AN ANALYSIS OF ENGLISH TEXTBOOK AND STUDENT WORKSHEET USED FOR ENGLISH SUBJECT FOR THE SEVENTH GRADE STUDENTS IN SMP NEGERI 3 SINGARAJA IN THE ACADEMIC YEAR 2013/2014

Authors

  • Gusti Agung Ayu Made Indah Pradnyawati .
  • Dra. Luh Putu Artini, MA., Ph.D. .
  • Kadek Sonia Piscayanti, S.Pd. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpbi.v1i1.3371

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan untuk menganalisa buku ajar dan LKS Bahasa Inggris yang digunakan oleh siswa kelas VII di SMP Negeri 3 Singaraja tahun ajaran 2013/2014 berdasarkan pandangan guru, siswa, dan kriteria materi belajar yang baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kualitas dan juga untuk mengidentifikasi perbedaan pandangan penelaah ahli, guru, dan siswa tentang kualitas bahan ajar ini. Subyek penelitian ini adalah 2 dosen dari Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris UNDIKSHA, 2 guru pengajar dan 100 siswa kelas 7 di SMP Negeri 3 Singaraja. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang menggunakan ceklist dan kuesioner. Data dikumpulkan melalui ceklist oleh penelaah ahli dan guru, dan kuesioner oleh guru dan siswa. Lalu data-data tersebut dianalisis dan disampaikan secara deskriptif. Temuan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa buku ajar dan LKS Bahasa Inggris yang digunakan di SMP Negeri 3 Singaraja telah memenuhi kriteria dari bahan ajar yang baik yang dibuat oleh Nitiasih, dkk. (2010). Kemudian, guru dan siswa juga menunjukkan bahwa bahan ajar ini “Baik” untuk digunakan. Seperti Sharma (2008) katakan bahwa terdapat 4 faktor yang memepengaruhi persepsi seseorang. Itulah yang memunculkan perbedaan persepsi pada subyek yang mebuat adanya penilaian subyektifitas karena persepsi pribadi sesorang. Sehingga, sangatlah diperlukan agar guru memiliki kemampuan dan kewenangan untuk melaksanakan pembelajaran dengan kualitas baik. Itu dapat dilakukan dengan memiliki acuan untuk memilih dan menggunakan materi pembelajaran yang baik untuk proses belajar mengajar. Kata kunci: buku ajar, LKS, materi pembelajaran, perbedaan pandangan dan persepsi. Penelitian ini dilaksanakan untuk menganalisa buku ajar dan LKS Bahasa Inggris yang digunakan oleh siswa kelas VII di SMP Negeri 3 Singaraja tahun ajaran 2013/2014 berdasarkan pandangan guru, siswa, dan kriteria materi belajar yang baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kualitas dan juga untuk mengidentifikasi perbedaan pandangan penelaah ahli, guru, dan siswa tentang kualitas bahan ajar ini. Subyek penelitian ini adalah 2 dosen dari Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris UNDIKSHA, 2 guru pengajar dan 100 siswa kelas 7 di SMP Negeri 3 Singaraja. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang menggunakan ceklist dan kuesioner. Data dikumpulkan melalui ceklist oleh penelaah ahli dan guru, dan kuesioner oleh guru dan siswa. Lalu data-data tersebut dianalisis dan disampaikan secara deskriptif. Temuan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa buku ajar dan LKS Bahasa Inggris yang digunakan di SMP Negeri 3 Singaraja telah memenuhi kriteria dari bahan ajar yang baik yang dibuat oleh Nitiasih, dkk. (2010). Kemudian, guru dan siswa juga menunjukkan bahwa bahan ajar ini “Baik” untuk digunakan. Seperti Sharma (2008) katakan bahwa terdapat 4 faktor yang memepengaruhi persepsi seseorang. Itulah yang memunculkan perbedaan persepsi pada subyek yang mebuat adanya penilaian subyektifitas karena persepsi pribadi sesorang. Sehingga, sangatlah diperlukan agar guru memiliki kemampuan dan kewenangan untuk melaksanakan pembelajaran dengan kualitas baik. Itu dapat dilakukan dengan memiliki acuan untuk memilih dan menggunakan materi pembelajaran yang baik untuk proses belajar mengajar.
Kata Kunci : buku ajar, LKS, materi pembelajaran, perbedaan pandangan dan persepsi.

This research was conducted to analyze English Textbook and Student worksheet used by the seventh grade students in SMP Negeri 3 Singaraja in the academic year of 2013/2014 based on the perspective of teachers, students, and good learning materials criteria. The purpose was to describe the quality as well as to find out the discrepancy in the perceptions of experts, teachers, and students about quality of these learning materials. The subjects of this research were 2 lecturers of English Education Department of UNDIKSHA, 2 teachers and 100 seventh grade students at SMP Negeri 3 Singaraja. This research was a descriptive qualitative research which was utilizing checklist and questionnaires. The data collected from the expert and user judges’ checklist, as well as teachers’ and students’ questionnaire. The data obtained were descriptively analyzed. The findings of the research showed the English Textbook and Students Worksheet used in SMP Negeri 3 Singaraja met the criteria of a good material used for teaching English according to theory proposed by Nitiasih et al (2010). Then, teachers and students perceived those learning materials were “Good”. As Sharma (2008) said there were four factors affecting personal perception. Consequently, some discrepancies occurred between the subjects that demonstrate subjectivity of personal perception. Thus, there was a need to equip teachers with ability and the authority to do effort in the attempt to established good quality learning materials. It could be done by providing guidelines to select and use good learning materials for teaching and learning process.
keyword : discrepancy, learning materials, perception, student worksheet, and textbook.

Published

2014-07-14

Issue

Section

Articles