THE EFFECT OF CLUSTERING TECHNIQUE COMBINED WITH PEER ASSESSMENT UPON STUDENTS’ WRITING COMPETENCY OF GRADE VIII SMP NEGERI 4 SINGARAJA IN ACADEMIC YEAR 2013/2014

Authors

  • Ni Wayan Adnyani .
  • Prof. Dr. Anak Agung Istri Ngr. Marha .
  • Ni Wayan Surya Mahayanti, S.Pd, M.Pd .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpbi.v1i1.3314

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki pengaruh dari teknik clustering yang dikombinasikan dengan teknik penilaian sejawat terhadap kemampuan menulis siswa. Ini merupakan penelitian eksperimental dengan desain posttest-only control group. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Singaraja yang bejumlah sebanyak 208 orang, dimana dua kelas yang terdiri dari 47 orang siswa dipilih sebagai sampel penelitian dari delapan kelas regular yang ada, yang ditentukan dengan teknik random sampling. Kelas VIII B4 adalah kelompok eksperimen dan diperlakukan dengan teknik clustering yang dikombinasikan dengan teknik penilaian sejawat, sedangkan kelas VIII B5 adalah kelompok kontrol dan diperlakukan hanya dengan menggunakan teknik clustering. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan menulis, dan data yang diperoleh dianalisis melalui analisis deskriptif dan analisis inferensial dengan menggunakan Independent Samples t -test yang dibantu oleh SPSS 16.0. Dari hasil analisis data, ditemukan bahwa nilai rata-rata kelompok eksperimen adalah sebesar (60,58), lebih tinggi dari nilai rata-rata kelompok kontrol sebesar (47.47), yang menunjukkan bahwa kelompok eksperimen lebih baik daripada kelompok kontrol. Selain itu hasil analisis inferensial menunjukkan bahwa thitung adalah 3,179 lebih tinggi dari nilai ttabel 2,014 pada taraf signifikansi 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan dalam kompetensi menulis pada siswa yang diajar dengan menggunakan teknik clustering yang dikombinasikan dengan teknik penilaian sejawat dan siswa yang diajar hanya dengan menggunakan teknik clustering.
Kata Kunci : Kompetensi Menulis, Penilaian Sejawat, Teknik Clustering

This study aimed at investigating the effect of clustering technique combined with peer assessment upon students’ writing competency. It was an experimental study with posttest-only control group design. The population of the study was 208 eighth grade students of SMP Negeri 4 Singaraja, wherein two classes consisted of 47 students were taken from eight regular classes as sample of the study through random sampling. Class VIII B4 was the experimental group and treated by clustering technique combined with peer assessment, while class VIII B5 was the control group and treated by clustering technique only. The instrument used in this study was writing competency test, and the obtained data were analyzed through descriptive analysis and inferential analysis by using Independent Samples t-test assisted by SPSS 16.0. From the result of data analysis, it was found that the mean score of experimental group (60.58) was higher than the mean score of the control group (47.47), which showed that the experimental group performed better than the control group. Moreover the result of inferential analysis showed that the tobserved was 3.179 and it higher than the value of tcritical value 2.014 at level significance of 0.05. It can be concluded that there was significant difference in the students’ writing competency who were taught by using clustering technique combined with peer assessment and students who were taught by using clustering technique only.
keyword : Clustering Technique, Peer Assessment, Writing Competency.

Published

2014-07-13

Issue

Section

Articles