THE IMPLEMENTATION OF CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING COMBINED WITH VOCABULARY LEARNING STRATEGY IN LISTENING ON THE TENTH GRADE AT SMA LABORATORIUM UNDIKSHA

Authors

  • Ni Luh Rani Anggraningsih .
  • Prof. Dr. Dewa Komang Tantra,Dip.,App. .
  • Luh Diah Surya Adnyani, S.Pd. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpbi.v1i1.3447

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengurangi jumlah siswa yang memiliki masalah pada kompetensi mendengarkan di kelas X.3 SMA Laboratorium Undiksha dengan menggunakan kombinasi Contextual Teaching and Learning (CTL) dan Vocabulary Learning Strategy (VLS). Dengan kata lain, penelitian ini ingin meningkatkan kompetensi mendengarkan siswa berdasarkan indikator penilaian yang ditetapkan oleh sekolah. Subjek dari penelitioan ini terdiri dari 25 siswa, 10 orang perempuan dan 15 orang laki-laki. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang melaksanakan dua siklus. Ada empat fase yang dilakukan dalam penelitian tindakan kelas ini yaitu planning, action, observation, dan reflection. Data yang didapatkan didapatkan dalam penelitian ini dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa jumlah siswa secara umum yang memiliki masalah pada kompetensi mendengarkan secara konsisten menurun. Sedangkan jumlah siswa yang memiliki masalah pada kompetensi mendengarkan berdasarkan jenis teks yang terdiri dari narrative, descriptive, dan news item menurun secara bervariasi dan siswa dapat meningkatkan kemampuan mereka berdasarkan indikator mendengarkan yang ditetapkan. Kesimpulan penilitian ini adalah kombinasi antara CTL dan VLS mampu meningkatkan kompetensi mendengarkan siswa dalam teks narrative, descriptive, dan news item. Kombinasi CTL dan VLS juga membuat siswa mampu mengidentifikasi ide pokok, informasi khusus, acuan kata, dan ati kata/frase/kalimat.
Kata Kunci : kompetensi mendengarkan, CTL, VLS

The objective of this research was decrease the number of students having problem in listening competency in X.3 class of SMA Laboratorium Undiksha by using the combination of Contextual Teaching and Learning (CTL) and Vocabulary Learning Strategy (VLS). In other words, it improved students’ listening competency based on performance indicator determined by the school. The subject consisted of 25 students with 10 females and 15 males. This research was designed in the form of classroom action-based research which conducted two cycles. There were 4 phases included, namely planning, action, observation, and reflection. The data obtained was analyzed descriptively. The result of research showed that the number of students having listening problem in general decreased consistently, number of students having problem based text types consisted of narrative, descriptive and news item was varied, and students were able to achieve listening’s indicators. It could be conclude that CTL combined with VLS could improve students’ listening competency in narrative, descriptive, and news items especially in identifying main idea, specific information, textual reference and word/phrase/sentence meaning in X.3 class of SMA Laboratorium Undiksha.
keyword : Listening Competency, CTL, VLS

Published

2014-07-15

Issue

Section

Articles