AN ANALYSIS OF POLITENESS STRATEGY USED BY MEMBERS OF PASRAMAN ADI WIDYA IN SUMBERKIMA VILLAGE IN IMPLEMENTING CHARACTER EDUCATION IN THE CLASROOM ACTIVITIES

Authors

  • Ni Putu Ayu Yudha W. P. .
  • Prof. Dr. Putu Kerti Nitiasih, MA .
  • Putu Eka Dambayana S., S.Pd. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpbi.v1i1.3925

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis jenis strategi kesantunan yang digunakan dalam menerapkan nilai-nilai pendidikan karakter yang dilakukan oleh anggota pasraman Adi Widya. Hal ini juga bertujuan untuk menganalisis motif anggota pasraman Adi Widya menggunakan strategi kesantunan dalam kaitannya dengan usia. Data dikumpulkan melalui observasi, pencatatan dan wawancara, sedangkan proses analisis data dilakukan sesuai dengan Brown dan Levinson Strategi Kesopanan (1987), dan delapan belas Pendidikan Karakter (Kemendiknas, 2010). Subyek penelitian ini adalah 83 anggota pasraman adi widya. Data yang dikumpulkan dikelompokkan dan dianalisis berdasarkan Brown dan Levinson Kesopanan Strategi ini yaitu: Bald-on Record, Kesopanan Positif, Kesopanan Negatif dan Off-Record. Selanjutnya data juga dianalisis melalui Brown dan Levinson teori kesopanan tentang jarak sosial antara pembicara dan pendengar yang ditentukan oleh perbedaan usia. Hasil analisis data menunjukkan bahwa strategi Kesopanan Positif sebagian besar digunakan oleh anggota pasraman Adi Widya dalam melaksanakan pendidikan karakter. Kesopanan Negatif adalah yang paling jarang digunakan oleh anggota. Motif dianalisis dengan mengkategorikan anggota dengan usia tua dan muda. Ditemukan bahwa ketika anggota tua berkomunikasi dengan anggota muda strategi kesantunan Positif sebagian besar digunakan dalam menerapkan nilai-nilai pendidikan karakter. Sementara itu, Off-record, strategi Kesantunan Negatif dan Bald-on Record digunakan dalam frekuensi yang sama. Anggota yang berumur lebih tua banyak digunakan strategi kesantunan positif dalam menerapkan nilai-nilai pendidikan karakter bagi anak muda dan dengan usia yang sama.
Kata Kunci : Kata kunci: kesopanan, karakter pendidikan, pasraman

This study attempted to analyze the types of politeness strategies used in implementing values of characters education performed by members of Pasraman Adi Widya. It also aimed at analyzing the motive of members Pasraman Adi Widya used those kinds of politeness strategies in the relation with age. The data were collected through observation, recording and interview, while the process of data analysis was done in accordance with Brown and Levinson Politeness Strategy (1987), eighteen Character Education (Kemendiknas, 2010). The subjects of this study were 83 members of Pasraman adi widya. The data collected were grouped and analyzed based on Brown and Levinson Politeness Strategy’s namely: Bald on Record, Positive Politeness, negative Politeness and Off-Record. Furthermore the data were also analyzed through Brown and Levinson politeness theory about the social distance between speaker and hearer which determined by the difference of age. The result of the data analysis showed that Positive Politeness strategy was mostly used by members of Pasraman Adi Widya in implementing character education. Negative Politeness was the least used by members. The motive analyzed by categorized the members with elder and young age. It was found that when elder members communicate with younger members Positive politeness strategy was mostly used in implementing values of characters education. Meanwhile Bald-on Record, Off-record, and Negative politeness strategy used in the same frequency. Elderly members mostly used Positive politeness strategies in implementing values of character education to younger members and with the same age
keyword : Key words: politeness, character educations, Pasraman

Published

2014-08-06

Issue

Section

Articles