DEVELOPING ICT BASED INTEGRATED READING AND WRITING MATERIALS FOR THE SEVENTH GRADE STUDENTS OF SMPN 4 BATURITI IN THE ACADEMIC YEAR 2012/2013

Authors

  • I Wayan Sandiyasa .
  • Prof. Dr.I Nyoman Adi Jaya Putra, MA .
  • Dr. I Gede Budasi,M.Ed,Dip.App.Lin .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpbi.v1i1.2969

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan materi pembelajaran yang menyatu-padukan membaca dan menulis yang berbasis ICT untuk siswa kelas 7 di SMP N 4 Baturiti. Penelitian ini dirancang berdasarkan pada rancangan penelitian pengembangan yang dikemukakan oleh Dick, Carey dan Carey di tahun 2005. Model penelitian ini terdiri atas tiga langkah utama yaitu; analisa keperluan, pengembangan produk, dan evaluasi produk. Analisa keperluan diadakan dalam rangka memperoleh informasi tentang apa yang diperlukan dan sifat khas siswa, infrastruktur sekolah, dan topik yang harus muncul di dalam produk. Pada langkah pengembangan produk, materi dikumpulkan dan kemudian dikembangkan dengan menggunakan dua program bernama Hot Potatoes dan Macromedia Dreamweaver. Pada langkah evaluasi produk, diadakan penilaian ahli dan pengujian lapangan (field try-out) terhadap produk tersebut. Untuk keperluan langkah penilaian dari ahli, penelitian melibatkan dua ahli yang masing - masing memiliki keahlian dalam bidang berbeda yaitu; isi/kurikulum dan ICT. Hasil penilaian ahli menunjukkan kualitas materi yang dikembangkan sangat baik dengan nilai 3,88 dalam skala 0.1 – 4.0. Selain itu, pengujian lapangan terhadap produk juga diadakan untuk menguji apakah materi yang dikembangkan tersebut bisa dipakai dengan baik untuk mengajar keterampilan membaca dan menulis. Hasil pengujian menunjukkan bahwa materi tersebut dapat dipergunakan dimana ini bisa dilihat dari tanggapan positif yang diberikan siswa sebanyak 86%.
Kata Kunci : Hot Potatoes, Macromedia Dreamweaver, Menyatu-padukan Kemampuan Membaca dan Menulis, Pengembangan Materi

The aim of this study was to develop ICT based integrated reading and writing materials for the seventh grade students of SMP N 4 Baturiti. This study was designed based on research and development design proposed by Dick, Carey and Carey in 2005. This model consisted of three main stages namely; needs analysis, product development, and product evaluation. Needs analysis was conducted in an attempt to obtain information about the needs and characteristics of the students, infrastructures of the school, and the topics that should appear in the product. In the product development stage, materials were collected and then developed using two programs called Hot Potatoes and Macromedia Dreamweaver. In product evaluation, the experts’ judgment and field try-out were conducted. For the need of experts’ judgment stage, this study used experts who came from two different expertise; content/curriculum and ICT. The result of experts’ judgment showed a very good quality of the developed materials with score of 3.88 within 0.1 – 4.0 scale. Moreover, a field try-out was held to test whether the materials could be used to teach reading and writing skills properly. The result showed that the materials were applicable where it could be seen from 86% of positive feedback given by the students.
keyword : Hot Potatoes, Integrating Reading and Writing Skills, Macromedia Dreamweaver, Materials Development

Published

2014-06-12

Issue

Section

Articles