AN ANALYSIS OF ENGLISH TEACHERS’ LITERACY IN USING ICT AT SMA DWIJENDRA DENPASAR IN ACADEMIC YEAR 2013/2014

Authors

  • I Wayan Agus Setiyawan .
  • Dra. Luh Putu Artini, MA., Ph.D. .
  • Kadek Sonia Piscayanti, S.Pd. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpbi.v1i1.3761

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk menyelidiki tingkat literasi guru bahasa Inggris dalam menggunakan ICT di SMA Dwijendra Denpasar. Penguasaan ICT merupakan aspek penting yang harus dikuasai oleh guru, khususnya guru bahasa Inggris. ICT ada di garis depan pengajaran bahasa Inggris, ICT dapat menawarkan guru dan siswa kesempatan untuk mengeksplorasi dan mengeksploitasi bahkan dengan cara yang tidak mungkin dilakukan sebelumnya. Peserta dalam penelitian ini adalah guru bahasa Inggris di SMA Dwijendra Denpasar. Para guru diundang untuk merespon kuesioner berisi pertanyaan yang berhubungan dengan persepsi guru tentang ICT. Checklist dalam menggunakan ICT digunakan untuk mengetahui perangkat dan software yang guru gunakan dalam proses belajar mengajar. Selain itu, pedoman wawancara digunakan sebagai pedoman oleh peneliti untuk mengumpulkan informasi lebih lanjut tentang masalah yang dihadapi oleh para guru ketika mengintegrasikan ICT di dalam kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum guru bahasa Inggris di SMA Dwijendra Denpasar memiliki persepsi positif tentang penggunaan ICT. Semua peserta (respondent) telah menguasai kemampuan untuk menerapkan pembelajaran berbasis ICT di dalam kelas. Berdasarkan pada bagaimana guru mengklaim untuk mengintegrasikan ICT berdasarkan wawancara, ada tiga masalah yang dihadapi oleh guru bahasa Inggris ketika mengintegrasikan penggunaan ICT dalam proses belajar mengajar di SMA Dwijendra Denpasar yaitu (1) kurangnya waktu, (2) kurangnya infrastruktur ICT dan (3) kurangnya pelatihan keterampilan guru.
Kata Kunci : ICT, literasi ICT, tingkat literasi guru

This study was a descriptive qualitative research which aimed to investigate the English teachers’ literacy in using ICT at SMA Dwijendra Denpasar. ICT literacy is an important aspect that must be mastered by teachers, especially English teachers. ICT is on the forefront of language teaching could offer teachers and students the opportunity to explore and even exploit English in ways that were not possible before. Participants in this research were English teachers at SMA Dwijendra Denpasar. The teachers were invited to respond to a questionnaire contain question related to the teachers’ perception about ICT. The checklist of teachers’ literacy in using ICT was used to know the device and software that teachers could use in teaching and learning process. In addition, the interview guide was used as guidance by the researcher to collect more information about the problem faced by the teachers when integrate ICT in the classroom. The result of the study showed that generally the English teachers at SMA Dwijendra Denpasar have a positive perception about the ICT usage. All of the participants have mastered the ability to apply ICT-Based learning in the classroom. Reflecting on how the teacher claim to integrate ICT based on interview, there are three mainly problem faced by the English teachers when integrate the use of ICT in teaching and learning process at SMA Dwijendra Denpasar which were (1) lack of time, (2) ICT infrastructure and (3) lack of skills training.
keyword : ICT, ICT literacy, teachers' literacy

Published

2014-08-04

Issue

Section

Articles