A COMPARATIVE STUDY ON THE EFFECT OF CHALK TALK AND CONCEPT MAPPING TECHNIQUES UPON THE ACHIEVEMENT IN WRITING HORTATORY EXPOSITION TEXT OF SECOND YEAR STUDENTS OF SMA N 1 TABANAN IN THE ACADEMIC YEAR 2013/2014

Authors

  • Luh Gede Meitha Trisna Utami .
  • Dra. Luh Putu Artini, MA., Ph.D. .
  • Kadek Sonia Piscayanti, S.Pd. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpbi.v1i1.3863

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan pengaruh penggunaan teknik Chalk Talk dan Concept Mapping terhadap prestasi siswa dalam bidang menulis. 60 siswa dari total 155 siswa dalam satu populasi yang terdapat di SMA N 1 Tabanan telah dipilih sebagai sampel penelitian melalui sistem pemilihan sampel kelompok secara acak. Penelitian ini menggunakan model penelitian tes akhir dimana kedua grup sampel berperan sebagai group experimen tanpa grup pengontrol. Kelas XI IPA 3 terpilih sebagai Group Experimen X unruk menerapkan teknik Chalk Talk dan kelas XI IPA 2 terpilih sebagai Group Experimen Y untuk menerapkan teknik Concept Mapping. Setelah data dari tes akhir terkumpul, data tersebut selanjutnya diolah menggunakan analisa deskriptif dan penyimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata dari grup siswa yang mengimplementasikan teknik Chalk Talk adalah 86.03 sedangkan grup siswa yang mengimplementasikan teknik Concept Mapping memperoleh skor 89.10. Nilai dari tob adalah 0.068 dan tcv adalah 1.86 yang menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan antara kedua teknik tersebut dalam pengaruhnya terhadap prestasi menulis siswa Tahun Kedua di SMA N 1 Tabanan. Namun, kedua teknik tersebut telah berpotensi untuk memberikan pengaruh yang baik untuk peningkatan prestasi siswa dalam bidang menulis.
Kata Kunci : Penelitian Comparatif, teknik Chalk Talk. Teknik Concept Mapping, Prestasi Menulis

This study aimed to investigate the effect of Chalk Talk and Concept Mapping Technique on students’ writing achievement. 60 students of second grade students in SMA Negeri 1 Tabanan in the academic year 2013/2014 were chosen as the sample through Cluster Random Sampling. The Randomized Post-Test Only Two Non-Control Group Design was implemented in this experiment which was conducted from April 7th until May 10th 2014. After treatment posttest was adminitered to find out the impact of the treatment. From the data that were analyzed descriptively and inferentially, it was obtained that the mean score of Exp. Group 1 is 86.03 and Exp. Group 2 is 89.10 while the value of t0b was 0.068 and tcv was 1.86. This research discovers were there is no significant difference between the students who are taught by using Chalk Talk and Concept Mapping technique on writing achievement, the students who are taught by using Concept Mapping technique got better achievement, and the two techniques has a good impact to improve the students’ achievement on writing.
keyword : Comparative Study, Chalk Talk Technique, Concept Mapping Technique, Writing Achivement

Published

2014-08-06

Issue

Section

Articles