THE EFFECT OF SCRIPTED SONGS AS AN INNOVATIVE TEACHING TECHNIQUE UPON YOUNG LEARNERS' ENGLISH COMPETENCE

Authors

  • Putu Hendra Kusuma .
  • Dra.Ni Made Ratminingsih, MA .
  • Dr. I Gede Budasi,M.Ed,Dip.App.Lin .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpbi.v1i1.3269

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mencari tahu ada tidaknya perbedaan yang signifikan pada kompetensi bahasa Inggris siswa yang diajar dengan menggunakan lagu-lagu kreasi dan yang diajar dengan menggunakan teknik konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang berbentuk Randomized Post-Test Only Control Group Design. Ada dua kelompok dalam penelitian ini, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yang diberikan perlakuan berbeda. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siwa kelas 4 di SD Negeri 2 Dangin Puri pada tahun ajaran 2013/2014. Kelas IV A dan IV C terpilih sebagai sampel melalui Cluster Random Sampling. Data yang diperoleh dalam penelitian merupakan hasil dari tes akhir yang dianalisis secara deskriptif dan inferensial. Hasil analisis secara deskriptif menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelompok eksperimen lebih besar daripada kelompok kontrol, dimana nilai rata-rata kelompok eksperimen sebesar 80.3 dan nilai rata-rata kelompok kontrol sebesar 73.1. Hasil dari analisis inferensial secara statistik melalui independent sample t-test menunjukkan bahwa nilai dari to (t-observasi) adalah 3.144 melampaui nilai tcv (t-nilai kritis) pada 1.99 (tingkat signifikan 5%) . Analisis tersebut menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan diantara kelompok eksperimen dan kontrol. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa teknik lagu-lagu kreasi memberikan efek yang signifikan pada terhadap kemampuan bahasa Inggris siswa kelompok eksperimen di SD Negeri 2 Dangin Puri pada tahun akademik 2013/2014.
Kata Kunci : Kompetensi bahasa Inggris, lagu-lagu kreasi

The objective of this study was to find out whether or not there was a significance difference in students’ English competence taught by using Scripted Songs technique and conventional technique. This study was an experimental research in the form of Randomized Post-Test Only Control Group Design. There were two groups in this study, experimental group and control group, which were given different treatment. The population of the study was all fourth grade students of SD Negeri 2 Dangin Puri in the academic year 2013/2014. Class IV A and class IV C were chosen as the sample through Cluster Random Sampling. The data in this study were obtained from the results of posttest which were analyzed descriptively and inferentially. The result from descriptive analysis shows that the experimental group achieved higher mean score in English competence than the control group, in which the mean score of experimental group is 80.3 and the mean score of control group is 73.1. The result of the inferential statistical analysis through independent sample t-test shows that value of to (t-observed) is 3.144, exceeding value of tcv (t-critical value) at 1.99 (significance level 5%). The analysis shows that there was a significant difference between the experimental group and the control group. Thus, it can be concluded that Scripted Songs technique gave a significant effect upon the experimental group students’ English competence of SD Negeri 2 Dangin Puri in the academic year 2013/2014.
keyword : English competence, Scripted Songs

Published

2014-07-10

Issue

Section

Articles