COMMUNICATION STRATEGIES USED BY TOURIST INFORMATION CENTER STAFF AT JATILUWIH RICE TERRACE

Authors

  • I Putu Bagus Arka Wiguna .
  • Nyoman Karina Wedhanti, S.Pd., M.Pd. .
  • Putu Adi Krisna Juniarta, S.Pd., M.Pd. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpbi.v5i2.18808

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan tipe-tipe dari strategi komunikasi yang digunakan oleh staf pelayanan informasi di Jatiluwih Rice Terrace, tipe dari strategi komunikasi yang paling banyak digunakan oleh staf, dan alasan dari strategi komunikasi yang digunakan oleh staf. Penelitian ini menggunakan qualitative design. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah observasi dan wawancara. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa ada delapan tipe strategi komunikasi yang digunakan oleh staf pelayanan informasi di Jatiluwih Rice Terrace, yaitu; Message Abandonment (17%), Circumlocution (1%), Non-linguistic Signal (18%), Literal Translation (6%), Foreign zing (11%), Appeal for help (10%), Stalling or Time Gaining (18%), Comprehension check (11%), and Clarification request (8%). Time gaining dan Non Linguistic signal merupakan tipe strategi komunikasi yang paling banyak digunakan oleh staf. Ada dua alasan utama dari strategi komunikasi yang digunakan oleh staf, yaitu; (1 untuk menghindari kesulitan bahasa yang akan dihadapi oleh staf agar membuat pengunjung lebih mudah untuk memahami dan tidak bingung tentang ucapan dan (2) untuk membuat komunikasi lebih efisien dan menyediakan waktu untuk berpikir.
Kata Kunci : strategi komunikasi, layanan informasi, jatiluwih rice terrace

The purpose of the study was to find out the types of communication strategies used by the Information Center Staff at Jatiluwih Rice Terrace, the type of communication strategies mostly used by the staff, and the reasons of communication strategies used by the staff. The subject of this study was the Information Center staff at Jatiluwih Rice Terrace. This study employed qualitative design. The methods of data collection were observation and interview. The findings of study showed that there were nine types of communication strategies applied by Tourist Information Center staff at Jatiluwih Rice Terrace, namely; Message Abandonment (17%), Circumlocution (1%), Non-linguistic Signal (18%), Literal Translation (6%), Foreign zing (11%), Appeal for help (10%), Stalling or Time Gaining (18%), Comprehension check (11%), and Clarification request (8%) Time gaining and Non Linguistic signal were the communication strategies that were mostly used by the staff. There are two main reasons of communication strategies used, namely; (1) to avoid language difficulties that would be faced by the staff to make the visitors easier to understand and not confused about the utterance and (2) to make the communication more efficient and provide time to think.
keyword : communication strategies, information center, jatiluwih rice terrace

Published

2019-07-22

Issue

Section

Articles