THE EFFECT OF SCRIPTED SONGS TECHNIQUE ON ENGLISH COMPETENCE OF THE FOURTH GRADE STUDENTS OF ELEMENTARY SCHOOLS IN SUB-DISTRICT SEMERU MELAYA IN ACADEMIC YEAR 2013/2014

Authors

  • Ni Putu Deanitha Rizki Awalia .
  • Dra.Ni Made Ratminingsih, MA .
  • Dr. I Gede Budasi,M.Ed,Dip.App.Lin .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpbi.v1i1.3860

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan lagu kreasi terhadap kemampuan bahasa Inggris siswa kelas IV di Sekolah Dasar. Adapun populasi dalam penelitian eksperimental ini adalah siswa kelas IV Sekolah Dasar di Gugus Semeru, Kecamatan Melaya. Penentuan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Berdasarkan teknik tersebut, kelas kelas IV SD N 4 Melaya berada di kelas eksperimental dan siswa kelas IV SD N 2 Melaya berada di kelas kontrol dengan jumlah sampel keseluruhan sebanyak 58 orang. Setelah penerapan metode, post-test diberikan kepada masing-masing grup. Data kemudian dianalisis dengan deskriptif dan inferensial statistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelompok eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol. Nilai rata-rata kelompok eksperimen adalah 72.08, sedangkan kelompok kontrol mendapat 61.16. Selain itu, uji t skor post-test kedua kelompok menunjukkan nilai thitung 5.505 dengan nilai ttabel 2.003. Ini membuktikan bahwa bahwa lagu kreasi memberikan pengaruh positif terhadap kemampuan Bahasa Inggris siswa.
Kata Kunci : Kompetensi Bahasa Inggris, lagu kreasi

Penelitian eksperimental ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan lagu kreasi terhadap kemampuan Bahasa Inggris siswa kelas IV di Sekolah Dasar. Adapun populasi dalam penelitian yang menggunakan rancangan posttest only control group ini adalah siswa kelas IV Sekolah Dasar di Gugus Semeru, Kecamatan Melaya. Penentuan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Berdasarkan teknik tersebut, kelas IV SD N 4 Melaya berada di kelas eksperimental dan siswa kelas IV SD N 2 Melaya berada di kelas kontrol dengan jumlah sampel keseluruhan sebanyak 58 orang. Setelah penerapan metode, posttest diberikan kepada masing-masing grup. Data kemudian dianalisis dengan deskriptif dan inferensial statistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelompok eksperimental lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol. Nilai rata-rata kelompok eksperimental adalah 72.08, sedangkan kelompok kontrol mendapat 61.16. Selain itu, uji t skor posttest kedua kelompok menunjukkan nilai thitung 4.505 dengan nilai ttabel 2.003. Ini membuktikan bahwa bahwa lagu kreasi memberikan pengaruh positif terhadap kemampuan Bahasa Inggris siswa.
keyword : English competence, scripted songs

Published

2014-08-06

Issue

Section

Articles