AN ANALYSIS OF GRAMMATICAL ERRORS IN WRITING COMMITTED BY THE STUDENTS OF XI IPB

Authors

  • Ni Wayan Partini .
  • Drs. Asril Marjohan,MA .
  • Luh Diah Surya Adnyani, S.Pd. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpbi.v1i1.3157

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan penggunaan tata bahasa di dalam tulisan siswa kelas XI IPB SMA Negeri 1 Susut tahun ajaran 2013/2014. Penelitian ini juga bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan penyebab dari kesalahan yang dilakukan oleh siswa. Subyek penelitian ini adalah 55 siswa yang terdiri dari 28 orang siswa kelas XI IPB1 dan 27 orang siswa kelas XI IPB3. Data dikumpulkan melalui pengumpulan teks narasi dan spoof yang ditulis oleh siswa, penyebaran kuesioner, dan wawancara. Hasil dari analisis data menunjukkan bahwa siswa masih melakukan kesalahan terkait dengan penggunaan kata kerja, kata ganti, preposisi dan artikel. Kesalahan yang paling banyak dilakukan siswa yaitu kesalahan dalam penggunaan kata kerja, ditandai dengan ditemukannya 477 (62.27%) buah kesalahan di dalam teks narasi, dan 404 buah di dalam teks spoof (65.21%). Frekuensi kesalahan dalam penggunaan preposisi cenderung paling sedikit dilakukan karena hanya ditemukan 78 (10.18%) di dalam teks narasi, dan 40 buah ditemukan di dalam teks spoof. Sedangkan kesalahan dalam penggunaan kata ganti dan artikel hamper sama besarnya di dalam kedua teks, dimana masing-masing dari dua jenis kesalahan tersebut mencapai 13-15% dari keseluruhan jumlah kesalahan di masing-masing teks. Sementara itu, kesalahan-kesalahan tersebut disebabkan oleh beberapa faktor yakni interlingual transfer (pengaruh bahasa pertama), dan intralingual transfer (overgeneralisasi, kesalahan dalam memahami konsep, kelalaian dalam penggunaan batasan aturan tata bahasa, dan penggunaan tata bahasa yang tidak lengkap). Jadi dapat disimpulkan bahwa siswa kelas XI IPB SMA Negeri 1 Susut paling banyak melakukan kesalahan pengguanaan kata kerja, sedangkan kesalahan penggunaan preposisi paling sedikit dilakukan siswa. Selain itu, sebagian besar kesalahan tersebut disebabkan oleh pengaruh bahasa pertama siswa.
Kata Kunci : kesalahan penggunaan tata bahasa, transfer

This study was aimed at analyzing grammatical errors in writing committed by the students of XI IPB in SMA Negeri 1 Susut in academic year 2013/2014. This study also analyzed and described the causes of the errors committed by the students. The subject involved in this study was 55 students, in which twenty eight students were from XI IPB1 and the rest were from XI IPB3. The data were collected through collecting the students‘ narrative and spoof writings, distributing questionnaires, and conducting interview. The result of analysis revealed that the students commit errors in terms of verb form, pronoun, preposition, and article. The most committed errors are around the use of verb form, in which there are 477 (62.27%) in narrative texts, and 403(65.21%) in spoof texts. The frequency of preposition errors is at the least. This kind of errors are found as many as 78 (10.18%) in narrative texts, and 40 (5.83%) in spoof texts. Meanwhile, errors around the use of pronoun and article are both equally committed by the students, in which each error reaches 13-15% of the total errors in both texts. Those errors were caused by the intralingual transfer and interlingual transfer (overgeneralization, false concept of hypothesized, ignorance of rules restriction, and the incomplete application of rules). Therefore, it can be concluded that the students of XI IPB SMA Negeri 1 Susut still commit errors around the use of verb form, pronoun, preposition, and article, in which the most committed errors were verb form error.
keyword : grammatical error, interlingual transfer, intralingual transfer

Published

2014-07-01

Issue

Section

Articles