THE EFFECT OF SCRIPTED SONGS UPON THE ENGLISH COMPETENCE OF FOURTH GRADE ELEMENTARY SCHOOL STUDENTS (An Experimental Study toward the Students of SD Negeri 4 Padangkerta in the Academic Year 2013/2014)

Authors

  • Ni Kadek Suartini .
  • Dra.Ni Made Ratminingsih, MA .
  • Dr. I Gede Budasi,M.Ed,Dip.App.Lin .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpbi.v1i1.3365

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengungkap ada atau tidaknya perbedaan yang signifikan antara siswa yang diajar menggunakan teknik lagu-lagu kreasi dan siswa yang diajar menggunakan teknik konvensional dalam hal kompetensi berbahasa Inggris. Desain penelitian ini menggunakan Post-Test Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini melibatkan seluruh siswa kelas empat sekolah dasar di SD Negeri 4 Padangkerta pada tahun ajaran 2013/2014. Kelas IV A dan kelas IV B terpilih sebagai sampel melalui teknik Cluster Random Sampling. Sampel penelitian ini terbagi menjadi dua kelompok yaitu, kelompok experimen dan kelompok kontrol,yang masing- masing diajar menggunakan teknik yang berbeda. Data yang digunakan dalam penelitian ini diambil dari hasil post-test sesudah pengajaran dilakukan. Hasil tersebut kemudian dianalisis secara deskriptif dan inferensial. Hasil dari analisis deskriptif menunjukkan bahwa kelompok experimen memperoleh nilai rata-rata 82, sementara kelompok kontrol memperoleh nilai rata-rata 73. Hasil dari analisis inferensial melalui uji-t menunjukan nilai dari to (t-hitung) yaitu 4.034, melampaui nilai dari tcv (t-tabel) yaitu 1.99 (dengan level signifikan 5%). Dari hasil tersebut disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kompetensi berbahasa Inggris kelompok experimen dan kelompok kontrol. Hasil tersebut juga menunjukkan bahwa penggunaan lagu-lagu kreasi sebagai teknik dalam pengajaran Bahasa Inggris memiliki pengaruh yang lebih baik dibandingkan dengan teknik konvensional.
Kata Kunci : kompetensi berbahasa Inggris, lagu-lagu kreasi

This is research was an experimental research which concerned on revealing whether or not there was a significance difference in students’ English competence taught by using scripted songs and conventional technique. The design of this research was Post-Test Only Control Group Design. The population of the study was all fourth grade students of SD Negeri 4 Padangkerta in the academic year 2013/2014. Class IV A and class IV B were chosen as the sample through Cluster Random Sampling. The samples were divided into two groups, experimental group and control group, which were given different treatment. The data in this research were obtained from the result of posttest after the treatments were given and were analyzed further descriptively and inferentially. The result from descriptive analysis showed that the experimental group achieved higher mean score in English competence than the control group, in which the mean score of experimental group was 82 and the mean score of control group was 73. The result of the inferential statistical analysis through independent sample t-test showed that value of to (t-observed) was 4.034, exceeding value of tcv (t-critical value) at 1.99 (significance level 5%). Those results concluded that there was a significant difference between the experimental group and the control group, in which scripted songs as a technique for teaching English affected better than conventional technique.
keyword : English competence, scripted songs

Published

2014-07-14

Issue

Section

Articles