliver a short talk for about 2 minutes that would be recorded. Meanwhile, in the questionnaire there were 20 questions with 5 optional answers in which all the questions included 5 aspects of the main causes of disfluency: the difficult task, not focused on the meaning, the absence of temp speaking pressure, the lack of planning and preparation and unrepeated task. The data of this research were the transcription of short talk recording and the students’ answers of questionnaire which have been distributed. This research found that students fluency in speaking English was good that was at level 3. The factors of disfluency faced by students those were level of difficulty, meaning-focused aspect, and time limit of work of speaking fluency.
keyword : Speaking fluency, fluency level, disfluency, disfluency factor

Published

2018-07-26

Issue

Section

Articles