DEVELOPING MULTIMEDIA OF MICROTEACHING USING VARIATION IN TEACHING SKILL AND TEACHING SMALL GROUP AND INDIVIDUAL SKILL IN ENGLISH EDUCATION DEPARTMENT OF UNDIKSHA

Authors

  • Ni Kadek Debi Kurniati .
  • I G A Lokita P Utami, S.Pd. .
  • Luh Diah Surya Adnyani, S.Pd. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpbi.v1i1.3488

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan multimedia pembelajaran microteaching untuk mata kuliah microteaching di Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris UNDIKSHA. Terdapat dua ketermapilan mengajar yang dikembangkan menjadi multimedia pembelajaran, yaitu keterampilan mengajar kelompok kecil dan perorangan dan keterampilan menggunakan variasi dalam mengajar. Metode penelitian yang digunakan adalah model penelitian dan pengembangan Borg dan Gall, yang terdiri dari 5 langkah penelitian yaitu (1) penelitian dan pengumpulan data awal, (2) perencanaan, (3) pembuatan produk awal, (4) uji coba awal, dan (5) perbaikan produk awal. Produk multimedia di validasi oleh seorang ahli isi, seorang ahli desain pembelajaran, seorang ahli media pembelajaran, seorang guru dalam uji coba perorangan, dan dua puluh lima siswa dalam uji coba kelompok kecil. Instrumen pengumpulan data adalah angket. Teknik untuk mengolah data adalah deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari komentar, saran, atau mauskan dari ahli, uji coba perorangan, dan uji coba kelompok kecil. Sementara, data kuantitatif diperoleh dari skor yang deberikan pada angket. Hasi penelitian menunjukan bahwa kualitas multimedia keterampilan mengajar kelompok kecil dan perorangan dan keterampilan menggunakan variasi dalam mengajar ditinjau dari aspek; (1) isi adalah baik dan sangat baik dengan persentase 84% dan 90 %. (2) media pembelajaran adalah baik untuk kedua multimedia keterampilan mengajar dengan presentase 81% dan 80%, (3) desain pembelajaran adalah baik untuk kedua multimedia keterampilan mengajar dengan presentase 83% dan 81%, (4) tes perorangan adalah sangat baik untuk kedua multimedia keterampilan mengajar dengan presentase 997% dan 98%, and (5) tes kelompok kecil adalah baik untuk kedua multimedia keterampilan mengajar dengan presentase 88.52% dan 88.12%. Hasil validasi tersebut menunjukan bahwa multimedia yang dikembangkan tidak perlu direvisi. Berdasarkan hasil validasi tersebut, dapat disimpulkan bahwa multimedia microteaching dapat digunakan dalam proses belajar mengajar sebagai multimedia pembelajaran.
Kata Kunci : multimedia pembelajaran, keterampilan mengajar kelompok kecil dan perorangan, keterampilan menggunakan variasi dalam mengajar, validasi.

This development research was aimed at producing instructional multimedia of microteaching for microteaching course in English Education Department of UNDIKSHA. There were two skills of teaching being developed as instructional multimedia, those are teaching small group and individual skill and using variation in teaching skill. The research method of this study was research and development Borg and Gall Model which consisted of five steps, namely: (1) research and data collection, (2) planning, (3) making the initial product, (4) preliminary testing, and (5) upgrading the product. The product of the multimedia were validated by a content expert, an instructional design expert, an instructional media expert, a teacher in individual test, and twenty five students in small group test. The instrument used for collecting the data was questionnaire. The techniques of data analysis were descriptive qualitative and descriptive quantitative. Qualitative data were gained from comments, suggestions, or feedback given by experts, individual testing, and small group testing, while quantitative data were gained through the score given on the questionnaires. The result of the study showed that the validity of the multimedia of both teaching small group and individual skill and using variation in teaching skill in terms of; (1) content aspect were good and very good, with 84% and 90%, (2) instructional media aspect were good for both of the multimedia with 81% and 80%, (3) instructional design aspect were good for both of the multimedia with 83% and 81%, (4) individual testing aspect were very good for both of the multimedia with 997% and 98%, and (5) small group testing aspect were good for both of the multimedia with 88.52% and 88.12%. The result of the validation indicates that the multimedia does not need to be upgraded. Based on the result of the validation, it can be concluded that this multimedia of microteaching can be used in the process of teaching and learning as an instructional multimedia.
keyword : instructional multimedia, teaching small group and individual skill, using variation in teaching skill, microteaching.

Published

2014-07-16

Issue

Section

Articles