An Analysis Of Code Mixing In The Interaction Between English Teachers And Students During English Class Toward Tenth Graders Of SMA Negeri 1 Kediri In Academic Year 2013/2014

Authors

  • Cucu Ardiah Ningrum .
  • Prof. Dr. Ni Nyoman Padmadewi,MA .
  • I Nyoman Pasek Hadi Saputra, S.Pd. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpbi.v1i1.3417

Abstract

Dalam pembelajaran bahasa, peluang munculnya campur bahasa sangat mungkin terjadi. Fenomena tersebut selaras dengan fakta yang terjadi di Indonesia dimana Bahasa Inggris dipelajari bahasa asing. Campur Bahasa dapat diindikasikan dari dua atau lebih bahasa yang digunakan dalam percakapan selama proses pembelajaran. Para guru cenderung untuk mencampur bahasa yang dipelajari dengan bahasa pertama peserta didik untuk membuat proses belajar menjadi mudah untuk diikuti. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan fenomena campur bahasa yang digunakan oleh para guru dan siswa tingkat sepuluh SMA Negeri 1 Kediri selama pelajaran Bahasa Inggris. Dalam penelitian ini, peneliti meneliti campur bahasa yang muncul lalu menganalisa data yang didapat berdasarkan klasifikasi oleh Ho. Hasil dari penelitian dan pengambilan data menunjukkan bahwa hanya lima tipe campur bahasa dari tujuh tipe berdasarkan klasifikasi Ho yang muncul selama proses pengajaran dan pembelajaran. Klasifikasi tersebut adalah;(1) kata benda (2) kata kata leksikal (3) frase (4) kalimat tidak lengkap dan (5) kalimat tunggal lengkap. Jumlah total dari seluruh ungkapan ynag terkait dengan campur bahasa adalah 194 ungkapan.
Kata Kunci : campur bahasa, SMA Negeri 1 Kediri, klasifikasi Ho

ABSTRACT The aim of this study is to find out the code mixing used by the teachers and the students of the tenth graders in SMA Negeri 1 Kediri during English Class. In language learning, the opportunity of code mixing appeared is very possibly happening. This phenomenon is in line with the fact in Indonesia in which English is learned foreign language. The teachers tend to mix the language with the leaner’s first language in order to make the learning process become easier to be followed. In this study, the researcher observed the code mixing occurred and analyzed the data obtained based on Ho’s classification. The result of the observation and recordings showed that there were only five types from seven types of code mixing based in Ho’s classification that was appeared in teaching learning process. The classifications are; (1) Proper nouns (2) Lexical words, (3) Phrases, (4) Incomplete sentence and (5) Single Full Sentences. The total numbers of utterances in relation to code mixing are 194 utterances.
keyword : Keywords: Code mixing, SMA Negeri 1 Kediri, Ho’s classification

Published

2014-07-15

Issue

Section

Articles