AN ANALYSIS OF LEXICO-GRAMMATICAL ERRORS COMMITTED BY THE SEVENTH GRADE STUDENTS OF SMP NEGERI 2 SINGARAJA IN WRITING DESCRIPTIVE TEXT

Authors

  • Ida Ayu Putri Riyana Sari .
  • Drs. Asril Marjohan,MA .
  • Luh Diah Surya Adnyani, S.Pd. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpbi.v1i1.3754

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan kosa kata dan tata bahasa yang dilakukan oleh siswa kelas tujuh di SMP Negeri 2 Singaraja tahun akademik 2013/2014 dalam menulis teks deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada dua kategori kesalahan pada tulisan siswa. Pada kategori pertama, jumlah kesalahan yang ditemukan adalah 465. Kesalahan-kesalahan tersebut adalah kesalahan ejaan, kesalahan pemilihan kata, kesalahan kata penghubung, kesalahan kata jamak, kesalahan subjek-kata kerja, kesalahan susunan kata, kesalahan bentuk kata kerja, kesalahan artikel, kesalahan kata ganti, dan kesalahan kata depan. Sementara itu, jumlah kesalahan yang ditemukan pada kategori kedua adalah 359. Kesalahan tersebut adalah penghilangan to be, penghilangan artikel, penghilangan kata depan, penghilangan kata penghubung, penghilangan penanda kepemilikan, penghilangan penanda kata jamak, menandai ganda, penyamaan bentuk, penambahan sederhana, kesalahan bentuk, dan kesalahan susunan kata. Selain itu, hasil analisis juga menemukan bahwa kesalahan - kesalahan siswa tersebut disebabkan oleh kecerobohan siswa, penyamarataan aturan yang berlebihan, salah menerjemahkan, penghidaran aturan, pembelajaran yang kurang dan konsep hipotesis yang salah dari siswa.
Kata Kunci : deskriptif teks, kesalahan kosa kata dan tata bahasa, penyebab-penyebab kesalahan

This study aimed at analyzing the lexico - grammatical errors committed by the seventh grade students of SMP Negeri 2 Singaraja in the academic year 2013/2014 in writing descriptive text. The result revealed that there were two categories of error found in the students’ writings. In the first category, the total of error found was 465. Those errors were spelling errors, diction error, conjunction error, pluralization error, subject-verb agreement error, word order error, verb error, article error, pronoun error and preposition error. Meanwhile, the total error of the second category was 359. Those errors were omission of to be/copular verb, omission of article, omission of preposition, omission of conjunction, omission of possessiveness, omission of plural maker, double marking, regularization, simple addition, misformation and misordering. In addition, it was also found that the students’ errors were caused by the students’ carelessness, the over-generalization of the rules, the incorrect translation, the avoidance of the rules, the inadequate learning, and the false concept hypothesized.
keyword : causes of error, descriptive text, lexico - grammatical error

Published

2014-08-04

Issue

Section

Articles