ENGLISH FOR SALES AND MARKETING: A NEED ANALYSIS TOWARDS ESP INSTRUCTION

Authors

  • Ratu Gistri Oqania .
  • Prof. Dr.I Ketut Seken,MA .
  • I Nyoman Pasek Hadi Saputra, S.Pd. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpbi.v1i1.4092

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan yang berhubungan dengan bahasa inggris yang digunakan untuk bisnis dalam penjualan dan pemasaran di PT HM Sampoerna Tbk Singaraja dan juga dalam merancang silabus yang berhubungan dengan kebutuhan. Penelitian ini dirancang dengan pendekatan deskriptif. Untuk mendapatkan infromasi, observasi, kuisioner, wawancara dan dokumnetasi dilakukan. Observasi dilaksanakan di PT HM Sampoerna Tbk. Kuisioner diberikan kepada 14 responden yang sekaligus sebagai subyek dari penelitian ini. Di sesi wawancara, penyelia sebagai pemilik otoritas dalam divisi ini dipilih sebagai subyek dalam penbelitian. Lalu informasi digabungkan dan di analisis secara desriptif. Beberapa temuan ditemukan dalam penelitian ini. Semua subjek dalam penelitian ini adalah pembelajar dewasa dimana motivasinya adalah peningkatan karir. Komunikasi verbal dan tertulis juga dirasa penting untuk dipelajari dalam pembelajaran bahasa ini. Menulis laporan dan juga presentasi dipilih sebagai materi autentik. Disini ditemukan adanya keharusan untuk menjembatani perbedaan aktifitas yang dipilih oleh pekerja dan juga penyelia. Penggunaan permainan dirasa penting oleh pekerja untuk merasakan suasana kelas yang menyenangkan, sedangkan untuk penyelia hal itu dirasa hanya sebagai tambahan. Karena isi dari pembelajaran haruslah berdasarkan dari tugas, tugas dengan pendekatan yang bermanfaat untuk merancang silabus nantinya.
Kata Kunci : analisis kebutuhan, bahasa inggris untuk penjualan dan pemasaran

The current study was aimed at analyzing the needs with regards to to English for business for sales and marketing at PT.HM Sampoerna Tbk Singaraja as well as designing the syllabus related to the needs. This study was designed on a descriptive research approach. In order to gain the related information, observation, questionnaire, interview, and documentation were conducted. The observations were conducted at the PT. HM. Sampoerna, Tbk. The questionnaires were delivered to the students of English for Business course as one of the subjects in this study. There were 14 respondents participated in the study. In the interview sessions, the Supervisor as the authority in this division was chosen as the subject. The gathered information was then analyzed descriptively. There were some findings revealed in the study. All of the students were adult learners in which their main motivation was career improvement. Oral and written forms of communications were considered important to be practiced in the course by the students and the stakeholder. The content of the course should be based on real tasks. The use of written report and presentation as authentic materials were choosen. There was a need to facilitate the differences in the activities, since each party stated different preferences. The use of games was considered important for the employees to make the classrom enjoyable, while for the stakeholder it should be only an additional. Since the content was based on the task, a Task-Based Approach was beneficial in designing the syllabus.
keyword : needs analysis, english for sales and marketing

Published

2014-10-23

Issue

Section

Articles