A STUDY ON THE STUDENTS' WRITING ERRORS IN CLASS VIII H AT SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) NEGERI 1 SUKASADA

Authors

  • Made Mesy Dwimantari .
  • Prof. Dr. Dewa Komang Tantra,Dip.,App. .
  • I G A Lokita P Utami, S.Pd. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpbi.v1i1.3334

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tipe dan sumber kesalahan menulis pada siswa dan meningkatkan kompetensi menulis siswa melalui Pendekatan Proses. Penelitian ini dirancang dalam bentuk analisis deskriptif dan penelitian berbasis tindakan. Subyek penelitian adalah siswa kelas VIII H, SMP N 1 Sukasada tahun ajaran 2013/2014 sebanyak 30 siswa. Data dikumpulkan melalui pemunculan data, rancangan pembelajaran, tes tertulis, lembar observasi, dan kuesioner. Ada dua jenis data yang dikumpulkan, yaitu pertama, statistik deskriptif dan analisis kesalahan, kedua yaitu kuantitatif dan kualitatif data. Hasil dari analisis pertama menunjukkan bahwa ada empat jenis kesalahan yang dilakukan oleh siswa dalam menulis teks bahasa Inggris, yaitu omission error, addition error, misformation error, dan misordering error. Analisis data kedua menunjukkan bahwa kompetensi menulis siswa meningkat seiring dengan penerapan pendekatan proses. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan persentase siswa yang lulus passing grade kompetensi menulis dari pra-observasi, siklus 1, dan siklus 2. Selain itu, peningkatan juga terlihat dari persentase siswa dalam setiap teks dan tujuh indikator kompetensi menulis. Peningkatan tersebut juga bisa dilihat dari hasil kuesioner yang menunjukkan bahwa siswa memberikan respon positif terhadap penerapan pendekatan proses. Dengan demikian, disarankan kepada guru untuk menggunakan pendekatan proses dalam pengajaran menulis, dimana pendekatan proses dapat memfasilitasi siswa untuk menulis sebuah paragraf yang baik di SMP Negeri 1 Sukasada
Kata Kunci : Analisis Kesalahan, Kompetensi Menulis, Pendekatan Proses

The study aimed at analyzing types and sources of the students’ writing errors and improving students’ writing competency through Process Approach. The study was designed in the form of descriptive analysis and action-based research. The subjects of the study were 30 students in class VIII H of SMP N 1 Sukasada in the academic year 2013/2014. The data were collected through data elicitation, teaching scenario, writing tests, observation checklist, and questionnaire. There were two kinds of gathered data, first, descriptive statistics and error analysis data, second, qualitative and quantitative data. The result of the first analysis shows there are four types of errors committed by the students in writing English texts. They are omission errors, addition errors, misformation errors, and misordering errors. The second data analysis shows that the students’ writing competency improved along with the implementation of process approach. It could be seen from the improvement of percentage of students who had passed the passing grade of writing competency from pre-observation, cycle 1, to cycle 2. Moreover, the improvement involved the students’ percentage in each text and seven indicators of writing competency. The improvement also could be seen from the result of questionnaires in which it indicated that the students gave positive response toward the application of process approach. Thus, it is suggested to teachers to use the process approach in teaching writing since the approach could facilitate the students to write a good paragraph in SMP Negeri 1 Sukasada
keyword : Errors Analysis, Writing Competency, Process Approach

Published

2014-07-13

Issue

Section

Articles