THE CODES USED IN LINE MESSENGER APPLICATION BY THE STUDENTS OF CLASS E IN EIGHT SEMESTER OF ENGLISH EDUCATION DEPARTMENT

Authors

  • Ni Ketut Indah Permata Sari .
  • Prof. Dr. Ni Nyoman Padmadewi,MA .
  • I Nyoman Pasek Hadi Saputra, S.Pd. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpbi.v1i1.3414

Abstract

Bahasa adalah alat komunikasi yang sangat penting. Beberapa orang berbicara dengan bahasa yang berbeda-beda. Hal ini dikarenakan masyarakat yang memiliki budaya dan bahasa masing masing yang akan membangun sistem bahasa untuk digunakan dalam berkomunikasi. Seperti di era globalisasi ini, orang memiliki cara untuk berkomunikasi lebih banyak ke dunia. Hubungan sosial tidak hanya muncul dalam lingkungan tempat tinggal, tetapi dalam kehidupan dunia maya. Orang-orang yang berinteraksi di internet juga mengembangkan sistem komunikasi tertentu. Salah satu komunitas jejaring sosial yang memiliki kode khusus dalam interaksi yaitu aplikasi pesan Line. Pesan Line adalah jejaring sosial yang fungsinya untuk mempermudah seseorang menghubungi satu sama lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kode yang digunakan oleh pengguna dan artinya. Dalam penelitian ini, observasi dan teknik wawancara digunakan untuk mengumpulkan data. Oleh karena itu, iPad, internet, dan panduan wawancara menjadi instrumen yang sangat berguna. Penelitian ini dilakukan dari Februari 2014 sampai Mei 2014. Data dari riwayat pembicaraan dilakukan dari Januari 2014 dicatat menggunakan aplikasi PrintScreen di iPad. Berdasarkan data yang dikumpulkan, ditemukan bahwa kode yang digunakan dalam aplikasi pesan Line bervariasi khususnya yang berkaitan dengan lexicons. Mereka terdiri dari borrowed words, compounded words, dan acronyms. Sementara itu, emoticon dalam aplikasi Line diklasifikasikan menjadi emoticon ekspresi wajah dan emoticon tindakan. Jelas bahwa emoticon tidak hanya mewakili perasaan dan emosi, tetapi juga tindakan tertentu. Semua kode ini berhubungan dengan kreativitas para anggota dalam komunitas pesan Line, anggota komunitas pesan Line, dan juga keuntungan teks tertulis sebagai media komunikasi.
Kata Kunci : sociolinguitics, kode, komunitas pesan Line.

Language is an important tool of communication. However, people speak a language differently because of they come from a different background. This is because of a different community that impact to their language systems that used within their own people. As the development of the time, people need to develop their interaction to the world. The people who interact through the internet also increase a particular system. One of the social networking that have special code in the interaction among people is Line messenger application. Line messenger is a social networking which makes people easier to contact one another. This study research was intended to investigate the codes used in Line Messenger community and their meanings. In this study, observation and interview techniques were used to collect the data. Therefore, iPad, internet, and interview guide became useful instrument. This study was done from February 2014 until May 2014. The data from the chat history posted from January 2014 were recorded using Printscreen application in the iPad. Based on the data collected, it was found that the codes used in Line messenger application varied especially with regard to lexicons. They consist of borrowed words, compounded words, and acronym which explained by Yule (2006). Meanwhile, emoticons in Line messenger are classified into facial expression emoticons and action emoticons explained by Ruan (2011). It is clear that emoticons do not only represent feeling and emotions, but also particular actions.
keyword : sociolinguitics, code, Line messenger community.

Published

2014-07-15

Issue

Section

Articles