TYPES OF REINFORCEMENT GIVEN BY A TEACHER IN TEACHING AT K2A CLASS IN TAMAN RAMA KINDERGARTEN

Authors

  • Windy Louisa Rosang .
  • Drs.Gede Batan,MA .
  • Ni Wayan Surya Mahayanti, S.Pd, M.Pd .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpbi.v1i1.4424

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan jenis penguatan yang digunakan oleh guru di Taman Rama Denpasar TK, (2) menggambarkan pada situasi seperti apa penguatan digunakan oleh guru dalam proses belajar mengajar, (3) mendeskripsikan efektivitas penguatan dalam proses belajar mengajar. Penelitian ini dilakukan dalam bentuk deskriptif kualitatif. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah: panduan wawancara, perekam video, kamera, dan lembar observasi. Subjek penelitian ini adalah salah satu guru di Taman Rama Denpasar TK. Berdasarkan data yang dikumpulkan dalam studi ini ditemukan bahwa guru menggunakan empat jenis penguatan dalam proses belajar mengajar, mereka adalah hadiah, pujian, hak istimewa, penguatan negatif, dan hukuman yang digunakan untuk memberikan umpan balik kepada siswa yang bisa menjawab dengan benar, untuk membangun suasana yang positif di dalam kelas, untuk mengapresiasi siswa yang sudah melakukan tugas mereka dengan baik dan untuk menangani perilaku siswa yang menghambat proses pembelajaran di kelas. Dalam penelitian ini, pujian adalah penguatan yang paling sering digunakan oleh guru dalam proses belajar mengajar, sedangkan penguatan negatif cukup sering digunakan, dan tiga jenis penguatan lainnya jarang diterapkan oleh guru dalam proses belajar mengajar. Strategi Penguatan terbukti efektif untuk diterapkan didalam mengelola kelas di TK Taman Rama karena siswa akan menjadi termotivasi dan terdorong untuk mengerjakan tugasnya dengan baik serta berperilaku tepat dalam kelas.
Kata Kunci : Penguatan, Mengajar, TK

This study aimed at (1) describing types of reinforcement using by the teacher in Taman Rama Kindergarten Denpasar, (2) describing the circumstances of certain types of reinforcement used by the teacher in teaching and learning process, (3) describing the effectiveness of reinforcement in teaching and learning process. This research was made in the form of descriptive qualitative. The instruments used in collecting the data were: an interview guide, video recorder, camera, and observation sheet. The subject of this study was one of teacher in Taman Rama Kindergarten Denpasar. The findings of the study shows that the teacher uses four types of reinforcement in teaching and learning process, namely reward, praise, privilege, negative reinforcement, and punishment which used in order to give feedback to the students who could answer correctly, to build positive atmosphere in classroom, to reward them for doing their task and to handle students’ inappropriate behaviors in classroom. In this study, praise was the most commonly reinforcement used by the teacher in teaching and learning process, while negative reinforcement was quite commonly used, and the other three are rarely applied by the teacher in the teaching and learning process. Reinforcement strategy was effectively applied in managing classroom at Taman Rama Kindergarten since the students began to be motivated and encouraged to keep on task and behave appropriately in the classroom.
keyword : Reinforcement, Teaching, Kindergarten

Published

2014-11-07

Issue

Section

Articles