Dampak dari Script Based Improvisation untuk Pencapaian Berbicara Siswa Kelas Sebelas di SMA NEGERI 2 Busungbiu Tahun Pelajaran 2013/2014

Authors

  • I Made Setiawan .
  • Dra.Ni Made Ratminingsih, MA .
  • Ni LP. Eka Sulistia Dewi, S.Pd. M.Pd. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpbi.v1i1.3759

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah atau tidak ada dampak yang signifikan terhadap prestasi antara siswa yang diajarkan oleh Script Based Improvisation dan siswa yang diajar dengan memorizing dialog sebagai strategi konvensional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI di SMA N 2 Busungbiu dan sampel dipilih secara acak dengan menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Dari lotre, ditemukan bahwa kelas XI IPA 1 adalah kelompok eksperimen dan XI IPA 2 adalah kelompok kontrol. Hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini adalah hipotesis alternatif yang menyatakan ada perbedaan yang signifikan antara dua kelompok siswa diajarkan melalui Script Based Improvisation dan teknik memorizing dialog. Post - Test Only Control Group Design diaplikasikan sebagai desain penelitian. Setelah enam kali perlakuan, posttest diberikan untuk mengetahui dampak dari perlakuan. Dari data yang dianalisis secara deskriptif dan inferensial, diperoleh bahwa nilai rata-rata untuk kelompok eksperimen adalah 80.00 dan nilai rata-rata untuk kelompok kontrol adalah 76.50. sedangkan nilai ke (t diamati) adalah 3.064 dan melebihi TCV yang (t critical value) yang 1.96 (significance level 5%). Hal ini menunjukkan ada perbedaan yang signifikan prestasi berbicara antara kedua Eksperimental dan Pengendalian kelompok yang diperlakukan berbeda.
Kata Kunci : Berbicara, Pencapaian Berbicara, Script Based Improvisation

This study was intended to investigate whether or not there was a significant effect in speaking achievement between the students who were taught by Script – Based Improvisation and the students who were taught by memorizing dialogue technique as conventional strategy. The population of this study was the students of grade eleventh in SMA N 2 Busungbiu and the samples were selected randomly by using Cluster Random Sampling technique. From the lottery, it was found that class XI IPA 1 was experimental group and XI IPA 2 was the control group. The hypothesis used in this study was alternative hypothesis which stated there was significant difference between two groups of students taught through Script–Based Improvisation and Memorizing technique. Post – Test Only Control Group Design was applied as the research design. After six times of treatments, the post test was administered to find out the impact of the treatment. From the data that were analyzed descriptively and inferentially, it was obtained that the mean score for Experimental group was 80.00 and the mean score for Control group was 76.50, while the value of to (t observed) was 3.064 and exceeded the tcv (t critical value) which was 1.96 (significance level 5 %). It indicated there was significant difference of speaking achievement between both Experimental and Control group that were treated differently.
keyword : Speaking, Speaking Achievement, Script – Based Improvisations.

Published

2014-08-04

Issue

Section

Articles